Cara Menghapus Jaringan WiFi Pada Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Mudah Menghapus Jaringan WiFi
Cara Mudah Menghapus Jaringan WiFi

Menghapus jaringan WiFi pada ponsel merupakan bagian dari langkah untuk mengatasi ponsel Anda tidak bisa tersambung ke WiFi. Padahal jika melihat dari jaringan WiFi tersebut normal dan tidak bermasalah. Ada langkah cepat yang bisa Anda lakukan pada ponsel Anda, yakni dengan menghapus/lupakan jaringan dan kemudian menyambungkan ulang.

Cara Mudah Menghapus Jaringan WiFi
Cara Mudah Menghapus Jaringan WiFi

image source

Wi-Fi tersedia secara luas hampir setiap sudut dunia. Kami mendambakan internet dan terhubung ke jaringan Wi-Fi di mana saja, baik itu pusat perbelanjaan, tempat kerja, ataupun kedai kopi untuk sekedar nongkrong. Namun ternyata semua itu tidak bisa terlaksana karena ponsel Android kita sedang bermasalah, alias tidak bisa menyambungkannya. Akibatnya, kebanyakan dari kita sering berakhir dengan sejumlah jaringan data pada ponsel kita.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah WiFi yang tidak tersambung pada ponsel Anda. Yakni dengan membersihkan jaringan lama yang tidak terpakai dengan nama SSID WiFi yang sama. Ada banyak kasus yang terjadi, jika Anda pernah menggunakan sebuah jaringan WiFi. Kemudian oleh si pemilik, password jaringan WiFi yang pernah Anda gunakan diganti, maka secara otomatis Anda tidak akan bisa tersambung pada jaringan tersebut, meskipun sebelumnya Anda pernah tersambung.

Jikapun Anda akan menghubungkan ulang, Anda tidak mungkin bisa menghubungkannya. Karena yang tersimpan pada ponsel Anda adalah jaringan WiFi dengan password yang lama. Dari kasus ini banyak orang yang tidak bisa memasukkan kata sandi baru tersebut. Oleh karena Anda perlu menghapus terlebih jaringan lama tersebut dengan cara mengklik “Lupakan Jaringan” pada ponsel Anda. Baru kemudian Anda bisa menghubungkan kembali dengan memasukkan kata sandi baru Anda.

Cara Lupakan Jaringan WiFi Pada Ponsel Android Anda

Ada dua cara untuk menghapus jaringan yang tersimpan pada ponsel Anda. Anda dapat melupakan jaringan yang dipilih satu per satu atau mengatur ulang semua jaringan pada perangkat sekaligus. Untuk panduan ini, kami telah menggunakan ponsel cerdas yang menjalankan Android 10. Jika Anda ingin menghapus satu atau dua jaringan, Anda harus mencari jaringan tersebut melalui pengaturan internet dan melupakannya masing-masing. Inilah yang harus Anda lakukan:

1. Masuk ke jaringan ponsel Anda dan pilih pengaturan internet.
2. Ketuk WiFi untuk mengakses jaringan ponsel yang tersimpan.
3. Tekan dan tahan nama jaringan yang ingin Anda lupakan. Menu dropdown kecil akan muncul.
4. Ketuk Lupa untuk menghapus jaringan Wi-Fi dari daftar Anda.
5. Maka, ponsel Android Anda akan menghapus data yang terkait dengan jaringan WiFi tersebut. Selanjutnya Anda cukup menghubungkan ulang dengan memasukkan kata sandi baru Anda. Dan pastinya ponsel Android Anda akan langsung terhubung dengan lancar pada WiFi tanpa kendala lagi.

Selain itu, jika Anda memiliki banyak jaringan yang tersimpan pada ponsel, dan Anda ingin yang mebersihkannya sekaligus, berikut cara untuk menghapus secara massal.

Cara Lupakan Beberapa Jaringan WiFi Pada Ponsel Android

Untuk penghapusan massal semua jaringan Wi-Fi yang tersimpan pada ponsel Anda, Anda harus membuka pengaturan sistem. Berhati-hatilah; metode ini akan mengatur ulang semua pengaturan jaringan, termasuk Wi-Fi, data seluler, dan bahkan pada koneksi Bluetooth Anda. Berikut cara menghaous semua jaringan WiFi yang tersimpan pada ponsel Anda.

1. Masuk ke pengaturan ponsel lalu pilih System atau sebagaian ponsel menyebutnya pengaturan Lanjutan.
2. Ketuk pada opsi Atur ulang atau Reset.
3. Untuk menghapus semua jaringan secara bersamaan, ketuk Reset Ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth.
4. Terakhir, untuk mengonfirmasi pengaturan ulang tersebut, ketuk Reset pengaturan.
5. Maka, semua pengaturan yang berkaitan dengan koneksi Anda akan otomatis kembali pada setelan pabrik. Jadi Anda perlu menghubungkan kembali pada semua jaringan WiFi yang akan Anda kunjungi.

Jangan anggap enteng menghapus semua pengaturan jaringan. Pilihan ini juga akan menghapus semua jaringan lain termasuk pengaturan jaringan data ponsel dan juga koneksi Bluetooth. Meskipun menambahkan kembali perangkat Bluetooth yang sudah dikenal bisa sangat mudah, Anda tidak ingin kehilangan pengaturan jaringan seluler dan terjebak dalam rutinitas.

Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda dan bisa Anda mengatasi masalah WiFi yang tidak terkoneksi pada ponsel Android Anda. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.