Cara Menonaktifkan Auto Koreksi Pada Gboard

Gboard adalah aplikasi keyboard virtual yang Google kembangkan untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini Google rilis pada tahun 2016. Saking nyamannya aplikasi keyboard virtual tersebut banyak pengguna yang memilih untuk menggunakannya. Namun sebagian pengguna sedikit terganggu dengan fitur Auto koreksi. oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menonaktifkan Auto koreksi pada Gboard.

Cara Menonaktifkan Auto Koreksi pada Gboard
Cara Menonaktifkan Auto Koreksi pada Gboard

Sumber Gambar

Untuk anda yang mungkin belum mengetahui apa itu fitur auto koreksi pada kali ini saya akan menjelaskannya. Auto koreksi adalah fitur yang Google sediakan pada Gboard, biasanya ketika kita salah mengetikkan sesuatu maka Gboard akan langsung membenarkannya. Mungkin bagi sebagian orang fitur ini sangat membantu. Tapi untuk pengguna yang sering menggunakan bahasa daerah atau bahasa gaul mungkin akan sedikit terganggu dengan kedatangan fitur ini.

Hal tersebut karena Gboard akan mengkoreksi bahasa gaul atau bahasa daerah tersebut sesuai tatanan bahasa baku. Sehingga nantinya kata akan terubah secara otomatis dan seringkali membuat makna dari kalimat berubah. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu bagi pengguna. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah cara untuk menonaktifkan fitur bawaan tersebut. langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Menonaktifkan Auto Koreksi Pada Gboard :

  • Langkah pertama munculkan Gboard, caranya cari kolom teks pada kesempatan kali ini saya menggunakan kolom teks chat pada WhatsApp untuk memunculkan Gboard. Selanjutnya tekan lah logo gear seperti gambar berikut

     

    1

  • Selanjutnya akan muncul berbagai macam opsi, carilah opsi bernama “Koreksi teks” jika anda sudah menemukannya pilihlah

     

    2

  • Lalu scroll kebawah tepatnya sampai anda melihat sub judul Koreksi, lalu pada pilihan Koreksi otomatis geser toogle berwarna biru ke kiri

     

    3

  • Setelah itu pastikan Toogle berwarna Abu-abu sehingga dapat kita pastikan bahwa kita sudah berhasil menonaktifkan koreksi otomatis. lalu cobalah anda menggunakan bahasa gaul atau bahasa daerah maka Gboard tidak lagi memperbaikinya secara otomatis.

    4

Jika mungkin anda kesulitan karena tampilan menu tidak sama dengan tutorial yang saya sediakan. Maka cobalah anda update aplikasi Gboard anda terlebih dahulu ke versi paling baru lewat play store. Caranya buka Play Store > ketikkan Gboard > tekan tombol Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *