Cara Menghapus Akun Telegram Anda Secara Permanen Dari Jarak Jauh

  • Bagikan
Cara Menghapus Akun Telegram
Cara Menghapus Akun Telegram

Pernahkah Anda memiliki niat untuk menghapus akun Telegram Anda? Hal ini merupakan sebuah situasi yang bisa terjadi jika Anda mengalami masalah pada akun Anda. Masalah kerap pengguna hadapi pada Telegram adalah peretasan akun. Banyak orang yang mengincar akun Telegram Anda dengan berbagai tujuan dan maksud. Tentunya tujuannya pasti dengan niatan kurang baik.

Cara Menghapus Akun Telegram
Cara Menghapus Akun Telegram

image source

Lantas bagaimana Anda menghapus akun Telegram Anda secara bersih dan permanen? Dalam tutorial ini, penulis ingin berbagi cara kepada Anda untuk menghapus akun Telegram secara permanen. Bahkan dimungkinkan untuk menjadwalkan penghapusan secara otomatis setelah waktu yang Anda tentukan. Namun selain itu, Telegram juga menyediakan cara penghapusan akun Telegram dari jarak jauh.

Cara Menghapus Akun Telegram Anda

Jika Anda ingin menghapus akun Telegram Anda, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuka halaman resmi Telegram. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan nomor telepon dan kode verifikasi, yang akan Anda terima melalui pesan.

Penting untuk Anda catat, menghapus akun Telegram Anda harus dikonfirmasi melalui akun Anda dan tidak dapat dibatalkan. Telegram merekomendasikan untuk tidak melakukan ini melalui browser smartphone. Karena nantinya Anda akan mendapatkan kode untuk menghapus akun melalui Telegram dan bukan melalui pesan teks melainkan akan terkirim langsung ke aplikasi Telegram yang Anda gunakan.

Selain itu, jika Anda menghapus akun Telegram Anda, semua pesan dan kontak juga akan terhapus dan tidak bisa Anda kembalikan lagi. Berbeda dengan Grup dan saluran yang Anda buat akan tetap ada untuk pengguna lain. Anda sebagai Administrator akan tetap memiliki haknya, dan kontak lama Anda masih dapat mengobrol dalam Grup yang Anda buat.

Seperti yang sudah penulis jelaskan, akun Telegram yang sudah Anda hapus tidak dapat Anda batalkan. Ketika Anda mendaftar lagi, Anda akan masuk sebagai pengguna baru. Anda tidak akan mendapatkan kembali riwayat pesan, kontak, atau grup Anda.

Pengguna yang memiliki nomor telepon Anda pada daftar kontak mereka akan menerima pemberitahuan tentang akun baru Anda. Pengguna baru ini kemudian akan muncul sebagai percakapan terpisah dalam daftar pesan, riwayat obrolan secara logis akan kosong. Berikut ini beberapa cara untuk hapus akun Telegram Anda secara permanen.

Cara Menghapus Akun Telegram Anda Secara Otomatis

Cara lain untuk menghapus akun Telegram Anda adalah dengan menggunakan fitur self-destruct. Akun Telegram dapat Anda atur untuk terhapus dengan sendirinya setelah beberapa saat tidak aktif.

Ini merupakan sebuah cara Telegram untuk menghemat ruang penyimpanan pada servernya dengan menghapus akun yang tidak aktif secara otomatis. Akan tetapi itu juga cara bagi Anda untuk menghilangkan akun Anda, misalnya jika ponsel Anda hilang atau bahkan dicuri orang.

1. Buka aplikasi Telegram pada ponsel Anda, lalu masuk ke Pengaturan dan buka Privasi dan Keamanan.
2. Anda akan melihat Hapus akun saya pada bagian bawah, pilih If away for (Jika pergi untuk).
3. Kemudian Anda dapat mengaturnya mulai dari 1 bulan / 3 bulan / 6 bulan / 1 tahun.

Dengan tidak aktif, Telegram jelas berarti “tidak masuk ke akun” selama periode yang sudah Anda tentukan. Jadi meskipun Anda tidak mengirim pesan apa pun, akun Anda tidak akan dihapus secara otomatis setelah batas waktu berakhir. Satu-satunya hal yang penting adalah apakah Anda login atau tidak.

Namun, jika Anda berhenti menggunakan Telegram dan tidak masuk selama batas waktu tersebut, akun tersebut akan dihapus dari cloud Telegram bersama dengan semua pesan, media, kontak, dan data lainnya.

Cara Menghapus Akun Telegram Dari Jarak Jauh

Apakah smartphone Anda hilang atau bahkan dicuri? Anda bisa mengunci pencuri dari akun Telegram Anda atau menghapus akun Anda. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Dan kuncinya adalah apakah Anda memiliki akses ke akun Anda dari perangkat lain atau tidak.

Telegram selalu membutuhkan akses ke nomor telepon Anda untuk menghapus/menonaktifkan akun. Jadi, Anda memerlukan sesi Telegram aktif pada perangkat selain ponsel cerdas Anda yang hilang tersebut. Kemudian Anda bisa mengikuti langkahnya seperti yang penulis jelaskan di atas.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.