Cara Mengontrol Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Ponsel Anda

  • Bagikan
Cara Mengontrol Aplikasi Berjalan pada Latar Belakang Ponsel
Cara Mengontrol Aplikasi Berjalan pada Latar Belakang Ponsel

Mengontrol aplikasi yang berjalan pada latar belakang ponsel Anda merupakan suatu keharusan. Hal ini memiliki pengaruh besar pada sumber daya dan kinerja ponsel Anda. RAM yang digunakan terlalu besar pada latar belakang, akan menyebabkan ponsel Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal ketika Anda membuka sebuah aplikasi.

Cara Mengontrol Aplikasi Berjalan pada Latar Belakang Ponsel
Cara Mengontrol Aplikasi Berjalan pada Latar Belakang Ponsel

image source

Ponsel Android menjadi hebat selama bertahun-tahun salah satunya dalam hal multitasking. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda mungkin pernah melihat ponsel cerdas mengalami penurunan kinerja dan menjadi lamban. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa masa pakai baterai juga terpengaruh menjadi lebih boros dari biasanya. Tentunya masalah ini dapat Anda perbaiki hanya dengan mengoptimalkan atau mengontrol aplikasi yang berjalan pada latar belakang ponsel Anda.

Mengapa Perlu Mengelola Aplikasi Latar Belakang Pada Ponsel Anda?

Bagi Anda yang kebetulan membaca artikel ini tanpa benar-benar menghadapi masalah dengan ponsel mereka, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang mempertimbangkan untuk menghentikan aplikasi latar belakang.

Saat Anda terus menggunakan ponsel Android, Anda cenderung memasang beberapa aplikasi pada perangkat Anda. Seiring waktu, kemungkinan menjadi tinggi bahwa setidaknya beberapa di antaranya tidak bisa Anda optimalkan dengan baik untuk ponsel Anda atau bahkan mungkin memiliki bug. Beberapa aplikasi ini bahkan mungkin berisi malware, terutama yang tidak Anda unduh dari sumber tepercaya.

Seringkali, aplikasi ini tetap berjalan pada latar belakang bahkan setelah Anda mengira telah menutupnya. Hasilnya adalah kinerja yang lamban dan pengurangan masa pakai baterai. Sekarang mari kita periksa berbagai langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini dan mengelola aplikasi latar belakang pada ponsel Anda.

Lakukan Analisis Statistik Konsumsi Baterai

Tidak dapat Anda sangkal bahwa Android menawarkan alat statistik baterai yang komprehensif untuk melihat aplikasi apa yang paling relevan menguras baterai. Untuk mengakses halaman statistik baterai, Anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke:

Pengaturan => Baterai => Lihat penggunaan baterai.

Ponsel sekarang akan membuka halaman dengan daftar aplikasi yang menghabiskan daya. Apa yang membantu tentang halaman ini adalah daftar aplikasi ini dalam urutan dari yang paling banyak mengkonsumsi daya pada bagian atas. Kemungkinan besar, Anda akan melihat beberapa aplikasi yang paling sering Anda gunakan dalam daftar tersebut.

Namun, jika Anda mencatat beberapa aplikasi pihak ketiga yang Anda tahu sudah lama tidak Anda gunakan dalam daftar ini, mungkin ada baiknya untuk memaksa berhenti atau menghapus instalannya.

Untuk memaksa menghentikan atau mencopot pemasangan aplikasi, ketuk aplikasi dan Anda akan melihat halaman dengan kedua opsi ini. Perhatikan bahwa Anda juga dapat melihat beberapa aplikasi yang merupakan bagian dari Android dan Layanan Seluler Google. Idealnya Anda dapat membiarkannya karena sangat penting untuk kelancaran dan kestabilan fungsi ponsel Anda.

Kontrol Aplikasi yang Berjalan Pada Proses Latar Belakang Anda

Jika Anda tidak terlalu senang dengan hasil penonaktifan aplikasi yang tercantum dalam menu statistik baterai, inilah saatnya untuk mencoba langkah-langkah lanjutan. Cara terbaik untuk mengendalikan proses Anda adalah melakukan kontrol atas aplikasi tersebut, baik mehentikannya atau bahkan menghapusnya.

Dalam beberapa kasus, sebelum Anda dapat memulai, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan opsi pengembang.

1. Di sebagian besar versi Android, untuk mengaktifkannya Anda perlu masuk ke Pengaturan => Tentang ponsel dan kemudian mengetuk Build Number sekitar tujuh kali atau lebih. Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang memberi tahu Anda bahwa opsi Pengembang telah diaktifkan.
2. Hal berikutnya yang perlu Anda cari adalah pengaturan Processes, Process Stats, atau Running services. Anda dapat menemukannya pada Pengaturan => Sistem => Lanjutan => Opsi pengembang => Layanan yang berjalan. Opsi itu membawa Anda ke daftar proses yang sedang berjalan yang menunjukkan berapa banyak RAM yang digunakan masing-masing.
3. Silahkan Anda lakukan penghentian aplikasi yang paling membutuhkan RAM agar tidak berjalan pada latar belakang. Akan tetapi Anda harus memperhatikan apa yang Anda hentikan sebelum melanjutkan. Menghentikan beberapa aplikasi yang masuk kategori sistem akan membuat ponsel Anda mogok.
4. Anda juga dapat mengetuk opsi pengaturan saat berada pada menu Layanan/Proses. Hal ini untuk beralih antara proses yang berjalan dan proses yang di-cache.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.