Cara Menjadikan Smartphone Anda Sebagai WiFi Extender

  • Bagikan
Cara Menjadikan Smartphone Menjadi WiFi Extender
Cara Menjadikan Smartphone Menjadi WiFi Extender

Pernahkah Anda mendengar WiFi Extender? Fungsi utama dari Wi-Fi Extender ini adalah untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi ke area dengan penerimaan yang lebih lemah. Misalnya, jika Anda mengadakan sebuah acara pada teras rumah Anda sedangkan sinyal WiFi router Anda tidak cukup menjangkau Anda. Maka Anda menggunakan WiFi Extender tersebut untuk memperluas sinyal WiFi Anda.

Cara Menjadikan Smartphone Menjadi WiFi Extender
Cara Menjadikan Smartphone Menjadi WiFi Extender

image source

Anda biasanya mengenal WiFi Extender ini dalam sebuah perangkat khusus. Lantas bagaimana jika WiFi Extender tersebut adalah ponsel Android Anda. Apakah bisa ponsel Android dijadikan sebagai pemancar sinyal WiFi? Nah, dalam kesempatan ini penulis akan mengulas artikel tentang bagaimana cara menjadikan ponsel Anda sebagai WiFi Extender.

Sebagian ponsel cerdas Android saat ini memiliki fitur untuk memancarkan ulang sinyal WiFi Anda. Ini secara tidak langsung memiliki fungsi sama dengan pemancar WiFi Portable sebagaimana yang bisa kita lihat. Dalam hal ini Anda dapat menempatkan ponsel cerdas Anda lebih dekat dengan area tertentu yang tidak bisa menjangkau router Anda. Namun pastikan bahwa ponsel Anda masih bisa menjangkau router dengan baik. Setelah ponsel Anda bertindak sebagai repeater/Extender, Anda dapat mengakses jaringan melalui router yang sama melalui ponsel Anda.

Ini sama artinya dengan Anda membuat hotspot Wi-Fi. Karena biasanya membuat Hotspot dari smartphone hanya bisa menggunakan jaringan seluler Anda. Saat ini membuat hotspot WiFi telah menjadi cara populer untuk berbagi koneksi dengan orang lain tanpa jaringan seluler.

Mengapa Anda Perlu Menjadikan Ponsel Anda Anda sebagai WiFi Extender?

Kami memahami bahwa ada cara yang lebih kuat untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi Anda. Misalnya dengan menggunakan Wi-Fi Mesh, Google Nest dan lainnya. Namun jika Anda menggunakannya hanya dengan sesekali saja, maka cara yang paling mudah dan lebih murah dengan mengubah ponsel cerdas Anda menjadi repeater WiFi sementara.

Tergantung pada model smartphone yang Anda miliki. Saat ini penulis menggunakan ponsel Realme 5s yang di dalamnya sudah mendukung layanan WiFi Extender. Anda dapat mengeceknya pada ponsel Anda dengan cara masuk pada Pengaturan => Sambungan Nirkabel. Jika Anda mendapatkan opsi Penambatan WiFi atau WiFi Extender, berarti menandakan jika ponsel Anda sudah mendukung fitur tersebut. Jika tidak biasanya Anda hanya akan mendapatkan opsi Penambatan Bluetooth.

Nah, berikut penulis berikan cara mengaktikan fitur WiFi Extender atau Penambatan WiFi pada ponsel Anda.

Cara Menggunakan WiFi Extender Pada Ponsel Anda

Cara termudah untuk mengubah smartphone Anda menjadi Wi-Fi extender adalah dengan menggunakan fitur hotspot Wi-Fi. Masalah dengan opsi ini, bagaimanapun, adalah tidak semua ponsel cerdas memungkinkan Anda mengaktifkan Wi-Fi dan Hotspot secara bersamaan.

Pada ponsel cerdas yang mendukung fitur ini, saat Anda menyalakan hotspot saat terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, hotspot tersebut secara efektif bertindak sebagai repeater Wi-Fi dan hotspot membagikan koneksi Wi-Fi Anda (bukan data seluler). Beberapa perangkat lain yang juga mendukung fitur WiFi Extender ini adalah Google Pixel 3, Xiaomi Mi 10i, dan Poco M3.

Cara Mengaktifkan Hotspot WiFi atau WiFi Extender

1. Pastikan ponsel Anda terhubung ke jaringan WiFi (idealnya pada 2.4Ghz karena memiliki jangkauan yang jauh lebih lama daripada jaringan 5Ghz).
2. Buka Pengaturan => Jaringan dan internet => Hotspot & tethering, ketuk hotspot WiFi atau Penambatan WiFi.
3. Ketuk ‘Kata sandi hotspot‘ untuk melihat kata sandi default. Anda juga dapat memilih untuk mengubah kata sandi menjadi sesuatu yang mudah Anda ingat. Selain itu, Anda juga bisa mengubah nama SSID WiFi sesuai dengan yang Anda inginkan.
4. Nah, sekarang Anda dapat mengaktifkan hotspot Wi-Fi dengan mengaktifkan sakelar.

Untuk mengaktifkan/menonaktifkan hotspot Wi-Fi dengan cepat, Anda dapat mengakses opsi Hotspot dari menu pengaturan cepat ponsel Anda. Dalam hal ini, Anda bisa juga mencoba mematikan jaringan seluler Anda untuk memastikan bahwa jaringan internet mengambil dari jaringan WiFi Anda.

Namun, jika ponsel cerdas Anda tidak mendukung koneksi Wi-Fi dan hotspot secara bersamaan, saatnya untuk beralih ke opsi lain. Yang pertama dari metode ini menjamin bahwa Anda mengaktifkan opsi Pengembang pada ponsel Anda. Selain itu, Anda masih bisa menggunakan cara lain untuk menjadikan ponsel Anda sebagai pemancar jaringan WiFi. Anda bisa mencari aplikasi pihak ketiga pada layanan Google Play Store jika ingin memancarkan sinyal WiFi Anda.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.