Cara Menggunakan Aplikasi Google Messages Layaknya WhatsApp di Android

  • Bagikan
Cara Menggunakan Google Messages
Cara Menggunakan Google Messages

Google Messages merupakan aplikasi pesan teks miliki Google yang saat ini sudah mendapatkan pembaruan untuk tampil lebih modern. Apalagi aplikasi tersebut kini sudah mulai mendukung RCS yang akan membuat Google Messages layaknya aplikasi perpesanan modern lainnya, seperti WhatsApp.

Cara Menggunakan Google Messages
Cara Menggunakan Google Messages

image source

Dengan mengaktifkan fitur RCS ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Message layaknya aplikas WhatsApp. Fitur RCS ini secara resmi mulai rilis pada Android sejak tahun 2019 lalu. Dan fitur ini pertama kalinya datang ke smartphone Android untuk wilayah Amerika Serikat setelah uji coba pada beberapa negara lain. Jika Anda ingin ikut serta untuk menikmati fitur tersebut, inilah yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan pesan RCS pada ponsel Android.

Pengertian RCS

Rich Communication Services (RCS) adalah protokol online baru untuk menggantikan sistem berkirim pesan saat ini, yakni SMS (Short Message Service). Fitur ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1990-an. Awalnya sistem ini bermula dengan cukup lamban oleh sekelompok pengembang industri teknologi untuk kemudian diadopsi oleh Asosiasi GSM pada tahun 2008.

Namun, adanya sejumlah faktor membuat program ini tidak mendapatkan banyak daya tarik selama hampir satu dekade. Hingga pada 2018, Google mengumumkan kerja samanya dengan operator seluler untuk mengadopsi protokol RCS tersebut. Layanan “Chat” ini adalah hasil bentuk adopsi dari sistem RCS tersebut. Layanan ini hadir sebagai cara modern untuk berkirim pesan dengan peningkatan fitur yang signifikan.

Biasanya setiap ponsel Android akan memiliki aplikasi SMS konvensional bawaan. Namun jika Anda ingin menggunakan Google Message, Anda harus mengunduh terlebih dulu melalui Google Play Store.

Yang membuat layanan ini berbeda dari SMS biasa, RCS bisa dinikmati layaknya aplikasi WhatsApp dengan cara mengaktifkan fitur chat pada pengaturan aplikasi Android Message. Setelah fitur ini aktif kamu bisa menggunakan aplikasi Message untuk berkirim pesan dengan berbagai jenis multimedia. Mulai dari foto, video, emoticon, GIF, lokasi, kontak, file dokumen hingga Google Assistant.

Cara Mengaktifkan RCS Pada Google Message Android

1. Silahkan Anda unduh terlebih dahulu melalui Google Messages
2. Setel aplikasi Google Message tersebut sebagai aplikasi SMS default Anda
3. Lalu aktifkan Fitur “Obrolan

Cara Download Google Message

Bukan tidak mungkin operator akan memiliki aplikasi sendiri pada beberapa titik untuk masa mendatang. Namun Anda bisa lebih dulu menggunakan pesan RCS dengan menggunakan nomor ponsel Anda melalui aplikasi Google Messages untuk Android. Hal ini sudah dapat Anda gunakan pada kebanyakan smartphone saat ini termasuk jajaran Pixel Google serta perangkat Motorola dan LG juga. Namun, jika aplikasi belum terpasang pada perangkat Anda, Anda harus mengunduh Google Messages dari Play Store terlebih dahulu.

Setel Google Message Sebagai Aplikasi SMS Default

Setelah menginstal Google Messages, Anda harus mengaturnya sebagai aplikasi SMS default Anda jika Anda belum melakukannya. Jika aplikasi sudah terinstal sebelumnya, mungkin aplikasi tersebut sudah menjadi aplikasi SMS default Anda dan Anda dapat melewati langkah ini sepenuhnya.

Jika Anda baru saja menginstalnya, saat membukanya Anda akan mendapatkan prompt untuk mengatur aplikasi sebagai aplikasi SMS default Anda.

Aktifkan Fitur RCS Pada Google Messages Android

Jika Anda ingin mengaktifkan RCS pada ponsel Android, Anda dapat melakukannya dengan mengetuk pesan pop-up saat Anda membuka aplikasi. Pop-up akan terlihat pada bagian bawah, dan akan memulai proses penyiapan fitur RCS pada perangkat Anda.

Pesan itu akan mengatakan “Baru! Lihat saat teman sedang mengetik” atau “Pesan menjadi lebih baik.” Dalam kedua kasus, ada tombol biru besar yang bertuliskan “Setuju” atau “Tingkatkan Sekarang.” Mengetuk tombol itu akan memulai proses pengaktifan fitur RCS. Setelah beberapa menit, masuk ke Pengaturan => Fitur Obrolan dalam Pesan Google akan memberi tahu Anda apakah Anda terhubung ke server Google atau tidak.

Jika Anda mengirim SMS ke pengguna lain dengan pesan RCS diaktifkan, bidang teks akan menampilkan “Pesan Obrolan“.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.