Cara Menjadi Host dan Menjadwalkan Zoom Meeting di Android

  • Bagikan
Zoom Meeting For Android
Zoom Meeting For Android

Sejak pandemi Covid-19 kebutuhan Zoom Meeting menjadi prioritas utama dalam menjalani sebuah pekerjaan dengan jarak jauh. Bahkan hingga saat ini pun Zoom Meeting tetap menjadi hal penting dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Baik pembelajaran, kegiatan atau bahkan pelatihan.

Cara Menjadi Host dan Menjadwalkan Zoom Meeting
Cara Menjadi Host dan Menjadwalkan Zoom Meeting

image source

Memang sejak pandemi kebanyakan orang mulai bekerja dari rumah, dan aplikasi penunjang yang populer adalah dengan menggunakan Zoom meeting. Aplikasi ini telah menjadi salah satu layanan perangkat lunak paling penting secara global untuk seluruh dunia. Bahkan tidak hanya pada perankat komputer saja, tetapi juga pada perangkat seluler seperti halnya Android.

Meski demikian, aplikasi ini tidak sepenuhnya diketahui bahkan dipahami oleh berbagai kalangan, terutama penggunaannya pada perangkat seluler. Zoom Meeting merupakan aplikasi telekonferensi yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video atau tatap muka secara virtual dengan orang lain dari jarak jauh. Yang Anda butuhkan hanyalah interaksi yang andal untuk menggunakan perangkat lunak.

Aplikasi Zoom Meeting ini tersedia untuk platform Windows, Mac, Android, dan iOS. Layanan ini bahkan tersedia sebagai ekstensi dan add-on untuk beberapa platform. Aplikasi Zoom Client memungkinkan Anda mengadakan rapat langsung dari ponsel atau PC Anda. Nah, dalam panduan ini, Penulis akan memberikan cara menjadi host rapat zoom pada Android dan juga menjadwalkannya melalui ponsel Android.

Cara Menyelenggarakan Rapat atau Menjadi Host di Zoom Meeting Android

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menginstal Zoom pada ponsel langsung dari Google Play Store. Setelah Anda menginstalnya, daftar atau masuk ke platform dengan memberikan detail yang diperlukan. Setelah Anda masuk ke platform masing-masing, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menyelenggarakan dan membuat rapat atau menjadi Host Zoom.

Zoom juga memiliki aplikasi mobile untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini memungkinkan sebagian besar fungsi dasar yang ada pada versi desktop atau web. Inilah cara Anda dapat membuat rapat dengan Zoom menggunakan aplikasi selulernya.

1. Buka aplikasi Zoom Meeting pada ponsel Anda.
2. Klik “New Meeting“. Maka secara default video akan aktif, jika Anda tidak ingin orang lain melihat video Anda, pastikan untuk menonaktifkannya.
3. Klik “Start a Meeting/Mulai Rapat” (aktifkan izin untuk mikrofon/kamera jika Anda mau).
4. Klik Peserta untuk mengundang lebih banyak orang ke rapat Anda.

Cara Menjadwalkan Rapat Zoom Meeting

Berikut cara menjadwalkan Zoom Meeting menggunakan aplikasi selulernya pada Android, namun Anda juga dapat menerapkannya pada iOS.

1. Buka aplikasi Zoom pada ponsel Android Anda.
2. Pilih “Schedule/Jadwal
3. Tambahkan topik ke rapat Anda, kemudian pilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan.
4. Ubah kata sandi jika Anda mau dan Anda dapat meninggalkan opsi lainnya dengan detail default.
5. Klik selesai pada sudut kanan atas.

Dari sini biasanya Zoom akan mengarahkan Anda ke aplikasi lain untuk mengirimkan link atau tautan meetingnya. Biasanya Anda dapat menggunakan Email, WhatsApp, Facebook dan lainnya.

Selain itu, Anda bisa kembali ke layar sebelumnya dan klik “Undang” untuk menyalin rincian dan mengirimkannya ke orang lain. Perlu juga Anda ketahui bahwa rapat Zoom gratis hanya selama 40 menit karena pengguna gratis termasuk dalam paket dasar Zoom. Jika Anda ingin meningkatkan batas waktu, Anda harus beralih ke paket lain seperti Zoom Pro, Zoom Business, Zoom Enterprise.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.