Cara Menggunakan Aplikasi Google ‘Data Restore Tool’ di Android

  • Bagikan
Google Rilis Aplikasi Data Restore Tool
Google Rilis Aplikasi Data Restore Tool

Google akhirnya juga merilis Aplikasi ‘Data Restore Tool‘ setelah sebelumnya memiliki aplikasi Data Transfer Tool. Aplikasi ini dapat pengguna gunakan untuk mentransfer data dari ponsel lama Anda ke ponsel baru. Aplikasi ini menjadi aplikasi default pada ponsel Pixel Anda.

Google Rilis Aplikasi Data Restore Tool
Google Rilis Aplikasi Data Restore Tool

image source

Nah, melalui aplikasi Alat Pemulihan Data (Data Restore Tool) dapat memungkinkan Anda memulihkan informasi jauh lebih mudah dan cepat. Aplikasi ini sekarang sudah tersedia melalui Google Play Store. Jika Anda berminat untuk mencobanya, Anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu aplikasi Data Transfer Tool, baru kemudian aplikasi Data Restore Tool.

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Pemulihan Data ini telah lama menjadi bagian dari pengalaman Android. Akan tetapi hanya dalam beberapa hari terakhir Google memberikannya daftar yang lebih mudah melalui Google Play Store publik. Ini sebagian karena pembaruan yang meluncur untuk aplikasi. Jadi sekarang Anda akan lebih mudah untuk mendapatkannya.

Aplikasi Data Restore Tool

Aplikasi sistem ini membantu Anda memulihkan data dari ponsel lama Anda menggunakan kabel atau cadangan cloud. Jika Anda menggunakan ponsel Pixel, maka Anda tidak perlu lagi mendownloadnya. Karena secara otomatis aplikasi ini akan terinstal pada ponsel Anda. Hanya saja, opsi untuk mengunduh versi baru hanya muncul jika Anda membuka daftar secara manual. Itu tidak muncul dalam daftar “Kelola aplikasi & perangkat” yang biasa.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi link secara langsung, Anda juga bisa mencarinya melalui laman Play Store. Aplikasi ini memang identik dengan aplikasu untuk “Alat Transfer Data”, yang terdaftar sejak tahun 2017 pada ponsel Pixel.

Cara Menggunakan Aplikasi Google ‘Data Restore Tool’

Dari pengujian cepat yang dilakukan, aplikasi “Data Restore Tool” ini memang tidak terinstal sebelumnya pada perangkat Pixel yang menjalankan Android 11. Selain itu, beberapa pengguna juga masih belum bisa mengunduhnya setelah Play Store memunculkan kesalahan tak terduga. Sementara itu, beberapa pengguna juga mengklaim bahwa aplikasi ini ternyata sudah tersedia dan disertakan melalui pembaruan Android 12 Beta baru-baru ini, lengkap dengan Material You dan sentuhan tema gelap.

Hanya saja saat membuka aplikasi ini, beberapa pengguna mendapatkan pesan kesalahan. Beberapa pesan kesalahan yang muncul adalah “Tidak dapat menyalin“. Secara keseluruhan, ketersediaan publik dari aplikasi ini nampaknya belum sepenuhnya final. Dan Anda masih belum bisa memulihkan data setelah proses penyiapan awal menggunakan aplikasi Data Transfer Tool.

Diketahui Alat Pemulihan Data saat ini memiliki lebih dari 1 miliar pemasangan, dengan 1.0.382048734 menjadi versi terbaru. Hal ini berdasarkan tanggal dari 550 ulasan, listing publik yang terjadi sekitar minggu lalu.

Nampaknya, Google masih melakukan pembenahan terhadap celah khusus yang menyebabkan aplikasi tidak dapat berjalan dengan normal. So, kita tunggu saja hingga update terbaru rilis pada Google Play Store untuk menghindari kegagalan dalam proses restore data dari ponsel Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.