Cara Menghilangkan Notifikasi Spam dan Iklan Pada Android

  • Bagikan
Cara Menghilangkan Notifikasi Spam pada Android
Cara Menghilangkan Notifikasi Spam pada Android

Munculnya notifikasi Spam pada bilah pemberitahuan ponsel memang membuat Anda kurang nyaman. Apalagi yang muncul adalah iklan yang tidak pantas untuk Anda lihat. Hal ini sebenarnya bukan secara tiba-tiba muncul, hanya saja ketika Anda sedang membuka aplikasi, sengaja atau tidak sengaja mengizinkan iklan muncul melalui notifikasi Anda.

Cara Menghilangkan Notifikasi Spam pada Android
Cara Menghilangkan Notifikasi Spam pada Android

image source

Hal ini biasanya akan banyak Anda temukan pada aplikasi Google Chrome. Ketika Anda membuka sebuah situs, maka akan muncul pop-up permintaan izin akses atau semacamnya. Jika Anda mengklik izinkan, maka secara tidak langsung Anda memberikan akses pada iklan atau spam untuk selalu muncul pada bilah notifikasi.

Iklan adalah aspek kehidupan modern yang tidak dapat dihindari terutama bagi para pengembang. Akan tetapi untungnya, sebagian besar yang kita hadapi setiap hari tunduk pada aturan tertentu. Sayangnya, siapa pun yang memiliki ponsel tahu bahwa beberapa iklan nakal masih menemukan cara untuk melanggar aturan tersebut. Kendati begitu, sistem Android memberikan cara untuk mengurangi ancaman aplikasi dan situs web berbahaya yang menyajikan konten yang tidak seharusnya mereka lakukan bagi Anda.

Jika Anda menemukan iklan pop-up layar penuh atau pemberitahuan spam pada ponsel Android Anda, maka penulis dapat membantu Anda menghilangkannya. Kami akan menunjukkan cara menunjukkan dengan tepat sumber iklan jahat atau spam sehingga Anda dapat menghapus aplikasi yang berperilaku tidak semestinya. Dan jika notifikasi datang dari browser web Anda, kami juga dapat membantu.

Iklan Layar Penuh

Beberapa aplikasi berbahaya menampilkan iklan layar penuh, meskipun Anda membuka aplikasi lain. Untungnya, sangat mudah untuk mengetahui dari mana asalnya. Setiap kali muncul, cukup buka tampilan Terbaru/multi-tugas (layar yang menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan) dan Anda akan melihat aplikasi mana yang berada pada bagian depan antrean dan menayangkan iklan kepada Anda.

Nama atau ikon aplikasi tersebut seharusnya muncul pada bagian atas. Akan tetapi beberapa aplikasi mengubahnya agar lebih sulit untuk mengetahui dari mana iklan itu berasal. Yang harus Anda lakukan adalah menahan nama atau ikon aplikasi dan memilih ‘Info aplikasi’ dari menu, maka sistem akan membawa Anda ke layar info untuk aplikasi yang mengirimkan iklan tersebut. Anda dapat menghapus aplikasi dari sana dan itu tidak akan mengganggu Anda lagi.

Iklan Pemberitahuan

Pemberitahuan push yang berisi iklan cukup umum, tetapi untungnya, biasanya mudah dihilangkan. Pada ponsel apa pun yang menjalankan Android 5.0 Lollipop atau lebih tinggi, cukup tekan lama notifikasi untuk melihat dari aplikasi mana. Sebagian besar waktu, nama aplikasi sudah terlihat pada bagian atas peringatan. Akan tetapi beberapa aplikasi menyembunyikan detail itu.

Anda mungkin ingin mencopot pemasangan aplikasi yang melanggar, dan Anda dapat melakukannya dengan mengetuk roda gigi pengaturan dan kemudian ikon aplikasi untuk membuka layar ‘Info aplikasi’. Dari sana Anda dapat menghapus instalannya dari ponsel Anda sama sekali. Jika Anda ingin menyimpannya, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan notifikasi saja.

Layar ‘Pemberitahuan’ akan memungkinkan Anda untuk mematikan semua peringatan dari aplikasi atau hanya yang ada pada saluran (kategori) yang menyinggung. Semoga bisa bermafaat untuk Anda!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.