Cara Menggunakan Fitur Privacy Dashboard Pada Android 12

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Fitur Privacy Dashboard
Cara Mudah Menggunakan Fitur Privacy Dashboard

Dengan rilisnya versi Beta 2, Android 12 menambahkan sebuah fitur Privacy Dashboard pada sistemnya. Fitur ini akan membawa lebih banyak kontrol pada Dasbor Android Anda sehingga bisa membuat Anda lebih banyak melakukan customisasi. Melalui fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk memeriksa aplikasi yang mendapatkan akses ke data ponsel Anda. Selain itu, hal ini juga mencakup data lokasi, kamera, mikrofon, dan banyak lagi lainnya yang bisa Anda atur lebih detail dari sebelumnya.

Cara Mudah Menggunakan Fitur Privacy Dashboard
Cara Mudah Menggunakan Fitur Privacy Dashboard

image source

Apa itu Fitur Privacy Dashboard pada Android 12?

Privasi adalah kekhawatiran yang berkembang bagi pengguna ponsel saat ini. Sejak dulu Apple telah memimpin dalam hal menjadi fitur privasi yang lebih baik. Akan tetapi Google saat ini dengan hadirnya Android 12 juga mulai mencoba meningkatkan layanan privasinya dengan fitur Privacy Dashboard tersebut.

Dasbor Privasi adalah fitur yang baru saja Google perkenalkan lewat hadirnya Android 12 Beta 2. Seiring dengan beberapa hal lain, Google membuat penekanan besar pada privasi dalam rilis ini, dan Dasbor Privasi adalah lokasi terpusat untuk banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Cara Mudah Instal Pembaruan Android 12 Beta 2 Pada Ponsel Anda

Bagaimana Cara Kerja Dasbor Privasi Android?

Sesuai namanya, Dasbor Privasi secara harfiah adalah dasbor untuk semua hal yang berhubungan dengan privasi pada perangkat Android Anda. Ini adalah ikhtisar yang menunjukkan aplikasi mana yang menggunakan izin terhadap ponsel Anda terutama yang berkaitan dengan privasi Anda.

Saat Anda membuka Dasbor Privasi yang dapat Anda temukan pada menu Pengaturan, Anda akan melihat dua bagian berbeda. Anda akan mulai dengan diagram lingkaran pada bagian atas layar. Bagan ini menyediakan cara cepat dan mudah untuk melihat izin mana yang paling banyak digunakan dalam 24 jam terakhir.

Anda dapat melihat bahwa “Lokasi” paling banyak digunakan, kemudian selanjutnya “Kamera” dan “Mikrofon”. Bagan ini berkorelasi dengan daftar izin pada bagian bawahnya, jadi jika Anda memperluas ke “Lihat Izin Lain”, itu juga akan muncul pada bagan tersebut.

Izin apa yang sebenarnya masuk dalam Dasbor Privasi tersebut? Berikut adalah semua izin yang dapat Anda atur melalui fitur Dasbor Privasi:

  • Lokasi
  • Kamera
  • Mikropon
  • Sensor Tubuh
  • Kalender
  • Log Panggilan
  • Kontak
  • File dan Media
  • Perangkat Terdekat
  • Telepon
  • Aktivitas fisik
  • SMS

Pada bagian bawah bagan adalah izin dalam bentuk daftar. Setiap izin diberi label berdasarkan jumlah aplikasi yang menggunakannya dalam 24 jam terakhir. Pilih izin untuk melihat garis waktu praktis dari periode 24 jam tersebut.

Tombol “Kelola Izin” membawa Anda ke menu yang dapat menyesuaikan secara individual bagaimana setiap aplikasi dapat menggunakan izin tersebut. Semua ini memberi Anda banyak kesadaran dan kontrol atas bagaimana sensor pada perangkat Anda digunakan.

Cara Mengaktifkan Fitur Dasbor Privasi pada Android 12

Seperti yang penulis sebutkan, Dasbor Privasi merupakan fitur baru pada Android 12 Beta 2. Anda memerlukan ponsel atau tablet yang menjalankan Android 12 atau lebih tinggi untuk menemukan fitur tersebut saat ini.

1. Pertama, geser ke bawah dua kali dari atas layar untuk membuka menu Pengaturan Cepat, lalu ketuk ikon roda gigi.
2. Gulir ke bawah ke bagian “Privasi” pada menu Pengaturan.
3. Sekarang, pilih “Dasbor Privasi.”
4. Maka, sekarang Anda akan melihat Dasbor Privasi.

Apakah Ponsel Anda Mendapatkan Fitur Dasbor Privasi?

Secara alami, ketika fitur Android baru diumumkan, orang ingin tahu apakah perangkat mereka akan mendapatkannya atau tidak. Pada saat penulisan, kami belum memiliki gagasan yang jelas tentang perangkat mana yang akan mendapatkan Dasbor Privasi setelah menginstal Android 12 Beta 2, namun jika Anda masih menggunakan Android 12 Beta 1, kemungkinan fitur tersebut masih belum tersedia pada ponsel Anda.

Dasbor Privasi mirip dengan Android Digital Wellbeing suite. Digital Wellbeing pertama kalinya hadir pada sistem Android 9 Pie tahun 2018 lalu. Dan itu hanya tersedia eksklusif untuk ponsel Google Pixel. Namun pada akhirnya, fitur ini juga tersedia untuk lebih banyak perangkat, dan sekarang dapat Anda temukan pada ponsel non-Pixel.

Berdasarkan itu, kami mengharapkan lintasan serupa untuk Dasbor Privasi. Ini mungkin akan menjadi eksklusif untuk ponsel Pixel sementara waktu dan pada akhirnya mungkin akan meluncur juga ke lebih banyak perangkat Android.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.