Cara Menggunakan Google Meet: Video Telekonferensi Cepat dan Mudah

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Google Meet
Cara Mudah Menggunakan Google Meet

Google Meet merupakan salah satu aplikasi telekonferensi video yang sekarang ini menjadi bagian dari dunia kerja seseorang. Dengan sulitnya melakukan tatap muka secara langsung, maka sejatinya dengan memanfaatkan Google Meet inilah Anda bisa melakukan tatap muka secara virtual.

"Cara

image source

Bahkan bukan hanya dalam dunia kerja, Google Meet bisa Anda gunakan untuk menjalin silaturrahmi secara virtual dengan kerabat, teman dekat bahkan melakukan reuni dengan teman-teman lama Anda semasa sekolah. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang membuat pengguna menjadi lebih nyaman bahkan sangat sederhana. Apalagi sejak pandemi, penggunaan Google Meet meningkat secara eksponensial dalam setahun terakhir.

Perangkat lunak ini menggantikan produk sebelumnya seperti Duo dan Hangouts Meet. Akan tetapi cara kerjanya sedikit berbeda dan memiliki fitur khusus untuk pengguna yang lebih mahir dan menyenangkan ketika Anda sedang melakukan video telekonferensi.

Jadi, bagaimana Anda menggunakan Google Meet dan fitur khusus apa yang ditawarkannya? Teruslah membaca untuk primer yang komprehensif, apalagi dengan beberapa rekomendasi untuk Ekstensi Chrome untuk membuat pengalaman menjadi lebih baik!

Apa itu Google Meet?

Kembali penulis berikan pemahaman denga jelas bahwa Google Meet (sebelumnya disebut Google Hangouts), adalah aplikasi video telekonferensi yang berfokus pada bisnis yang dikembangkan oleh Google. Bersama dengan Google Chat (yang terbaru) ini menggantikan obrolan video Google Hangouts dan menambahkan sejumlah fitur untuk penggunaan perusahaan.

Baca juga: Cara Mudah Mengaktifkan Google Chat di Android

Fiturnya tersebut sangat bagus untuk bisnis kecil dan besar. Akan tetapi Google Meet juga merupakan opsi populer untuk sekolah dalam melaksanakan pembelajaran virtual maupun dalam menyelanggarakan rapat.

Google semakin terus memberikan mengembangkan layannanya, dan sekarang ini Google Meet membuka banyak fitur berbayar untuk pengguna gratis selama pandemi sehingga popularitasnya menjadi melonjak. Itu masih tidak memiliki basis pengguna yang besar seperti beberapa pesaingnya, tetapi masih berkembang dan menambahkan fitur.

Apakah Google Meet Gratis?

Google Meet bersifat gratis untuk semua orang, tetapi dengan batasan tertentu. Untuk pengguna gratis, durasi video telekonferensi memiliki batasan hingga 1 jam, dengan maksimal 100 peserta. Sedangkan video telekonferensi 1:1 juga diperpanjang hingga maksimal 24 jam, yang merupakan berita bagus bagi keluarga yang mencari alternatif Skype.

Untuk pengguna Google Workspace Essentials, batas tersebut sangat meningkat. Durasi pertemuan melonjak hingga 24 jam dengan 150 peserta. Itu juga menambahkan sejumlah fitur yang berguna untuk bisnis, seperti menyimpan rekaman rapat ke Google Drive, panggilan masuk domestik dan internasional, dan dukungan pelanggan 24/7.

Pengguna Google Workspace Enterprise mendapatkan lebih banyak lagi, dengan batas rapat 24 jam yang sama tetapi dengan maksimum 250 peserta. Fitur hebat lainnya seperti pembatalan bising cerdas dan sejumlah fitur keamanan juga ditambahkan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Peredam Bising Pada Google Meet

Cara Mudah Menggunakan Google Meet

Kabar baiknya bagi mereka yang beralih dari WebEx atau Zoom adalah bahwa Google Meet sangat mudah Anda gunakan. Seperti kebanyakan aplikasi Google Workspace, aplikasi ini dirancang untuk kesederhanaan dan Anda dapat mempelajari cara menggunakan Google Meet dengan sangat mudah bahkan bagi pemula.

Kami telah merinci hal-hal utama yang perlu Anda ketahui, mulai dari memulai atau bergabung ke rapat hingga membagikan layar Anda atau sumber daya lainnya.

Cara Memulai atau Bergabung ke Rapat

Hal pertama yang perlu Anda pelajari cara melakukannya adalah memulai rapat, dan ini sangatlah mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah akun Google dan akses internet. Berikut adalah semua cara untuk memulai rapat dari perangkat yang berbeda:

  • Browser: Navigasikan ke https://meet.google.com/ dan klik Rapat Baru, lalu ikuti langkah-langkah untuk menyiapkannya.
  • Gmail: Klik Mulai Rapat dari menu sebelah kiri. (Hanya peramban)
  • Smartphone: Unduh dan buka aplikasi Google Meet, lalu klik Rapat Baru.

Saat memulai rapat, Anda akan secara otomatis membuat tautan untuk peserta lain jika ingin bergabung. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengirimi mereka tautan agar peserta lain dapat masuk ke room Anda. Tautan juga akan dikirimkan kepada siapa saja yang Anda undang ke acara rapat yang telah terjadwal pada Google Kalender atau Gmail.

Bergabung dengan rapat bahkan lebih mudah daripada memulainya. Saat Anda membuka Google Meet, akan ada opsi untuk Bergabung ke Rapat tepat pada sebelah opsi untuk memulai. Anda dapat memasukkan kode rapat, atau cukup klik tautan yang dikirim oleh penyelenggara rapat.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.