Cara Menjadikan Kartu MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal
Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal

Menjadikan MicroSD sebagai penyimpanan internal merupakan hal yang menarik untuk Anda lakukan. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki penyimpanan terbatas pada perangkat Anda. Sesekali mungkin Anda perlu mengingat masa-masa Anda harus terus-menerus berjuang terhadap penyimpanan internal yang semakin menipis.

Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal
Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal

image source

Kurangnya penyimpanan internal selalu menjadi masalah utama pada ponsel Android terutama kelas bawah sejak beberapa tahun yang lalu. Untuk mengatasi masalah ini, Google pada tahun 2015 memperkenalkan fitur yang bernama penyimpanan adopsi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan kartu MicroSD ke telepon dan memformatnya sedemikian rupa sehingga mengubah fungsinya menjadi penyimpanan internal.

Nah dalam artikel ini, penulis mencoba mempelajari lebih lanjut tentang fitur penyimpanan adopsi dan mengapa fitur tersebut hilang saat ini. Anda juga akan mengetahui apakah Anda masih dapat menggunakan fitur tersebut pada smartphone Anda, khususnya yang menjalankan Android terbaru.

Apa Itu Penyimpanan yang Dapat Diadopsi?

Penyimpanan yang dapat diadopsi memungkinkan Anda menjadikan kartu microSD sebagai penyimpanan internal pada ponsel Anda. Akan tetapi sebenarnya apa perlunya fitur ini, dan apakah itu masih relevan untuk saat ini?

Sekitar tahun 2013, ketika popularitas smartphone Android meledak terutama untuk pasar negara berkembang seperti India, Asia Tenggara, dan China. Memang ada lonjakan permintaan untuk smartphone entry-level dengan harga lebih rendah. Konsumen yang membeli ponsel ini segera harus menghadapi masalah utama, yakni penyimpanan internal yang rendah.

Jika Anda ingat, smartphone entry-level saat itu hanya hadir dengan penyimpanan 4GB atau 8GB. Dengan aplikasi yang semakin besar dalam hal ukuran file, dan sebagian besar aplikasi ini hanya bisa Anda instal melalui penyimpanan internal. Nah, ini yang kemudian mendorong Google untuk memperkenalkan fitur penyimpanan adopsi melalui Android 6.0 Marshmallow sejak itu.

Dengan sebagian besar ponsel kelas bawah yang menampilkan slot kartu MicroSD, penyimpanan yang dapat diadopsi melakukan persis seperti yang dikatakannya. Yakni “mengadopsi” penyimpanan eksternal dan memformatnya dengan cara yang berfungsi serupa seperti penyimpanan internal.

Apa Keuntungan Dari Fitur Penyimpanan Adopsi?

Fitur penyimpanan adopsi memang menjadi kelegaan bagi pengguna smartphone kelas bawah yang frustrasi dengan peringatan “penyimpanan internal rendah”. Itu memungkinkan mereka untuk dengan mudah memperluas penyimpanan internal tanpa menghabiskan terlalu banyak uang.

Yang Anda perlukan hanyalah memformat kartu MicroSD dengan cara khusus, dan baru kemudian Anda memiliki banyak penyimpanan internal baru yang lebih segar. Proses memformat kartu SD sebagai penyimpanan internal juga tidak terlalu menakutkan bagi pengguna karena beberapa smartphone kelas bawah secara otomatis meminta pengguna untuk memformat kartu dengan langkah mudah.

Cara Menjadikan Kartu MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal Ponsel

Pada tahun 2021, fitur ini bukanlah fitur penting bagi pengguna. Bahkan sekarang ini pada smartphone Android kelas bawah sudah memiliki jumlah penyimpanan internal yang layak. Untuk tujuan artikel ini, penulis mencoba beberapa handset yang menjalankan Android 10/Android 11.

Bahkan, penulis hampir yakin bahwa versi Android yang lebih baru tidak mendukung fitur ini pada tahun 2021. Namun ternyata ini masih berlaku untuk smartphone India Micromax. Handset, yang dikenal sebagai Micromax IN Note 1, cukup baru dan rilis pada akhir 2020 kemarin. Ponsel ini menjalankan Android 10 dan, yang mengejutkan, masih mendukung fitur penyimpanan adopsi!

Nah, ketika MicroSD dimasukkan ke dalam slot, ponsel segera bertanya bagaimana saya ingin menggunakan kartu ini. Dan inilah yang Anda harapkan terjadi ketika Anda memasukkan kartu ke dalam ponsel yang mendukung penyimpanan adopsi.

Format Kartu SD Menjadi Penyimpanan Internal
Format Kartu SD Menjadi Penyimpanan Internal

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ponsel akan memperingatkan Anda tentang kecepatan baca/tulis kartu yang lambat setelah Anda memformatnya. Namun jika ponsel Anda tidak meminta Anda secara otomatis, coba langkah-langkah ini.

1. Masukkan kartu SD pada ponsel Android Anda dan tunggu hingga muncul pop-up pada layar Android Anda.
2. Selanjutnya buka Pengaturan => Penyimpanan, lalu ketuk nama kartu SD Anda.
3. Ketuk tiga titik vertikal pada sudut kanan atas layar. Ketuk Pengaturan Penyimpanan. Pilih Format sebagai opsi internal.
4. Ketuk Hapus & Format, maka kemudian Android akan menawarkan untuk memigrasikan data Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.