Cara Menggunakan Messenger Room Pada Aplikasi Facebook Android

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Messenger Room
Cara Mudah Menggunakan Messenger Room

Tidak hanya pada versi Desktop, menggunakan Messenger Room pada Android juga menjadi semakin mudah. Sekarang ini tidak hanya fokus pada penggunaan Facebook Messenger, kini Messenger Room juga dapat Anda gunakan pada aplikasi Facebook.

Cara Mudah Menggunakan Messenger Room
Cara Mudah Menggunakan Messenger Room

image source

Messenger Rooms adalah jawaban Facebook untuk bisa bersaing dengan aplikasi Zoom ditengah masa pandemi seperti ini. Banyak orang yang enggan melakukan pertemuan sejak adanya pandemi dan lebih memanfaatkan layanan pertemuan virtual. Baik dalam kegiatan silaturrahim, pekerjaan atau bahkan dalam acara kegiatan lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa layanan panggilan video menggunakan Messenger Room ini memungkinkan Anda mengobrol dengan hingga 50 orang pada saat yang bersamaan. Tidak seperti beberapa fitur Facebook lainnya, siapa pun dapat bergabung dengan obrolan Ruang Messenger, meskipun mereka tidak memiliki akun Facebook.

Messenger Room mengadopsi banyak fitur dari platform obrolan video serupa. Misalnya, Anda dapat menggunakan latar belakang virtual seperti layaknya Zoom dan Meet. Kini Messenger Room juga menerapkan efek dan filter ke wajah Anda, membagikan layar Anda dengan orang lain saat melakukan panggilan, dan juga mengunci ruang obrolan Anda seperti pada Houseparty, dan banyak lagi.

Baca juga: Cara Setting Fitur Messenger Rooms Untuk Video Conference Via Aplikasi Facebook

Nah. dalam kesempatan ini penulis akan berbagi cara bagaimana cara mudah menggunakan Messenger Room pada aplikasi Facebook ponsel Anda, tidak hanya pada Android, Anda juga bisa melakukan pada platform Apple seperti iPhone dan juga iPad-nya.

Cara Membuat Messenger Room Pada aplikasi Messenger

1. Buka aplikasi Facebook Messenger Anda. Anda akan melihat ikon pensil pada pojok kanan atas. Ketuk pada bagian atasnya. Pilih Create New Room.
2. Saat Anda sudah membuat Messenger Room, Facebook akan memberi Anda opsi untuk membuat tautan terbuka yang dapat Anda bagikan. Menariknya yang bukan teman Facebook Anda juga dapat bergabung melalui tautan tersebut.
3. Tekan opsi Edit pada bagian bawah tautan. Anda sekarang dapat memilih apakah “Siapapun yang memiliki tautan” atau “Hanya orang yang Anda setujui yang dapat bergabung”.
4. Setelah Anda memilih izin, ketuk tombol Bagikan pada bagian samping tautan, dan kirim tautan yang Anda buat ke peserta lain melalui email, WhatsApp, Messenger, Slack, atau platform pilihan lainnya.

Saat ruang tersebut aktif, orang yang mengetahui tautan dapat melihat nama dan foto profil Anda, dan bahwa Anda berada dalam ruang tersebut. Ini juga dapat mencakup orang-orang yang bukan teman Anda pada Facebook Anda. Semua itu bergantung pada dengan siapa Anda membagikan tautan tersebut.

Cara Membuat Messenger Room Pada Aplikasi Facebook

Anda juga dapat memulai dan berbagi Messenger Room melalui aplikasi Facebook melalui halaman Kabar Berita, Grup, atau Acara Anda.

Opsi obrolan video sini sebagian besar sama dengan Messenger, selain dari beberapa pengaturan. Misalnya, pengaturan berbagi tautan tetap sama, dan Anda dapat memilih siapa yang dapat bergabung ke Messenger Room Anda dengan cara yang sama seperti Messenger.

Namun, tidak seperti di Messenger, Anda dapat menjadwalkan kapan harus menayangkan Messenger Room Anda melalui pengaturan Start Time. Ini bisa sangat berguna jika Anda mengadakan konser langsung atau webinar menggunakan layanan ini .

Membuat Messenger Room melalui News Feed

1. Buka aplikasi Facebook dan buka News Feed Anda.
2. Anda akan melihat bagian Rooms tepat pada bagian bawah area status Anda. Ketuk tombol Create Room.
3. Saat membuat ruangan, Anda dapat mengubah nama Room dan menambahkan waktu mulai. Kemudian ketuk Create Room.
4. Tekan opsi Edit pada bagian bawah tautan. Anda sekarang dapat memilih apakah “Siapapun yang memiliki tautan” atau “Hanya orang yang Anda setujui yang dapat bergabung“.
5. Sekarang Anda dapat membagikan tautan atau memilih siapa yang ingin Anda undang dari daftar kontak Anda.
6. Pilih Bergabung dengan Ruang untuk memulai.

Membuat Messenger Room Melalui Grup Facebook

1. Buka aplikasi Facebook dan buka tab Grup Anda.
2. Pilih grup tempat Anda ingin membuat Messenger Room. Kemudian ketuk Rooms.
3. Selanjutnya tekan Create Room.
4. Saat membuat ruangan, Anda dapat mengubah nama Ruangan dan menambahkan waktu mulai. Kemudian ketuk Create Room atau Jadwalkan untuk Nanti.
5. Anda sekarang dapat membagikan tautan atau Beri Tahu Anggota lainnya.
6. Pilih Join Room.

Bagaimana Mengubah Pengaturan Privasi?

Sama seperti Zoom, Anda memiliki banyak cara untuk memastikan privasi dan keamanan panggilan yang Anda lakukan dengan Messenger Room. Tindakan pencegahan paling dasar yang Facebook terapkan dalam Messenger Rooms adalah bahwa pembuat Rooms harus hadir lebih dulu agar panggilan dapat dimulai. Pembuat panggilan juga memiliki kekuatan untuk mengeluarkan peserta individu kapan saja.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.