Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen atau Menonaktifkannya Sementara

  • Bagikan
Cara Menghapus Akun Twitter
Cara Menghapus Akun Twitter

Sebagai pegiat Twitter, Anda tentunya harus tau bahwa Anda dapat menghapus akun Twitter Anda secara permanen atau menonaktifkannya hanya sementara waktu saja. Hal ini biasanya Anda dapat sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda mau.

Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen atau Sementara
Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen atau Sementara

image source

Misalnya, karena kesibukan Anda ingin sementara waktu menghilang dari Twitter, tidak ingin orang lain menghubungi, menandai ataupun lainnya dari layanan Twitter, maka Anda dapat menonaktifkannya untuk sementara waktu. Baru nanti setelah kesibukan selesai, Anda bisa kembali mengaktifkan akun tersebut dan mendapatkan fungsi seperti biasanya.

Twitter nampaknya tidak memiliki basis pengguna yang sama jika dibandingkan dengan Facebook atau Instagram. Akan tetapi masih memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif harian untuk seluruh dunia. Dengan lebih dari satu miliar unduhan melalui ponsel Android, aplikasi ini menjadi salah satu platform media sosial paling populer untuk kalangan elit.

Nah, pada artikel ini Penulis akan berbagi cara menghapus akun Twitter Anda secara permanen atau menonaktifkannya untuk sementara waktu. Selain itu, Penulis juga akan berbagi cara mendapatkan kembali nama pengguna lama Anda setelah akun Anda hapus secara permanen. Berikut adalah panduan langkah demi langkah kami tentang cara menonaktifkan atau menghapus akun Twitter Anda.

Cara Menonaktifkan Sementara Akun Twitter Anda

Anda dapat dengan mudah menonaktifkan akun Twitter Anda melalui ponsel Anda, baik Android maupun iPhone. Proses pada kedua platform ini sama, jadi Anda bisa melakukannya seperti cara berikut ini:

1. Buka aplikasi Twitter yang ada dalam daftar aplikasi pada ponsel Anda.
2. Klik foto profil pada bagian pojok kiri atas. Lalu pilih “Pengaturan dan privasi“.
3. Pilih “Akun Anda“. Pilih “Nonaktifkan Akun” dan baca semua informasi dengan cermat. Selanjutnya pilih “Periode pengaktifan kembali” dan pilih 30 hari atau 12 bulan tergantung pada kebutuhan Anda.
4. Kemudian klik “Nonaktifkan“, Anda akan diminta memasukkan kata sandi Anda dan klik tombol “Nonaktifkan” untuk mengonfirmasi.

Cara Menonaktifkan Sementara Akun Twitter Menggunakan PC

Selain menggunakan ponsel, Anda juga dapat menonaktifkan akun Twitter menggunakan browser pada komputer Anda. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka laman resmi twitter.com
2. Pilih pada ikon Lainnya. Kemudian masuk pada “Pengaturan dan privasi” dari menu drop-down tersebut.
3. Buka tab “Akun Anda” dan pilih “Nonaktifkan akun Anda”.
4. Pilih 30 hari atau 12 bulan sebagai periode reaktivasi tergantung pada kebutuhan Anda. Sebelum itu, Anda boleh membaca informasi penonaktifan akun dan klik “Nonaktifkan” Jika Anda menyetujuinya.
5. Terakhir masukkan kata sandi Anda dan konfirmasikan dengan mengklik tombol nonaktifkan akun.

Cara Menghapus Akun Twitter Anda Secara Permanen

Sebelum kita memulai prosesnya, penting untuk memahami perbedaan antara menonaktifkan dan menghapus akun Twitter. Menonaktifkan akun Twitter Anda artinya ada kemungkinan Anda masih dapat mengaktifkannya kembali. Periode penonaktifan berlangsung selama 30 hari dan dalam 30 hari tersebut, Anda akan dapat memperoleh kembali akun Anda. Jika Anda tidak mengakses akun Anda dalam waktu 30 hari, maka akun Twitter Anda akan dihapus secara permanen yang artinya Anda tidak akan dapat mengembalikannya kembali.

Setelah akun Anda dihapus, akun tersebut tidak akan lagi tersedia pada platform Twitter, yang berarti Anda tidak akan dapat mengaktifkan kembali akun Anda sebelumnya dan Anda tidak akan memiliki akses ke Tweet lama mana pun.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Twitter Anda

Jika Anda telah menonaktifkan akun Twitter Anda, yang harus Anda lakukan hanyalah masuk ke Twitter melalui Web atau aplikasi Android atau iOS untuk mengaktifkannya kembali. Ini dapat Anda lakukan selama Anda masuk dalam periode reaktivasi (30 hari), maka Anda akan dibawa ke profil Twitter Anda.

1. Buka kembali ke Twitter baik menggunakan versi web atau aplikasi. Kemudian masukkan ID dan kata sandi.
2. Sebelum Anda masuk, Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang meminta Anda untuk mengonfirmasi apakah Anda ingin mengaktifkan kembali akun Anda. Pilih “Aktifkan kembali“.
3. Setelah ini selesai, Anda akan langsung masuk ke layar beranda. Selanjutnya twitter mungkin memerlukan beberapa saat untuk memulihkan semua tweet, suka, dan pengikut Anda.

Cara Menggunakan Kembali Nama Pengguna Anda di Twitter Setelah Dihapus Secara Permanen

Setelah akun Anda dihapus secara permanen, nama pengguna akun Twitter yang dihapus akan tersedia untuk pengguna lain. Namun, ada cara untuk mendapatkan kembali nama pengguna Anda bahkan setelah akun dihapus secara permanen.

1. Sebelum menonaktifkan akun Twitter Anda, ubah nama pengguna Anda. Masuk pada “Pengaturan dan privasi” pada Twitter, ketuk “Informasi Akun“.
2. Pilih “Nama pengguna” dan ubah ke yang lain.
3. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di atas untuk menonaktifkan/menghapus akun Anda.

Setelah akun dihapus secara permanen dan Anda ingin kembali ke Twitter, gunakan nama pengguna lama Anda untuk mendaftar ke Twitter. (Nama pengguna akan tersedia selama tidak ada orang lain yang mengklaim hal yang sama.) Selain itu, sekarang Anda juga dapat mengupload gambar dengan kualitas tinggi tanpa terkompresi oleh Twitter.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.