Cara Menghubungkan Hidden Wi-Fi Di Smartphone Android

Semua pengguna smartphone tentunya sudah tau dengan koneksi internet melalui Wi-Fi. Alasan pengguna terhubung dengan WiFi biasanya karena ingin menghemat kouta internet yang mereka miliki. Di sebagian tempat seperti cafe atau mungkin tempat umum seperti taman biasanya menawarkan koneksi WiFi secara gratis. Namun terkadang sebagian tempat seperti cafe sering tidak membroadcast SSID wifi mereka. Yang saya maksud biasanya mereka lebih sering menyembunyikan koneksinya, sehingga untuk menghubungkan hidden wifi ini ke smartphone ada caranya.

Cara Menghubungkan Hidden WiFi Di Smartphone
Cara Menghubungkan Hidden WiFi Di Smartphone

Sumber Gambar

Berbicara tentang teknologi ini, Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang memakai gelombang radio. Gelombang radio ini nantinya akan menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk dapat saling bertukar informasi. Sejarah dari teknologi ini sendiri pertama kalidi temukan oleh perusahaan NCR Corporation dan AT&T pada tahun 1991. Saat ini sendiri Wi-Fi telah banyakdigunakan pada smartphone, laptop bahkan konsol game.

Cara Kerja Koneksi Wi-Fi

WiFi merupakan jaringan yang tergolong sebagai Area Lokal (Local Area Network).Walaupun tanpa kabel dengan teknologi ini pengguna dapat memiliki koneksi yang berkecepatan tinggi. Berbicara tentang frekuensinya, teknologi Wi-Fi ini menggunakan dua frekuensi yakni Frekuensi 2,4Ghz dan 5Ghz. Nantinya frekuensi ini berfungsi untuk menerima dan mengirimkan sinyal radio. Untuk cara kerjanya. Router nantinya menerima data dari Internet kemudian menerjemahkannya menjadi Sinyal Radio. Kemudian sinyal tersebut akan tertransmisikan ke perangkat penerima seperti semisal pengguna memakai smartphone. Maka sinyal radio tadi akan tertransmisikan kedalam smartphone.

Alasan Kenapa Wi-Fi Di Hidden / Disembunyikan :

Ada beberapa alasan kenapa pemilik WiFi menyembunyikan jaringannya tersebut. Hal ini sendiri termasuk dalam upaya perlindungan jaringan. Karena ketika pemilik menyembunyikan koneksinya, maka sedikit pengguna yang mengetahui ada koneksi pada area sekitar. Sehingga kesempatan untuk melakukan upaya negatif seperti penjebolan dll menjadi kecil kesempatannya. Menyembunyikan koneksi Wi-Fi sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit untuk pengguna lakukan. Karena pada pengaturan router sudah tersedia opsi tidak membroadcast koneksinya. Sehingga ketika opsi tersebut tercentang maka SSID dari Wi-Fi tidak akan terlihat.

Cara Menghubungkan Hidden Wi-Fi Di Smartphone Android

Cara Menghubungkan koneksi WiFi yang tersembunyi sebenarnya cukup sederhana. Namun jika ada sedikit pengaturan yang terlewatkan maka biasanya koneksi tidak akan mau tersambung. Hal tersebut lah yang menyebabkan beberapa pengguna kadang gagal terhubung dengna koneksi yang tersembunyi tersebut. Nah agar anda tidak gagal tersambung dengan koneksi yang tersembunyi tersebut anda dapat mengikuti cara berikut ini.

  • Yang pertama Swipe Kebawah, Kemudian tekan dan tahan pada ikon Wi-Fi
  • Kemudian Tekanlah pilihan Tambahkan jaringan
  • Setelah itu masukkan SSID dan Password Wi-Fi tersembunyi tersebut
  • Lalu pada Opsi lanjutan tekanlah ikon panah mengarah kebawah
  • Pada pilihan Berbayar pilihlah Deteksi Otomatis
  • Kemudian Untuk pilihan Proxy ubah menjadi Tidak ada
  • Nah untuk pilihan Setelan iP pilih lah DHCP. Karena jika anda memilih opsi ini nantinya iP yang pengguna dapat tidak bertabrakan dengan Wi-Fi pengguna lain. Sehingga tidak terjadi masalah ketika sedang menyambungkan koneksi
  • Terakhir pada Jaringan tersembunyi, ubahlah menjadi Iya
  • Setelah itu tekanlah tombol Simpan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.