Cara Menghindari Pencurian Data di Smartphone Dari Aplikasi

Menghadapi pencurian data memang seharusnya kita selalu waspada. Sebagai orang yang menggelut dalam dunia teknologi digital seperti sekarang ini, terutama dalam menggunakan smartphone. Kita perlu selalu menjaga kerahasiaan data privasi yang kita miliki, salah satunya ketika menggunakan sebuah aplikasi yang tidak ada dalam Google Playstore.

Aplikasi yang masih berbentuk .apk dan belum masuk dalam Google Playstore berarti secara tidak langsung aplikasi tersebut belum memenuhi persyaratan. Tentunya mulai dari keamanan data pengguna menjadi syarat wajib yang diberlakukan oleh Google jika ingin mendaftarkan aplikasi pada Google Playstore.

Cara Menghindari Pencurian Data
Cara Menghindari Pencurian Data

Sebenarnya aplikasi yang masuk dalam market Google pun tidak bisa 100% dibilang aman, karena terkadang para developer sengaja memanfaatkan data pengguna untuk kepentingannya semata. Sehingga kita memang perlu selalu untuk waspada terhadap adanya pencurian data ini. Berikut ini kami berikan langkah-langkah bagaimana menghindari pencurian data yang dilakukan oleh aplikasi.

Cara Menghindari Pencurian Data di Smartphone Dari Aplikasi

Perhatikan Izin Aplikasi

Sebelum kamu menggunakan aplikasi, silahkan terlebih dahulu kamu untuk memperhatika izin dari aplikasi tersebut saat akan mengakses perangkat anda. Jika dianggap tidak layak dalam mengakses informasi tertentu, maka jangan biarkan Aplikasi tersebut memiliki akses penuh terhadap perangkat.

Misalnya, aplikasi yang kamu instal hanya sebuah game, namun dalam perizinannya meminta untuk mengakses kontak. Tentunya hal ini kurang begitu rasional, apalagi gamenya hanya game mandiri bukan kelompok.

Unduh Aplikasi Melalui Google Play Store

Kamu perlu mengunduh aplikasi hanya melalui market Google saja. Selain lebih aman, aplikasi yang sudah masuk di Google Play Store tersebut, sudah layak edar dan memiliki tingkat keamanan yang cukup menurut iji klinik Google. Sehingga untuk pencurian data bisa lebih diminimalisir

Hindari Menginstal Aplikasi Dalam Bentuk APK

Sebisa mungkin kamu tidak menginstal aplikasi dalam bentuk .apk. Karena biasanya aplikasi yang berbentuk APK ini masih belum resmi tersedia di Google Play Store. Karea tingkat keamanannya masih belum berhasil lolos uji dari Google. Sehingga aplikasi ini biasanya yang lebih rentan melakukan pencurian data di perangkat.

Perbarui Perangkat Lunak Secara Berkala

Ini yang tak kalah lebih penting, kamu harus secara berkala melakukan pembaruan sistem jika sudah mendapatkan pembaruan yang terbaru. Jangan sampai mengabaikan pembaruan ini, karena dalam setiap pembaruan pasti menawarkan banyak fitur baru yang ditingkatkan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.