Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Berjalan di Latar Belakang

  • Bagikan
Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang
Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang

Menghentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang ponsel merupakan bagian dari langkah menghemat baterai. Anda sering kali tentu merasakan baterai ponsel yang tiba-tiba terkuras lebih cepat dari biasanya. Dan salah satunya karena banyaknya aplikasi yang berjalan pada latar belakang ponsel Anda.

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang
Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang

image source

Memang beberapa aplikasi mengharuskan untuk tetap berjalan pada latar belakang, seperti WhatsApp, Facebook agar orang lain bisa tetap terhubung. Namun selain itu, jika Anda periksa, maka akan banyak aplikasi yang sedang menguras daya pada latar belakang Anda. Maka sebaiknya Anda perlu memilih pada beberapa aplikasi yang memang wajib berjalan pada latar belakang ponsel. Selain itu, Anda bisa menghentikannya secara langsung, agar lebih menghemat daya Anda.

Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, maka dapat menghabiskan baterai ponsel Anda, walaupun sebenarnya masih banyak penyebab lain. Beberapa aplikasi mungkin tidak dioptimalkan dengan baik, beberapa mungkin malware, atau beberapa mungkin memiliki bug. Yang Anda butuhkan sekarang hanyalah sedikit pemahaman, dalam memilih aplikasi yang akan Anda matikan

Perbarui Perangkat Anda ke Android 10

Android 10 memiliki banyak fitur yang tidak ada pada sistem operasi sebelumnya. Salah satunya adalah fitur manajemen daya hebat yang membatasi aplikasi latar belakang yang sedang berjalan. Sehingga akan mampu memperpanjang masa Pakai baterai ponsel Anda

Sekarang ini sudah banyak ponsel yang berjalan pada Android 10 meskipun Android 11 telah rilis untuk sementara waktu. Kehadiran fitur Baterai Adaptif, memberikan manfaat yang cukup besar kepada sebagian pengguna. Hal ini untuk bisa memilih aplikasi mana yang akan Anda gunakan dalam beberapa jam ke depan dan aplikasi mana yang tidak akan Anda gunakan hingga nanti, bahkan hari ini.

Periksa Aplikasi yang Menguras Daya Ponsel Anda

Baterai

Karena masa pakai baterai sangat penting, baterai pastinya akan selali dipantau dengan baik oleh OS Android Anda. Untuk melihat aplikasi yang menghabiskan daya, masuk pada Pengaturan => Baterai => Penggunaan Baterai. Anda akan mendapatkan daftar aplikasi yang menghabiskan baterai Anda. Bergantung pada perangkat dan perangkat lunak Anda, biasanya terdapat dua aplikasi, yakni aplikasi sistem atau non-sistem.

Semakin sering Anda menggunakan aplikasi tertentu, semakin tinggi daftar aplikasi tersebut memiliki konsumsi daya. Perhatikan aplikasi apa pun yang tidak Anda kenali menggunakan lebih dari sebagian kecil baterai Anda, maka Anda bisa mematikan aplikasi tersebut, karena secara tidak langsung aplikasi tersebut berjalan pada latar belakang ponsel Anda.

RAM

Dengan menggunakan opsi Pengembang, Anda juga dapat memeriksa aplikasi mana yang mendominasi memori ponsel Anda. Mungkin aplikasi tidak menggunakan banyak baterai, tetapi saat Anda memiliki RAM kecil dan aplikasi yang tidak Anda gunakan menghabiskan beberapa ratus MB, maka akan membuat Anda kekurangan memori yang tersedia.

Anda dapat memeriksanya melalui melalui opsi pengembang => Proses (atau Pengaturan => Sistem => Opsi Pengembang => Layanan yang berjalan.)

Di sini Anda dapat melihat proses mana yang sedang berjalan, RAM yang digunakan dan tersedia, dan aplikasi mana yang menggunakannya. Sekali lagi, beberapa layanan ini penting untuk menjaga ponsel Anda tetap berjalan secara normal.

Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Berjalan di Latar Belakang

Hentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Anda

Setelah Anda menemukan aplikasi tersebut, Anda harus mengambil tindakan agar ponsel tetap dalam kondisi stabil. Untungnya, Anda memiliki beberapa opsi untuk Anda pilih jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi tersebut. Anda dapat mematikan paksa (force stop) aplikasi tersebut melaui pengaturan aplikasi

Buka Pengaturan => Aplikasi & Pemberitahuan => Aplikasi.

Anda akan melihat daftar aplikasi dalam urutan abjad. Dan dari sini, Anda dapat mengeklik aplikasi apa pun dan memutuskan untuk Paksa Berhenti atau Copot Pemasangannya. Seperti sebelumnya, Paksa Berhenti dapat menyebabkan aplikasi crash, akan tetapi akan kembali normal setelah melakukan boot ulang.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.