Cara Mengubah Tombol Navigasi di Ponsel Samsung Galaxy

  • Bagikan
Mengubah Tombol Navigasi Ponsel Samsung
Mengubah Tombol Navigasi Ponsel Samsung

Pada kebanyakan ponsel saat ini, mengubah Tombol Navigasi merupakan hal biasa. Misalnya membolak-balik tombol virtual yang biasanya Anda gunakan untuk fungsi Back, Home dan Recent App pada bagian bawah layar.

Mengubah Tombol Navigasi Pada Ponsel Samsung Galaxy
Mengubah Tombol Navigasi Pada Ponsel Samsung Galaxy

image source

Sejak iPhone X rilis pada tahun 2017 lalu, beberapa OEM Android seperti Samsung dan OnePlus mulai menambahkan interpretasi mereka sendiri sebelum memperkenalkannya pada tingkat OS pada Android 9 dan kemudian menyempurnakannya pada Android 10. Jika Anda memiliki ponsel Samsung Galaxy lama dan belum mengaktifkan navigasi gerakan atau tidak mengetahui tentang penyesuaian dan pengaturannya, Anda akan mendapatkan kejutan menarik dalam panduan kali ini! Pada langkah-langkah ini, Penulis akan menunjukkan cara mengubah tombol navigasi pada ponsel Galaxy.

Perlu Anda ingat, cara ini hanya dapat Anda lakukan pada ponsel yang tidak memiliki tombol fisik navigasi. Biasanya Anda dapat menemukannya pada ponsel Android apapun yang memiliki full view Display alias layar penuh.

Fungsi Navigasi Gesture Pada Android

Ponsel yang memiliki fitur Navigasi Gesture dapat memudahkan pengguna menavigasi antarmenu dan aplikasi dengan cepat. Terutama untuk smartphone dengan desain bezel less atau nyaris tanpa bingkai pada bagian layarnya.

Fitur ini mulai dapat dibilang sempurna sejak rilisnya Android 10. Semua ponsel yang menerima update atau bahkan menggunakan Android 10 sudah bisa memanfaatkan fitur tombol Navigasi ini dengan baik. Fitur kontrol gesture pada Android 10 memiliki beberapa fungsi dasar seperti mengakses Homescreen, berpindah menu atau aplikasi, back, dan lainnya. Berikut adalah daftar kontrol gesture yang hadir pada Android 10:

  • Homescreen dapat Anda akses dengan cara swipe up atau sapu layar dari bawah ke atas. Gesture ini bekerja untuk semua laman pada Android 10.
  • Berpindah aplikasi dapat Anda lakukan dengan cara swipe up atau sapu layar dari bawah ke atas, kemudian tahan. Setelah itu, geser jari ke kanan atau kiri sesuai aplikasi mana yang akan inginkan.
  • Back dari satu menu atau menutup salah satu aplikasi dapat Anda lakukan dengan cara sapu layar dari kiri ke kanan.
  • Gesture pada Android 10 memungkinkan pengguna untuk multitaksing. Caranya, sapu layar ke atas kemudian menekan layar sebentar, maka semua aplikasi yang Anda jalankan atau recent apps akan tampil.
  • Google Assistant dapat Anda akses dengan cara menyapu layar ke sudut kiri bawah atau sudut kanan bawah layar. Sebelumnya, Google Assistant dapat Anda buka dengan cara menekan lama pada tombol Home.

Cara Menggunakan Navigasi Gesture Pada ponsel Samsung Galaxy

Sebelumnya tombol navigasi gesture merupakan fitur khusus yang ada ponsel Samsung sebelum akhirnya Google mengadopsinya pada Android 10. Nah, bagi Anda pengguna ponsel Samsung Galaxy walaupun masih menggunakan Android 9 atau yang lebih rendah, ada kemungkinan Anda bisa memanfaatkan dan menggunakan tombol Navigasi tersebut.

1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Anda.
2. Ketuk pada opsi Tampilan. Lalu gulir ke bawah dan ketuk pada bilah Navigasi.
3. Ketuk pada Gerakan Gesek atau Swipe gestures.

Sekarang Anda dapat mengubah pengaturan tombol navigasi pada ponsel Anda, lalu geser ke atas dari bagian bawah layar untuk membuka multitasker atau geser ke kiri atau kanan pada sepanjang bagian bawah layar untuk beralih aplikasi.

Cara Menyesuaikan Pengaturan Gerakan Navigasi

1. Pada bagian bawah Gerakan layar penuh (Full screen gestures), ketuk tombol Opsi Lainnya di bawah opsi Gesek gerakan.
2. Ketuk Gesek dari bawah atau Gesek dari samping dan bawah, tergantung pada preferensi Anda.
3. Ketuk penggeser pada bagian bawah layar untuk menyesuaikan sensitivitas gerakan Kembali.
4. Keluar dari layar ini untuk kembali ke layar bilah Navigasi. Anda dapat melihat petunjuk Gesture terlebih dahulu untuk mengingatkan Anda dari mana harus menggesek layar Anda.
5. Lalu Aktifkan tombol Tampilkan untuk menyembunyikan keyboard saat dalam mode potret. Aktifkan juga Blokir gerakan dengan S Pen agar penggunaan stylus tidak memicu perubahan navigasi secara tidak sengaja.

Setelah selesai, Anda mungkin ingin mengaktifkan mode gelap pada ponsel Samsung Galaxy Anda juga.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.