Cara Mengetahui Anda Telah Diblokir oleh Seseorang di WhatsApp

  • Bagikan
Cara Memblokir Kontak pada WhatsApp
Cara Memblokir Kontak pada WhatsApp

Sebagai pengguna, Anda tentunya harus mengetahui cara memblokir kontak pada WhatsApp. Namun selain itu, Anda juga harus mengetahui jika Anda sendiri yang telah diblokir oleh kontak Anda. Karena kebanyakan pengguna jika hanya untuk memblokir kontak sangatlah mudah. Akan tetapi yang sulit adalah bagaimana mengetahui jika orang lain yang memblokir Anda.

Cara Memblokir Kontak pada WhatsApp
Cara Memblokir Kontak pada WhatsApp

image source

Bagi pengguna WhatsApp, ada cara tertentu untuk mengetahui apakah seseorang telah memblokir Anda dari aplikasi WhatsApp-nya. Sudah kita ketahui, dalam masalah ini WhatsApp telah ambigu tentang memberi tahu penggunanya jika orang lain sudah memblokirnya karena bertujuan untuk menjaga privasi pengguna. Jadi aplikasi perpesanan tidak secara eksplisit memberi tahu Anda jika orang lain telah memblokir Anda dari kontaknya. Namun kendati begitu, ada beberapa indikator yang dapat mengetahui apakah seseorang telah memblokir Anda atau tidak pada aplikasi WhatsApp-nya.

WhatsApp yang sudah diakusisi oleh Facebook kini telah menetapkan beberapa indikator untuk memeriksa apakah seseorang telah memblokir Anda dari WhatsApp. Namun, perlu Anda ingat, bahwa indikator ini tidak menjamin bahwa kontak mungkin telah memblokir Anda. Hanya saja sebagian besar, indikator ini bisa menjadi acuan penting pada aplikasi Anda.

Cara Mengetahui Orang Lain Telah Memblokir Anda Dari WhatsApp

Periksa Status Terakhir Terlihat/Online

Salah satu cara termudah untuk memeriksa adalah dengan mencari status terakhir terlihat atau online mereka pada jendela obrolan. Namun, mungkin juga Anda tidak melihat tampilan terakhir mereka karena mereka mungkin telah menonaktifkannya dari pengaturan. Namun, untuk menonaktifkan ini, nampaknya tidak semua orang dapat melakukannya. Hanya sebagian kecil saja, pengguna ingin menonaktifkan status terlihat tersebut.

Memeriksa Foto Profil

Jika seseorang telah memblokir Anda dari WhatsApp, Anda mungkin tidak dapat melihat foto profil mereka. Namun, jika Anda dapat melihat foto profil orang tersebut dan Anda telah diblokir, Anda mungkin tidak dapat melihat foto profil terbarunya. Sebagai cara mudahnya adalah Anda dapat membandingkannya dengan foto profil kontak Anda yang ada pada perangkat lain. Jika tidak sama, maka bisa jadi jika orang tersebut telah memblokir Anda.

Mengirim Pesan

Jika Anda mengirim pesan ke kontak yang telah memblokir Anda, Anda hanya akan dapat melihat satu tanda centang pada pesan tersebut. Bukan tanda centang ganda atau tanda centang ganda biru (alias tanda terima telah dibaca). Karena sekarang ini bukan tidak mungkin orang pasti akan selalu membuka aplikasi WhatsApp dalam setiap detik, menit bahkan setiap jam (paling lama). Jika dalam 1-3 hari pesan yang Anda kirimkan tetap centang satu, maka ini merupakan salah satu bukti kuat jika kontak tersebut telah memblokir Anda.

Memanggil Kontak

Upaya apa pun untuk menelepon kontak mungkin tidak berhasil. Anda hanya akan melihat pesan Memanggil saat Anda melakukan panggilan. Namun, itu juga dapat terjadi jika penerima panggilan tidak memiliki koneksi internet. Akan tetapi setidaknya bukan dalam waktu berkelanjutan. Karena setiap orang tidak akan mau kehilangan pesan penting dari aplikasi perpesanannya jika terlalu lama berada di luar koneksi internet.

Membuat Grup WhatsApp

Jika Anda mencoba membuat grup dengan kontak yang Anda curigai telah memblokir Anda, melalui proses pembuatan grup hanya akan menghasilkan Anda pada grup tersebut. Anda tidak akan bisa memasukkan kontak tersebut jika mereka telah memblokir Anda.

Itulah 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bahwa orang lain telah memblokir kontak Anda pada aplikasi WhatsApp-nya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.