Cara Menjadikan Ponsel Anda Sebagai Webcam Menggunakan Kabel USB

  • Bagikan
Cara Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam
Cara Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam

Menjadikan ponsel sebagai webcam laptop merupakan solusi cepat yang bisa Anda lakukan. Apalagi dalam masa pandemi seperti sekarang ini, kebutuhan video telekonferensi menjadi hal yang urgen. Mulai dari pekerjaan, pembelajaran bahkan banyak kegiatan yang dilakukan dengan cara virtual.

Cara Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam
Cara Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam

image source

Hal ini menjadi sebuah solusi bagi Anda yang memiliki laptop dengan webcam yang kurang memadai. Entah Webcam pada laptop Anda menghasilkan video dengan kualitas buruk, atau Anda sedang menggunakan PC desktop yang tidak memiliki kamera? Oleh karenanya, Anda perlu memanfaatkan ponsel cerdas Anda ketimbang harus membeli Webcam baru.

Anda bisa dengan mudah menghubungkan ponsel cerdas Anda dan menggunakannya sebagai webcam untuk panggilan video dan vlog. Dalam hal ini penulis akan berbagi cara bagaimana Anda dapat membuat ponsel Anda menjadi webcam sementara. Anda bisa melakukannya secara nirkabel, yakni dengan menggunakan koneksi Wireless atau melalui kabel USB standar.

Sudah kita ketahui bersama, smartphone akhir-akhir ini hadir dengan kamera yang sangat baik, dan mikrofon internal juga lebih dari mampu memberikan kualitas audio yang tepat. Oleh karena itu, masuk akal untuk menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai webcam pada laptop atau PC Anda. Jika itu yang Anda inginkan, Anda telah datang ke tempat yang tepat saat ini!

Dalam artikel kali ini, penulis akan membahas secara detail cara menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai webcam pada PC. Anda dapat memilih melakukannya secara nirkabel atau melalui kabel USB Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengunduh aplikasi gratis. Aplikasi inilah yang akan menjadi penghubung untuk membuat Webcam dari kamera ponsel Anda.

Download Aplikasi Webcam untuk Ponsel Anda

Anda bisa mulai mencari Aplikasi webcam terbaik untuk Android. Sebagai rekomendasi penulis, Anda bisa menggunakan aplikasi “DroidCam – Webcam untuk PC“. Aplikasi ini tersedia secara gratis yang bisa Anda download melalui Google Play Store. Download Droidcam untuk ponsel Android Anda.

Setelah instalasi, aplikasi akan meluncurkan wizard instalasi. Ikuti petunjuknya hingga proses instalasi selesai. Saat pertama kali membukanya, Anda masih harus memberikan akses pada kamera dan mikrofon ponsel cerdas Anda. Setelah selesai, Anda mulai bersiap untuk melakukannya.

Cara Menjadikan Ponsel Anda Sebagai Webcam

Menggunakan Kabel USB

Setelah Anda menginstal aplikasi, Anda dapat menyisihkan ponsel cerdas Anda untuk sementara waktu. Agar Droidcam dapat berkomunikasi dengan PC Anda, ia akan membutuhkan klien. Ini tersedia sebagai unduhan gratis untuk sistem operasi Linux dan Windows melalui beranda pengembang. Download Droidcam untuk Linux dan Windows.

Instal aplikasinya dan kemudian ambil kembali ponsel cerdas Anda. Agar Droidcam dapat menemukan ponsel cerdas Anda sebagai webcam, Anda harus mengaktifkan USB debugging pada opsi pengaturan pengembang di ponsel Anda.

Setelah itu, ponsel cerdas Anda akan muncul dalam daftar perangkat untuk Droidcam jika terhubung ke PC Anda melalui USB. Pastikan ponsel cerdas Anda juga mengaktifkan berbagi data. Jika hanya mengisi daya, Anda harus mengaktifkannya melalui bilah notifikasi.

Sekarang, Droidcam akan menemukan ponsel cerdas Anda. Idealnya, Anda dapat melihat desktop Anda sekarang juga melalui aliran video dalam program. Jika tidak, pastikan Droidcam juga berjalan pada smartphone dan PC Anda. Ini juga bisa Anda lakukan ketika akan melakukan video telekonferensi dengan menggunakan Skype, Google Meet, dan aplikasi serupa lainnya.

Mengunakan Wireless

Seperti sebelumnya, Anda bisa menggunakan ini dengan tanpa kabel. Jadi Anda bisa memanfaatkan koneksi pada ponsel Anda. Atau jika tidak, Anda setidaknya harus menggunakan satu lintas jaringan yang sama antara ponsel dengan PC Anda.

Keuntungannya adalah Anda tidak perlu menghubungkan ponsel cerdas Anda ke komputer dengan kabel. Hal ini memungkinkan Anda untuk bergerak sambil memberikan fleksibilitas tambahan. Namun kekurangannya adalah, jika Anda kehabisan baterai saat menggunakan Droidcam tanpa kabel USB, Anda tidak akan memiliki webcam untuk bermain lagi!

Pada aplikasi Droidcam, silahkan buka, kemudian lihat alamat IP Wi-Fi ponsel cerdas Anda. Kemudian beralih pada PC, masukkan IP tersebut pada bidang yang sudah tersedia pada aplikasi Droidcam Client di PC Anda. Sekarang, beralih kembali ke aplikasi obrolan video Anda dan pilih Droidcam sebagai webcam pilihan Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.