Cara Mengetahui Penyebab Utama Baterai Ponsel Cepat Drop

  • Bagikan
Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Drop
Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Drop

Pernahkah Anda mengalami baterai ponsel yang drop, baterai yang secara tiba-tiba cepat habis? Baterai merupakan suplai utama kehidupan sebuah ponsel. Jadi jika baterai ponsel sering habis, maka itu akan membuat Anda cepat bosan karena harus setiap saat berurusan dengan pengisi daya.

Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Drop
Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Drop

image source

Sekarang ini banyak jenis baterai yang digunakan untuk menopang kehidupan sebuah ponsel. Mulai baterai yang tertanam langsung dalam ponsel, atau baterai yang bisa dengan mudah Anda lepas, sebut saja baterai yang tidak tertanam dalam perangkat. Jenis baterai yang terdapat dalam ponsel juga dapat berpengaruh pada kualitasnya. Kualitas tersebut pada nantinya juga akan berpengaruh pada cara kerja ponsel.

Sejak hadirnya ponsel dalam pasar teknologi hingga kini, terdapat beberapa jenis baterai yang kerapkali pabrik gunakan sebagai sumber pembangkit ponsel itu sendiri. Jenis baterai ponsel terbagi dalam beberapa komponen pembentuk serta tipenya. Saat ini terdapat dua tipe baterai ponsel yang kerap digunakan oleh pabrikan, yakni Removable dan Non-Removable. Sedangkan jika berdasarkan komponen pembentuk, jenis baterai terbagi menjadi 4 yakni, Li-Ion, NiCd, Li-Po, NiMH.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan baterai sangatlah penting terlebih pada sebuah Smartphone. Baterai yang tidak sehat, cenderung drop dan cepat habis sehingga membuat Anda kurang nyaman menggunakan ponsel Anda. Nah, berikut cara menjaga kesehatan baterai ponsel Anda agar awet dan tidak mudah Drop.

Berikut Ini Penyebab Utama Baterai Ponsel Cepat Nge-Drop

Penyebab utama baterai ponsel cepat drop adalah karena kebiasaan-kebiasaan kecil yang pengguna sering abaikan. Banyak pengguna yang hanya fokus merawat bagian fisik ponsel tanpa memperhatikan kondisi dalam ponsel terutama baterainya. Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat baterai ponsel sering drop.

Mengisi Baterai Over

Pernahkah Anda melakukan hal ini selama Anda memiliki ponsel? Ini banyak terjadi pada waktu malam hari. Kebiasaan men-charge ponsel seperti ini sering kali Anda lakukan dengan alasan agar ponsel dapat Anda gunakan keesokan harinya dalam kondisi yang full. Padahal secara normal, pengisian baterai yang standar hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mencapai 100% full. Maka dari itu, usahakan untuk langsung mencabut charger setelah baterai ponsel terisi penuh agar baterai dapat tetap awet.

Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya

Hal buruk yang sering kali tidak terhindarkan adalah bermain game sambil melakukan pengisi daya. Perlu Anda ketahui, kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kualitas baterai ponsel tersebut karena ketika kita menggunakan ponsel saat sedang di cas. Suhu ponsel akan meningkat dan akan merusak sel yang terdapat pada baterai ponsel.

Charger Dilepas Sebelum Baterai Penuh

Pada saat kita ingin bepergian kita buru-buru membawa ponsel padahal ponsel tersebut sedang mengisi daya. Namun tidak lama kemudian Anda mengisinya kembali ketika baterai masih banyak. Sehingga proses inilah yang menyebabkan sel baterai rusak, karena baterai yang tidak seharusnya di cas, malah di cas. Selain itu, kebiasaan melepas charger padahal ponsel belum terisi penuh juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai.

Selain itu, penulis juga sertakan beberapa penyebab yang dapat membuat ponsel Anda menjadi cepat panas dan baterai sering terkuras habis.

Inilah Penyebab Ponsel Anda Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Kecerahan Layar Ponsel

Menggunakan kecerahan layar yang tinggi memiliki kecenderungan baterai akan cepat habis dan juga ponsel akan panas. Apalagi jika ini Anda gunakan pada siang hari saat terik matahari menyengat. Ini akan menyebabkan ponsel panas karena dua kemungkinan. Yakni karena pancaran sinar panas matahari yang menyebabkan ponsel over ditambah lagi kecerahan layar ponsel sendiri yang sangat tinggi.

Sinyal Tidak Stabil

Jika Anda berada dalam sebuah tempat yang memiliki sinyal tidak stabil alias naik turun, maka akan berakibat pada penggunaan baterai yang tinggi. Sehingga akan menyebabkan ponsel menjadi panas yang tidak berkesudahan jika Anda menggunakannya. Solusi terbaiknya, Anda perlu mematikan layanan data pada ponsel tersebut, agar tidak menguras baterai lebih cepat.

Aplikasi dan Layanan Latar Belakang

Jika Anda memiliki aplikasi dan layanan yang berjalan pada latar belakang terlalu banyak, maka akan menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Anda bisa mengeceknya pada Pengaturan Baterai melalui menu pengaturan pada ponsel Anda. Caranya: masuk pada Pengaturan => Baterai => Penggunaan baterai.

Semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.