Cara Menghentikan Notifikasi Android yang Muncul pada Layar Anda

  • Bagikan
Menghentikan Notifikasi Android Muncul Pada Layar
Menghentikan Notifikasi Android Muncul Pada Layar

Notifikasi Android memang memiliki peran besar salah satunya untuk mengetahui informasi yang masuk pada ponsel. Misalnya pesan masuk, panggilang terlewat dan beberapa fungsi lainnya yang tentunya pengguna bisa rasakan sendiri ketika mengaktifkan fitur ini.

Menghentikan Notifikasi Android Muncul Pada Layar
Menghentikan Notifikasi Android Muncul Pada Layar

image source

Akan tetapi bagi sebagian orang munculnya beberapa notifikasi pada layar bisa mengganggu, terutama jika tidak penting. Misalnya chat pada Grup WhatsApp, Telegram ataupun hanya pesan masuk lainnya. Namun untungnya, Anda dapat menghentikan hal ini terjadi pada ponsel Anda. Untuk Anda yang merasa terganggu dengan adanya Notifikasi yang sering muncul pada layar, Anda bisa menghentikan Notifikasi tersebut agar tidak muncul lagi. Dan sebagai konsekuensinya, Anda tidak akan lagi mengetahui pesan masuk, panggilan terlewat dan lainnya kecuali Anda membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Selama ini memang tidak ada cara untuk mematikan notifikasi pop-up yang muncuk pada layar Android secara sekaligus. Jadi, Anda harus melakukannya satu per satu menurut aplikasi yang ingin Anda matikan Notifikasinya agar tidak muncul lagi pada layar. Lain dari pada itu, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Yakni jika Anda melakukannya setiap kali ada notifikasi yang mengganggu, Anda akan menyelesaikan semuanya dalam waktu singkat.

Apa itu Notifikasi Pop-up?

Secara teknis, pop up adalah area tampilan antarmuka pengguna grafis (GUI), yang biasanya berupa jendela kecil, yang akan muncul secara tiba-tiba pada layar ponsel saat kita melakukan sesuatu. Misalnya menerima pesan, panggilan masuk atau lainnya. GUI sendiri merupakan bentuk antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik melalui ikon grafis dan indikator visual seperti notasi sekunder.

Sebagian orang memang kurang nyaman dengan Notifikasi Pop-up tersebut, karena jika berasal dari pesan masuk, maka pesan akan bisa dibaca secara langsung walaupun tanpa membukanya.

Cara Menghentikan Notifikasi Android yang Muncul pada Layar Anda

1. Pertama, geser ke bawah dari atas layar ponsel Android Anda (bisa sekali atau bahkan dua kali, tergantung pada produsen ponsel atau tablet Anda). Kemudian ketuk ikon roda gigi untuk membuka menu Pengaturan.
2. Selanjutnya, pilih “Apps & Notifications“.
3. Ketuk “Lihat Semua Aplikasi” untuk daftar lengkap aplikasi yang Anda instal pada ponsel.
4. Carilah salah satu aplikasi yang Anda anggap selalu Notifikasi pop-up yang mengganggu.
5. Sekarang, pilih “Notifikasi“.
6. Dari sini, Anda akan melihat semua menu Pemberitahuan yang berbeda untuk aplikasi tersebut. Sayangnya, Anda harus masuk ke setiap aplikasi secara terpisah untuk mematikan pemberitahuan pop-up. Pilih salah satu untuk memulai.
6 Selanjutnya, cari “Pop On Screen” dan matikan.

Anda bisa mengulangi proses ini untuk aplikasi apa pun serta Saluran Pemberitahuan yang ingin Anda hentikan pop-up-nya pada layar. Mulai sekarang, saat ada notifikasi, ikon tersebut hanya akan muncul pada bilah notifikasi saja tanpa ada pop-up yang menghalangi Anda ketika Anda sedang berada pada layar ponsel.

Namun bagaimana jika Anda ingin mematikan Notifikasinya secara langsung? Ada cara mudah yang jarang sekali orang melakukannya. Untuk mematikan Notifikasi sebenarnya tidak perlu jauh-jauh masuk pada Pengaturan Sistem ponsel. Karena Anda bisa melakukannya dengan cepat melalui Notifikasi tersebut ketika muncul. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Cepat Mematikan Notifikasi Pada Ponsel Android

Mematikan Notifikasi Dengan Cepat
Mematikan Notifikasi Dengan Cepat

Ketika Anda mendapatkan Notifikasi yang muncul pada ponsel, Anda bisa langsung memblokirnya secara langsung tanpa perlu masuk pada Pengaturan.

1. Pertama, geser ke bawah dari atas layar ponsel Android Anda (bisa sekali atau bahkan dua kali, tergantung pada produsen ponsel atau tablet Anda).
2. Pada Notifikasi yang muncul, misalnya aplikasi Telegram. Tekan dan Tahan hingga muncul beberapa opsi.
3. Jika Anda ingin menghentikan Notifikasi tersebut muncul, maka Anda pilih “Blokir“. Akan tetapi jika Anda hanya ingin membisukan, pilih “Hening“. Jadi Notifikasi akan tetap muncul namun tidak akan berbunyi.

Semoga ide ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.