Cara Menghapus Riwayat Aplikasi yang Pernah Anda Download di Google Play Store

  • Bagikan
Cara Menghapus Riwayat Aplikasi di Play Store
Cara Menghapus Riwayat Aplikasi di Play Store

Tahukah Anda bahwa setiap aplikasi yang Anda download melalui Google Play Store memiliki riwayat? Riwayat ini berfungsi untuk mengetahui daftar aplikasi yang pernah Anda download selama menggunakan akun Google tersebut. Sekalipun Anda menghapus aplikasi tersebut dari ponsel Anda, maka tetap akan muncul dalam riwayat aplikasi.

Cara Menghapus Riwayat Aplikasi di Play Store
Cara Menghapus Riwayat Aplikasi di Play Store

image source

Google Play Store merupakan market resmi google yang secara khusus untuk aplikasi, games, musik, film, dan buku pada ponsel Android. Aplikasi ini sudah digunakan dengan total unduhan mencapai jutaan bahkan milyaran pengguna. Anda bisa langsung mendownload konten yang ada di dalamnya secara langsung menggunakan perangkat Android atau mengirimkan konten ke perangkat Android lain melalui situs Google Play.

Baiknya, Anda tidak akan pernah kehilangan aplikasi terutama saat Anda mengganti ponsel baru. Dengan adanya riwayat aplikasi yang ada pada Google Play Store dapat menjadi patokan ketika Anda akan menginstal aplikasi di ponsel baru Anda. Anda akan melihat daftar aplikasi yang Anda gunakan pada ponsel sebelumnya, sehingga Anda tidak perlu mencarinya kembali.

Namun, jika Anda merasa riwayat aplikasi terlalu banyak menampilkan aplikasi pada Goolge Play Store Anda, maka Anda juga dapat menghapus beberapa aplikasi dari riwayat unduhan Anda. Nah, Pada artikel ini, penulis akan menunjukkan cara menghapus aplikasi dari riwayat perpustakaan Google Play Store Anda.

Cara Menghapus Riwayat Unduhan Aplikasi dari Google Play Store Anda

Daftar riwayat aplikasi akan terisi secara otomatis ketika Anda mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Baik aplikasi yang masih Anda gunakan maupun aplikasi yang telah Anda hapus. Artinya sekali Anda mendownload aplikasi, maka akan tersimpan pada riwayat unduhan bahwa aplikasi tersebut pernah Anda download.

Fitur ini membuat Anda lebih nyaman jika Anda ingin mendownload ulang aplikasi Anda yang sebelumnya telah Anda hapus. Akan tetapi jika Anda tidak ingin aplikasi tersebut muncul pada riwayat aplikasi, maka Anda perlu menghapusnya. Anda dapat menggunakan cara berikut ini untuk menghapus riwayat daftar aplikasi yang pernah Anda download pada Google Play Store.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus riwayat unduhan aplikasi Google Play Store dari ponsel cerdas Anda:

1. Luncurkan aplikasi Google Play Store dan ketuk ikon akun Anda pada bagian kanan atas.
2. Pilih Kelola aplikasi dan perangkat dari menu yang muncul.
3. Ketuk tab Kelola. Anda sekarang akan melihat semua aplikasi yang saat ini ada pada perangkat Anda.
4. Anda juga akan menemukan sakelar yang bisa Anda pilih, yakni Aplikasi Terpasang dan Aplikasi Tidak terpasang dari pop-up. Jika Anda memilih aplikasi yang tidak terpasang maka akan menunjukkan semua aplikasi yang sebelumnya Anda instal tetapi telah Anda hapus dari ponsel Anda.
5. Untuk menghapusnya ketuk kotak centang pada bagian sebelah aplikasi yang ingin Anda hapus dari daftar. Anda dapat memilih sebanyak yang Anda inginkan.
6. Setelah selesai, ketuk ikon hapus pada kanan atas. Lalu pilih Hapus dari pop-up untuk menghapusnya.

Perlu Anda ingat bahwa proses ini hanya dapat Anda akses melalui aplikasi Google Play Store secara langsung. Dengan kata lain, Anda tidak dapat melakukannya melalui Google Play versi web.

Anda juga dapat mengatasi masalah Google Play Store yang tidak bisa memperbarui aplikasi secara otomatis. Ini setidaknya dapat menyelesaikan masalah bagi Anda. Jadi Anda tidak lagi perlu melakukan pembaruan secara manual pada semua aplikasi yang ada pada ponsel Ana.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.