Cara Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam

Sejak pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara didunia dan negeri ini khususnya, seluruh aktifitas dilakukan secara daring. Aplikasi online meeting seperti zoom, google meet, facebook, dan yang lainnya menjadi trend dan menjadi wajib untuk dipahami.

Aktifitas kantor dilakukan secara daring, sekolah dan perkuliahan juga dilakukan secara daring melalui zoom. Oleh karena itu kita wajib memiliki laptop atau komputer yang dilengkapi dengan webcame untuk bisa mengikuti semua aktifitas ini.

Cara Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam
Cara Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam

Dan saat ini sudah memasuki new normal, namun penggunaan zoom dan aplikasi sejenis masih terus diperlukan. Dan ternyata pandemi covid telah menciptakan kebiasan baru yakni pertemuan secara daring. Tidak hanya terbatas pada aktifitas perkantoran dan perkuliahan, pertemuan keluarga dan alumni juga memanfaatkan pertemuan online ini.

Sebenarnya kita bisa menggunakan smartphone untuk bisa join dalam pertemuan daring ini. Namun jika ingin lebih leluasa kita bisa menggunakan laptop atau PC. Dan yang pasti semuanya membutuhkan kamera. Hal ini tidak menjadi persoalan untuk laptop yang sudah sudah dilengkapi dengan webcam, tapi bagaimana dengan PC. Ini berarti anda harus membeli webcam secara terpisah, atau Anda harus menggunakan perangkat yang sebanding untuk menyiapkan kamera video. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kamera smartphone anda sebagai webcame.

Lantas bagaimana cara menggunakan kamera smartphone sebagai webcam? dibawah ini kami akan menunjukkan kepada anda cara menjadikan kamera smartphone sebagai webcam PC anda. Caranya sangatlah mudah, anda dapat menghubungkan smartphone android anda ke komputer anda, baik menggunakan koneksi kabel atau nirkabel. Anda juga dapat memilih antara kamera depan atau belakang perangkat Anda.

Cara Menggunakan Smartphone Android Sebagai Webcam Melalui Koneksi USB Kabel

Anda dapat menyambungkan smartphone anda ke komputer menggunakan kabel USB yang kompatibel. Berikut beberapa hal yang perlu anda persiapkansebelumnya.

  1. Mempersiapkan Ponsel dan Komputer Anda.
  2. Anda harus mengaktifkan mode pengembang di smartphone Android anda dan mengaktifkan debugging USB untuk Android.
  3. Anda harus menginstal aplikasi DroidCam di smartphone android Anda.
  4. Anda juga harus menginstal perangkat lunak klien di komputer Anda.

Berikut cara mengakses kamera smartphone android anda di komputer:

  1. Di ponsel Android Anda, pastikan USB Debugging diaktifkan, Klik disini untuk caranya!
  2. Buka aplikasi seluler DroidCam (di smartphone android anda). Ketuk Izinkan saat muncul notifikasi perijinan.
  3. Sebelum menghubungkan komputer dan smartphone, ketuk ikon kamera di kanan atas (aplikasi) dan silahkan pilih Depan untuk mengaktifkan kamera depan. Jika Anda tidak melakukan ini, maka secara otomatis kamera belakang yang aktif.
  4. Jalankan perangkat lunak klien DroidCam di komputer Anda, lalu sambungkan smartphone ke PC dengan menggunakan kabel USB yang kompatibel. Anda akan melihat pop-up pemberitahuan di ponsel Anda yang meminta izin untuk Izinkan USB Debugging. Ketuk Izinkan.
  5. Di aplikasi komputer, klik ikon USB untuk menghubungkan ponsel Anda dengan kabel USB. Juga, pastikan kotak di sebelah Video dan Audio dicentang.
  6. Anda akan melihat nama perangkat Anda di bidang koneksi. Jika Anda tidak melihatnya, Anda mungkin harus menekan tombol segarkan dan kemudian memilihnya di dropdown. Saat Anda siap, klik Mulai.
  7. Mungkin perlu beberapa detik agar aplikasi disinkronkan, tetapi Anda akan melihat umpan kamera di komputer setelah koneksi berhasil.
  8. Selesai.

Setelah terhubung, komputer Anda akan terus menampilkan umpan kamera dari ponsel Anda, dan Anda dapat memilih kamera di aplikasi video. Layar pada akhirnya akan mati di ponsel Anda untuk menghemat daya, tetapi umpan kamera akan tetap aktif.

Demikian cara untuk menjadikan kamera smartphone android sebagai webcam. Semoga artikel ini berguna untuk anda dan juga menghemat uang anda karena tidak perlu membeli perangkat webcam baru!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *