Cara Menggunakan Mode Game Android 12 di Google Pixel 6

Android 12 memperkenalkan Dasbor Game pada Google Pixel 6 dan 6 Pro. Ini merupakan sebuah fitur bagus yang menyediakan akses cepat yang berguna selama Anda bermain game.

Dasbor Game Android 12
Dasbor Game Android 12

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengambil tangkapan layar, memeriksa FPS, mengaktifkan mode Jangan Ganggu, merekam, dan melakukan streaming ke YouTube yang semuanya tanpa mengganggu gameplay Anda. Berikut ini cara menggunakan Mode Game pada Android 12 untuk dapat memaksimalkan kinerja ponsel Anda terutama saat bermain game.

Apa Itu Mode Game?

Saat Mode Game Anda aktif, parameter seperti kinerja dan masa pakai baterai akan lebih optimal. Hal ini tergantung pada pengaturan yang pengguna lakukan dalam Mode tersebut. Fitur ini akan aktif berdasarkan game demi game oleh pengembang, jadi belum tersedia untuk setiap game. Beberapa pengguna telah melihat dasbor “Dioptimalkan untuk Pixel 6” yang muncul pada Play Store. Akan tetapi ini tampaknya belum menjadi fitur universal.

Sayangnya, untuk saat ini fitur Mode Game ini hanya tersedia pada ponsel Pixel, seperti yang ditunjukkan oleh Mishaal Rahman pada bulan November lalu dan hanya pada ponsel Pixel yang terbaru saja. Meskipun kami berharap fitur ini akan tiba nantinya pada semua ponsel Android 12. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi tentang hal ini kapan akan segera tiba untuk semua pengguna Android 12.

Cara Mengaktifkan Mode Game

Untuk mengaktifkan Game Mode, Anda perlu menyalakan Dasbor Game terlebih dahulu. Ini memberi Anda akses ke sejumlah alat yang berguna, jadi pasti lebih berguna untuk Anda aktifkan terlepas dari apakah game yang Anda mainkan mendukung Game Mode atau tidak.

1. Buka aplikasi Pengaturan.
2. Ketuk Notifikasi.
3. Gulir ke bawah dan ketuk Jangan Ganggu. Lalu pilih Jadwal.
4. Ketuk ikon roda gigi pada sebelah kanan Gaming.
5. Alihkan sakelar Dasbor Game.

Setelah Anda mengaktifkan pengaturan ini, coba buka Game apa saja yang ingin Anda mainkan. Anda akan melihat gelembung kecil pada layar. Anda dapat mengetuk dan menahan untuk memindahkan gelembung, dan menyeretnya keluar layar untuk menyembunyikannya.

Ketuk gelembung untuk membuka Dasbor Game. Empat tombol pada bagian atas akan menambahkan gelembung pintasan tambahan ke layar Anda selama bermain game. Pintasan ini untuk mengambil tangkapan layar, memulai perekaman, mengaktifkan penghitung kecepatan bingkai, dan mengaktifkan Jangan Ganggu (ideal untuk saat Anda berada dalam momen kritis.)

Lalu, Anda akan melihat tombol Optimasi, yang merupakan inti dari Game Mode. Opsi ini hanya aktif pada game yang mendukung Mode Game, dan akan berwarna abu-abu pada game lainnya. Ketuk ini untuk membuka menu pengaturan pengoptimalan. Dari sini, Anda akan melihat dengan tiga mode:

  • Performa: Memaksimalkan kecepatan bingkai.
  • Standar: Menggunakan default game.
  • Penghemat Baterai: Memperpanjang masa pakai baterai.

Setelah mengetuk salah satu opsi, Anda mungkin diminta untuk memulai ulang game. Setelah selesai, pengaturan Mode Game baru Anda akan diterapkan.

Meskipun Mode Game terbatas pada ponsel Pixel 6 untuk saat ini, tidak ada konfirmasi resmi bahwa fitur ini juga akan sampai pada ponsel Android lain yang menjalankan Android 12. Ini akan menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan pengalaman bermain game pada Android. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.