Cara Menggunakan Perekam Layar di Android Tanpa Aplikasi

  • Bagikan
Cara Menggunakan Perekam Layar Bawaan Android
Cara Menggunakan Perekam Layar Bawaan Android

Salah satu fitur yang banyak dinanti sejak dulu adalah perekam layar bawaan Android itu sendiri. Jadi pengguna tidak perlu lagi mencari aplikasi perekam layar pada Google Play Store yang mudah dan punya fitur lengkap. Alhasil, sekarang ini bagi semua pengguna Android sudah bisa menggunakan perekam layar bawaan asli dari sistem Android sendiri.

"Cara

image source

Fitur screen recorder mulai hadir sejak rilis beta Android 10 beberapa tahun lalu. Tetapi sayangnya beberapa pengguna masih belum dapat menemukan fitur tersebut hingga saat ini. Jika melihat dari pengalaman penulis, setelah melakukan update final pada Android 10 tahun lalu, fitur perekam layar tersebut hadir pada ponsel saya.

Namun walaupun begitu, penulis akan memberikan cara untuk mendapatkan fitur tersebut jika Anda belum mendapatkannya padahal sudah menggunakan Android 10. Cara ini penulis gunakan pada ponsel Pixel, dan Anda juga bisa mencobanya pada perangkat lain selain Google Pixel. Berikut cara mengaktifkan screen recorder bawaan pada Android.

Cara Mengaktifkan Perekam Layar Android Tanpa Aplikasi

1. Untuk mengaktifkan perekam layar bawaan pada ponsel Android Anda, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan Android 10 atau yang lebih tinggi.
2. Jika tidak, silahkan lakukan pembaruan terlebih dahulu melalui pengaturan pembaruan perangkat lunak pada Pengaturan Sistem.
3. Setelah melakukan pembaruan, silahkan cek pada fitur perekam layar tersebut. Anda biasanya dapat mengeceknya melalui opsi pengaturan cepat pada ponsel Anda. Anda dapat menarik bagian atas layar ke bawah, kemudian edit pengaturan cepat.

Cara Menggunakan Perekam Layar Android

Bagaimana Anda mengakses screen recorder bawaan pada perangkat Android Anda? Opsi ini tersembunyi pada bagian dalam menu daya. Anda dapat menekan lama tombol daya akan memunculkan opsi untuk daya, mulai ulang, tangkapan layar, dan informasi darurat juga. Untuk memulai perekaman layar baru, cukup tekan lama tombol tangkapan layar dan jendela baru akan muncul. Atau cara lain Anda dapat mengaksesnya melalui pengaturan cepat pada bilah notifikasi.

Perekam layar bawaan Google sangat sederhana tetapi memiliki dua opsi yang tersedia untuk merekam suara dan menampilkan ketukan pada layar. Setelah Anda menekan “Mulai Merekam,” jendela lain akan muncul untuk memperingatkan Anda bahwa apa pun yang ada pada layar akan terekam yang dapat mencakup informasi sensitif.

Setelah Anda selesai merekam layar, cukup seret ke bawah baki notifikasi dan ketuk “berhenti.” Setelah itu, sistem akan memproses rekaman dan meninggalkannya melalui baki notifikasi dengan tombol “Bagikan” dan “Hapus“. Rekaman juga secara otomatis akan tersimpan ke direktori “Video” pada perangkat Anda.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.