Cara Menggunakan Ponsel Android sebagai Webcam Pada Windows 10

  • Bagikan
Android sebagai Webcam Laptop
Android sebagai Webcam Laptop

Memanfaatkan ponsel Android sebagai Webcam tentunya akan menjadi lebih baik, ketimbang menggunakan Webcam bawaan laptop. Mengapa? Karena biasanya Webcam bawaan tidak memiliki resolusi tinggi sehingga menghasilkan gambar yang kurang bagus. Sementara jika Anda menggunakan ponsel Android, apalagi ponsel sekarang ini yang tentunya memiliki kualitas kamera cukup bagus dengan resolusi yang tinggi.

Android sebagai Webcam Laptop
Android sebagai Webcam Laptop

image source

Mengapa harus ponsel Android? Sebenarnya bisa saja Anda menggunakan Webcam tambahan yang khusus untuk laptop. Namun jika melihat dari harganya, tentunya Webcam tersebut cukup mahal dan membuat Anda akan berfikir dua kali untuk membelinya. Nah, jika sudah seperti ini, mengapa tidak memanfaatkan ponsel Android yang kita miliki. Karena dengan menggunakan ponsel, maka kamera yang dihasilkan dari ponsel, tentunya akan lebih bagus ketimbang Webcam bawaan laptop itu sendiri.

Jika Anda memiliki smartphone Android yang lebih baru, kamera belakang memiliki sensor yang jauh lebih baik daripada kebanyakan laptop Windows dan beberapa webcam yang lebih murah di pasaran. Ini merupakan salah satu cara tercepat untuk meningkatkan Webcam Anda berubah menjadi lebih baik dan lebih bagus terutama dalam melaksanakan konferensi video.

Menghubungkan Kamera Ponsel Melalui Aplikasi DroidCam

Sebenarnya Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi Android untuk melakukan konferensi video. Namun jika Anda bergabung dengan konferensi video yang berhubungan dengan pekerjaan, Anda mungkin ingin menggunakan komputer Windows sebagai medianya. Nah, dengan cara ini, Anda dapat mengakses semua file dan berkas yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas secara efisien.

Anda dapat menggunakan ponsel pintar Android Anda (baik kamera depan dan belakang) sebagai Webcam nirkabel dengan aplikasi DroidCam pada ponsel Anda dan aplikasi Klien DroidCam untuk Windows 10.

Melalui aplikasi Droidcam ini, Anda juga dapat terhubung melalui USB. Akan tetapi ini membutuhkan beberapa pengerjaan lebih lanjut. Versi gratis aplikasi hanya mendukung definisi standar. Jika Anda menginginkan video resolusi tinggi (720p HD), Anda harus membeli aplikasi DroidCamX dengan harga Rp50.000 sebagai gantinya. Berikut langkah-langkah menggunakan DroidCam pada Ponsel dan Laptop Anda.

Cara Menggunakan Ponsel Android sebagai Webcam Pada Windows 10

1. Mulailah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Android DroidCam Wireless Webcam pada smartphone Anda. Anda bisa mendownloadnya dengan mudah pada google playstore.
2. Selanjutnya, unduh dan instal Klien DroidCam untuk Windows 10 dari situs web Dev47Apps. Pastikan ponsel Android dan komputer Windows 10 Anda berada dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama.
3. Buka aplikasi DroidCam Android dan berikan izin untuk mengakses kamera dan mikrofon. Setelah Anda menyelesaikannya, Anda akan melihat layar aplikasi utama yang berisi detail koneksi Wi-Fi.
4. Pada komputer Windows Anda, buka aplikasi DroidCam. Klik tombol Wi-Fi untuk memulai proses koneksi. Ketik “IP Perangkat” sesuai dengan IP yang muncul pada aplikasi DroidCam Android.
5. Dari sini Anda juga dapat memilih beberapa opsi. Misalnya Anda dapat menggunakan Audio dari ponsel Anda, cukup centang opsi “Audio” untuk menggunakan mikrofon ponsel Anda. Setelah selesai, klik “Mulai”.
6. Maka kamera smartphone Android Anda sekarang diaktifkan sebagai webcam. Anda dapat melihat pratinjau langsung melalui aplikasi DroidCam.

Aplikasi DroidCam Sebagai Webcam Default Laptop

DroidCam sekarang akan menjadi webcam default untuk semua aplikasi konferensi video. Jika tidak, Anda perlu membuka setelan audio dan video pada aplikasi konferensi video yang gunakan untuk mengalihkan default ke DroidCam. Selanjutnya Anda tinggal gunakan DroidCam tersebut untuk kebutuhan Anda, misalnya melakukan penggilan video melalui Zoom, Google Meet, Microsoft Team dan lainnya.

Jika Anda ingin beralih pada kamera depan, ketuk tombol Menu di aplikasi Android DroidCam dan buka Pengaturan => Kamera => Kamera Depan.

Sekarang, yang harus Anda lakukan adalah mengatur ponsel Anda pada ketinggian dan sudut yang tepat. Anda bisa menyandarkannya ke layar laptop Anda. Akan tetapi kami akan merekomendasikan untuk Anda agar menggunakan penyangga tripod atau smartphone.

Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi ketika melakukan konferensi video, kamera WebCam Anda tidak bagus. Dengan memanfaatkan ponsel Android ini, penulis bisa pastikan bahwa kamera ponsel tentunya akan lebih bagus dengan resolusi yang tinggi dari pada Webcam default.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.