Cara Menginstall CWM Recovery di Samsung Galaxy Note II GT-N7100

Anda memiliki Samsung Galaxy Note II, posting kali ini mungkin berguna bagi anda. Setiap pengguna perangkat apapun pastinya ingin perangkat mereka berfungsi sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan untuk hal ini anda perlu melakukan root atau CWM Recovery untuk pemulihan atau recovery. Mungkin tidak semua orang mengenal dan tahu tentang CWM (ClockWorkMod) Recovery. Secara singkat kami akan jelaskan tentang fungsi utility yang satu ini. CWM Recovery merupakan sebuah utilitas pemulihan kustom yang memungkinkan penggunanya untuk memaksimalkan kinerja perangkat dengan Tweaking dan flash ROM kustom. Secara default di setiap perangkat android sudah terdapat recovery default. Tetapi keunggulan CWM Recovery jika dibandingkan dengan Recovery Mode adalah adanya beberapa fungsi yang tidak terdapat pada Recovery Mode biasam seperti Backup dan Restore, install Firmware dan lain sebagainya.

Samsung Galaxy Note II, CWM, Custom Recovery
Samsung Galaxy Note II

Sebagai contoh jika kita termasuk salah satu pengguna yang acap kali gonta – ganti firmware, maka kami sarankan sebaiknya anda menginstall CWM Recovery terlebih dahulu di perangkat anda, khususnya Samsung Galaxy Note II. Mengapa? karena dengan CWM Recovery anda bisa melakukan backup firmware. Suatu saat nanti apabila ternyata firmware yang baru anda install kurang cocok, maka anda tidak perlu lagi melakukan FlashROM, cukup dengan melakukan pemulihan atau recovery via CWM Recovery saja, sangat mudah bukan? Hemat waktu. Tetapi perlu anda ketahui, sebelum anda menginstall CWM Recovery, pastikan perangkat anda sudah anda root sebelumnya. Untuk cara root Samsung Galaxy Note II, silahkan anda baca : Cara Root Samsung Galaxy Note II GT-N7100.

Berikut cara mudah menginstall ClockWorkMod (CWM) Recovery di Samsung Galaxy Note II GT-N7100 :

  1. Download aplikasi ROM Manager (CWM). Klik disini untuk download Rom Manager terbaru dari google Play Store langsung dari perangkat Samsung Galaxy Note II anda.
  2. Setelah download lanjutkan dengan installasi aplikasi tersebut, secara default pastinya akan secara otomatis terinstall di perangkat anda.
  3. Setelah installasi selesai, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  4. Pada saat anda buka aplikasi ROM manager tersebut, akan muncul notifikasi atau opsi untuk melakukan “Flash ClockworkMod Recovery” , tap pada opsi tersebut.
  5. Selanjutnya di layar akan tampil opsi untuk memilih jenis perangkat, tap pada nama perangkat sesuai dengan perangkat anda, Samsung Galaxy Note II GT-N7100.
  6. Setelah anda tap pada tipe perangkat, maka secara otomatis proses download dan installasi ClockWorkMod Recovery di perangkat anda akan dimulai. Tunggu proses ini hingga selesai.
  7. Selanjutnya reboot perangkat anda.

Selanjutnya anda bisa sudah menemukan aplikasi ini telah terinstall di perangkat anda. Anda bisa mengeceknya dengan masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Power + Home + Volume Down.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.