Cara Menjadikan Google Chrome Sebagai Browser Default di Android 5.0 Lollipop

Keberadaan smartphone, dalam hal ini smartphone ataupun perangkat android, semakin meningkatkan jumlah developer di dunia ini, baik dalam kelas perseorangan atau individu, perusahaan kecil, menengah ataupun perusahaan pengembang dalam skala besar.

Google Chrome, default app
Google Chrome

Mengapa pertumbuhan pengembang aplikasi smartphon semakin menjamur?. Hal ini tidak lain dikarenakan pasar smartphonebegitu menjanjikan, karena tingkat fleksibilitas smartphone lebih tinggi dibandingkan dengan komputer ataupun laptop.

Salah satu aplikasi yang banyak berkembang dalam browser. Browser merupakan media untuk menjelajah dunia maya yang dikemas dalam tampilan presentasi menarik yang kita kenal sebagai situs atau website.

Kita kenal banyak browser di smartphone android seperti Google Chrome, Mozilla, Opera, UCbrowser, dan masih banyak lainnya. Dan juga selain browser yang umun kita kenal, biasanya ada smartphone atau tablet android datang dengan browser sendiri, bukan dari salah satu dari deretan nama browser tersebut dan terkadang dengan nama “internet”.

Dan tak jarang kita tanpa sadar menginstall banyak browser dalam perangkat android yang kita miliki, sehingga saat kita klik link tertentu akan muncul konfirmasi browser mana yang akan kita gunakan, sedikit sebel juga kan?, karena sedikit akan menganggu aktivitas kita.

Nah untuk itu, jika anda saat ini menggunakan perangkat Android, baik smartphone ataupun tablet dengan OS Android 5.0 Lollipop atau versi sebelumnya, kami ingin berbagi tips bagaimana menjadikan browser tertentu sebagai browser utama atau browser default. Sehingga secara otomatis nantinya setiap link yang kita klik (tap) akan dijalan di browser tersebut, yang dalam hal ini kami ini mengambil contoh Google Chrome sebagai browser default.

 

  1. Buka Pengaturan> Aplikasi> Semua aplikasi, dan gulir sampai Anda menemukan browser default terinstal.
  2. Tekan pada ikon browser dan masukkan info App layar, gulir ke bawah dan menggunakan tombol “Clear Cache” dan “Hapus data” untuk membuang semua info yang mungkin terkait dengan browser ini.
  3. Gulir ke bawah sedikit, dan tekan pada tombol “Clear default” tombol di Launch oleh bagian default.
  4. Sekarang, ketika Anda klik pada link di aplikasi pihak ketiga, ia akan meminta Anda yang browser yang Anda inginkan dibuka dengan secara default – memilih Google Chrome.
  5. Selesai

Nah kini Google Chrome akan menjadi browser default di perangkat android anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.