Cara Menggunakan Secret Chat dan Mengenkripsi Pesan Anda di Telegram

  • Bagikan
Cara Mudah Mengaktifkan Secret Chat pada Telegram
Cara Mudah Mengaktifkan Secret Chat pada Telegram

Fitur Secret Chat atau Obrolan Rahasia pada Telegram dapat Anda gunakan jika Anda memiliki percakapan rahasia. Selain itu, dengan Anda menggunakan fitur Secret Chat secara otomatis akan langsung mengenkripsi pesan Anda. Karena sudah kita ketahui bersama, bahwa Telegram tidak mengaktifkan enkripsi end-to-end tidak secara default layaknya pada aplikasi WhatsApp.

Cara Mudah Mengaktifkan Secret Chat pada Telegram
Cara Mudah Mengaktifkan Secret Chat pada Telegram

image source

Nah, untuk benar-benar melindungi percakapan Anda pada aplikasi perpesanan Telegram ini, Anda bisa memanfaatkan fitur obrolan rahasia yang bisa Anda aktifkan dengan mudah dan kapanpun Anda mau. Berikut adalah cara melakukannya.

Pada aplikasi Telegram, semua pertukaran dienkripsi. Akan tetapi hanya obrolan rahasia yang mendapat manfaat dari enkripsi end-to-end. Yakni enkripsi dari pengirim ke penerima tanpa perantara, jadi percakapan akan lebih aman. Oleh karena itu, karena fitur ini tidak aktif secara default, maka Anda perlu mengaktifkan obrolan rahasia ini secara manual dan terpisah. Jadi sekaligus untuk menambah ketenangan pikiran Anda ketika memulai percakapan dengan teman Anda.

Apa Itu Secret Chat atau Obrolan Rahasia Pada Telegram?

Walaupun Telegram memiliki fitur keamanan enkripsi end-to-end, namun hal tersebut tidak aktif secara default. Jadi hanya pesan dalam obrolan rahasia saja yang memiliki keamanan enkripsi end-to-end atau klien-klien. Sementara itu, obrolan biasa hanya menggunakan enkripsi klien-server/server-klien dan semua itu tersimpan dalam bentuk terenkripsi pada cloud Telegram.

Untuk saat ini, Anda tidak dapat membuat obrolan grup rahasia yang melibatkan lebih dari satu kontak. Artinya dalam hal ini masih lebih bagus WhatsApp dan Signal. Karena dengan enkripsi end-to-end hanya Anda dan orang yang Anda ajak bicara yang dapat membaca percakapan Anda.

Selain itu, jika Anda melakukan percakapan melalui obrolan rahasia, maka pesan tersebut tidak dapat diteruskan ke orang lain. Dan ketika Anda menghapus pesan Anda, orang lain yang menjadi lawan obrolan rahasia Anda, juga akan melihat pesan yang sama telah dihapus.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur pesan, foto, video, dan file Anda untuk terhapus sendiri dalam waktu tertentu setelah penerima membacanya. Pesan tersebut kemudian akan hilang dari perangkat Anda dan perangkat kontak Anda.

Mengapa Tidak Semua Pesan pada Telegram Terenkripsi end-to-end?

Telegram membenarkan perbedaan ini dari WhatsApp dan Signal dengan kesulitan memulihkan riwayat percakapan Anda pada beberapa perangkat.

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa aplikasi (seperti WhatsApp dan Viber) mengizinkan pencadangan yang dapat diuraikan yang membahayakan privasi penggunanya. Aplikasi lain sepenuhnya mengabaikan kebutuhan akan pencadangan dan membuat penggunanya rentan terhadap kehilangan data.

Oleh karena itu Telegram telah memilih opsi ketiga dengan menawarkan obrolan rahasia dan non-rahasia, terenkripsi end-to-end dan tidak. Telegram menonaktifkan pencadangan sistem secara default dan memberi semua pengguna solusi pencadangan bawaan dalam bentuk penyimpanan cloud pribadi.

Cara Memulai Obrolan Rahasia Pada Telegram

Untuk mengaktifkan fitur obrolan rahasia ini pada Telegram Android, berikut beberapa langkah-langkahnya yang harus Anda lakukan:

1. Pada utas percakapan pilihan Anda, ketuk nama kontak Anda pada bilah bagian atas layar.
2. Kemudian ketuk tiga titik pada bagian kanan atas layar.
3. Pilih Mulai Obrolan Rahasia dan konfirmasikan pilihan Anda.

Cara Memulai Secret Chat
Cara Memulai Secret Chat

Setelah obrolan rahasia dimulai, itu akan muncul sebagai percakapan terpisah dari layar beranda Anda yang teridentifikasi oleh gembok yang ada pada sebelah nama kontak yang biasanya tampil dalam font hijau. Dalam obrolan rahasia ini, Anda tidak akan dapat mengambil tangkapan layar atau merekam obrolan Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.