Cara Menginstall Custom Rom Dengan TWRP

Jika anda saat ini menggunakan smartphone android tipe lama, sepertinya menunggu sistem ter-update merupakann hal yang mustahil atau paling tidaknya memerlukan waktu yang tidak sebentar. Karena pastinya perusahaan akan meluncurkan update untuk perangkat terbaru mereka lebih dulu.

Cara install Custom Rom ,TWRP
Cara install Custom Rom dengan TWRP

Namun bukan hanya karenanya lantas kita berkecil hati dan mati harapan, karena masih ada orang atau kelompok pengembang yang mau memperhatikan kita dengan meluncurkan Custom Rom. Dan perlu anda ketahui mengharapkan dan menginstall Custom Rom jauh berbeda dengan cara melakukan update dengan Official Rom yang cukup kita cek via perangkat dan kemudian tekan update jika ditemukan versi terbaru.

Jika anda ingin mencoba melakukan update dengan cara menginstall Custom Rom sendiri, anda bisa ikuti langkah – langkah dibawah ini :

  1. Download file zip Custom ROM Anda butuhkan dan beberapa file tambahan lainnya seperti GAPPS (jika anda menggunakan Custom Rom hasil karya Cyanogen Mod atau yang dikenal dengan nama CM). Jika anda download via komputer, jangan lupa transfer file – file tadi ke memory eksternal smartphone anda.
  2. Pastikan anda telah mengisntall aplikasi TWRP di perangkat anda.
  3. Matikan perangkat, dan kemudian nyalakan kembali dengan masuk ke recovery Mode,  biasanya dengan menekan tombol Power + Volume Down atau untuk perangkat Samsung dengan menekan tombol Home + Power + Volume Up.
  4. Di tampilan TWRP silahkan anda sentuh tombol “Install”.
  5. Selanjutnya pilih “Storage”, browse dimana anda tadinya menyimpan semua file yang anda copy-paste dari komputer atau anda download langsung.
  6. Tekan nama file Custom Rom tadi dan biarkan proses instalasi berlangsung. Dan lakukan dengan cara yang sama jika anda ingin menginstal GAPPS, jika tidak langsung saja ikuti langkah selanjuntya.
  7. Restart smartphone anda.
  8. Perhatikan smartphone anda, jika berhasil anda akan masuk ke sistem baru dan mungkin anda perlu untuk mengaktifkan beberapa hal seperti aktivasi akun Google Play Store dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *