Cara Mengirimkan Foto dan Video Agar Tidak Pecah di WhatsApp

  • Bagikan
Cara Mengirim Foto pada WhatsApp Agar Tidak Pecah
Cara Mengirim Foto pada WhatsApp Agar Tidak Pecah

Mengirim foto dan video pada WhatsApp umumnya pasti akan berubah ukuran. Artinya semua file foto dan video akan terkompres secara otomatis ketika sudah masuk ke aplikasi WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi yang digunakan setiap hari oleh miliaran orang pada seluruh dunia.

Cara Mengirim Foto pada WhatsApp Agar Tidak Pecah
Cara Mengirim Foto pada WhatsApp Agar Tidak Pecah

image source

Selain hanya berkirim pesan teks, WhatsApp juga merupakan alat untuk mentransfer file media dengan mudah bahkan dengan ukuran besar sekalipun. Berapapun ukuran file yang Anda kirimkan melalui WhatsApp akan berubah menjadi kecil. File media kecil itu mungkin berfungsi dengan baik untuk meringankan suasana hati pada hari kerja yang membosankan apalagi jika berkaitan dengan paket data. Itu sebabnya aplikasi perpesanan secara otomatis mengompresi file-file itu untuk menghemat bandwidth dan mengurangi waktu pemuatan bagi penggunanya.

Tentu, melakukan itu akan membantu WhatsApp mempermudah penyimpanan ponsel dan data seluler Anda. Namun sering kali membuat file media tersebut tidak dapat Anda gunakan di luar aplikasi karena akan pecah alias kabur. Algoritme kompresi WhatsApp tidak jauh dari mode Penghemat Penyimpanan Foto Google, dan penurunan kualitas gambar cukup jelas, terutama untuk foto dengan detail kecil atau font teks kecil. Plus, batas ukuran yang ada mengurangi resolusi gambar dan video cukup signifikan.

Solusi Mengirimkan Foto dan Video Agar Tidak Pecah Pada WhatsApp

Solusi untuk masalah ini ternyata sangat mudah, karena Anda tidak perlu menyimpang jauh dari aliran reguler Anda untuk mengirim foto dan video. Biasanya, Anda akan memilih Galeri setelah mengklik ikon lampirkan pada dalam jendela obrolan. Akan tetapi untuk melewati kompresi WhatsApp dalam mengirim foto beresolusi penuh, Anda harus memilih Dokumen ketika akan melampirkan file. Opsi ini biasanya berguna untuk mengirim semua format file non-media, tetapi Anda juga dapat menggunakannya dengan mudah untuk file media yang tersimpan pada perangkat Anda.

Klik tombol lampirkan => Dokumen => Jelajahi dokumen lain

Anda bisa melampirkan berbagai jenis file disini, baik foto, video, maupun file dokumen dengan jenis type apapun. Saat Anda memilih cara ini, maka akan muncul pengelola file ponsel Anda, jadi saatnya Anda memilih gambar yang ingin Anda lampirkan. Dengan cara ini, aplikasi akan memperlakukannya sebagai file non-media dan tidak akan menjalankan algoritme kompresinya. Dalam pengalaman penulis, jika Anda melampirkan foto 12MP (4096 x 3072 piksel) berukuran 4MB, maka ketika Anda mengirimkannya lewat WhatsApp akan berubah menjadi 127KB dengan resolusi 1280 x 960.

Jika Anda memiliki seluruh koleksi foto yang ingin Anda kirim, alangkah lebih baiknya jika Anda membungkusnya dalam format zip terlebih dahulu. Agar ketika Anda mengirimkannya tidak membuat daftar panjang pada jendela obrolan WhatsApp Anda. Anda dapat mengikuti cara yang sama seperti yang penulis sebutkan di atas untuk membagikan folder zip pada WhatsApp.

Kelemahan Jika Anda Mengirimkan Foto dan Video Sebagai File/Dokumen

Kelemahan paling jelas untuk menggunakan lampiran Dokumen adalah baik penerima maupun Anda tidak akan mendapatkan pratinjau gambar atau video pada obrolan. Yang akan mereka lihat hanyalah nama file dan ekstensi pada obrolan tersebut. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak dapat menggunakan Dokumen untuk mengirim gambar yang sudah Anda cadangkan ke Google Foto dan tidak lagi ada pada penyimpanan perangkat. Opsi ini hanya berfungsi untuk file yang masih ada pada galeri ponsel Anda.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.