Cara Menonaktifkan Mikrofon dan Kamera Melalui Kontrol Privasi di Android 12

  • Bagikan
Privasi Kontrol Pada Android 12
Privasi Kontrol Pada Android 12

Android 12 memiliki Kontrol Privasi khusus yang bisa pengguna manfaatkan untuk memberikan akses pada aplikasi tertentu. Misalnya aplikasi mana yang menggunakan lokasi, kamera, atau mikrofon Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengubah izin untuk setiap aplikasi yang Anda inginkan.

Privasi Kontrol Pada Android 12
Privasi Kontrol Pada Android 12

image source

Akan tetapi jika Anda khawatir ponsel Anda telah tersusupi malware atau semacamnya dari jarak jauh atau bahkan ada aplikasi yang merekam Anda secara diam-diam, maka Anda tidak perlu khawatir. Pada rilis Android 12 Beta 2 sudah menyertakan hard switch baru yang memungkinkan Anda menonaktifkan akses semua aplikasi ke perangkat ponsel Anda secara instan.

Ini hanya bisa Anda temukan bagi pengguna yang sudah menginstal Android 12 Beta 2 yang sudah rilis pada bulan lalu. Nah, untuk itu berikut penulis berikan cara menonaktifkan mikrofon dan kamera Anda melalui Pengaturan Cepat pada Android 12.

Cara Menonaktifkan Mikrofon dan Kamera Melalui Kontrol Privasi di Android 12

Jika Anda belum menginstal Android 12, tentunya Anda tidak akan bisa mencoba fitur privasi kontrol tersebut. Jika Anda ingin mencobanya, cobalah dengan menginstal Android 12 beta pada ponsel Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Gesek ke bawah dari atas layar Anda untuk membuka menu Pengaturan Cepat. Kemudian geser ke bawah lagi dari atas untuk membuka menu pintasan lengkap.
2. Lihat melalui pintasan Anda, geser ke kiri untuk menampilkan daftar lengkap. Jika Anda tidak melihat akses Kamera atau Akses mikrofon, ketuk ikon Pensil pada pojok kiri bawah layar.
3. Anda perlu menambahkan atau mengatur ulang ubin Pengaturan Cepat Anda di sini. Gulir ke bawah untuk menemukan ubin akses Kamera dan Mikrofon. Ketuk dan tahan setiap ubin hingga mengembang, lalu seret ke atas dengan Pengaturan utama lainnya. Ketuk panah kembali. Sekarang Kamera dan Mikrofon akan “Tersedia” pada akses pengaturan cepat Anda.
4. Anda cukup ketuk Akses kamera atau Akses mikrofon untuk mengalihkan statusnya ke Blokir. Ketuk lagi untuk membuatnya Tersedia lagi.

Menonaktifkan Mikrofon dan Kamera Anda Untuk Aplikasi Tertentu

Penulis memiliki panduan terpisah tentang cara mengakses dan menggunakan Dasbor Privasi Android 12. Dengan menggunakan dasbor privasi pada Pengaturan, Anda dapat melihat aplikasi mana yang telah mengakses data Anda dalam 24 jam terakhir. Lalu pilih aplikasi tersebut dan tentukan kapan (atau jika) aplikasi tersebut dapat menggunakan beberapa hal yang berkaitan dengan privasi. Seperti kamera, mikrofon, file pribadi, lokasi, kalender, kontak, perangkat terdekat, dan informasi lainnya.

Jika Anda ingin menentukan izin untuk suatu aplikasi tanpa harus membukanya terlebih dahulu, Anda juga dapat menggunakan Pengaturan => Privasi => Pengelola izin. Dari sana Anda akan melihat daftar lengkap setiap aplikasi yang menggunakan kamera, mikrofon, atau data pribadi Anda. Ketuk setiap aplikasi, dan Anda dapat memilih apakah akan Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi, Tanya setiap kali, atau Jangan izinkan saat mencoba mengakses kamera atau mikrofon Anda.

Apa Lagi yang Perlu Anda Ketahui Tentang Android 12?

Sekarang Anda sudah mengetahui cara menonaktifkan kamera dan mikrofon menggunakan pengaturan cepat Android 12. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa aplikasi Android favorit Anda tidak menggunakannya untuk membuat profil iklan invasif dari kehidupan sehari-hari Anda. Namun ini bukan satu-satunya alat privasi baru pada Android 12. Misalnya, Anda juga dapat memastikan bahwa aplikasi dengan akses lokasi hanya dapat melihat perkiraan lokasi Anda, bukan lokasi persis Anda.

Untuk Android 12 beta 2, ada hal menarik yang banyak pengguna rasakan, yakni tema Material You yang baru. Selain itu ada juga Pengaturan Cepat baru untuk bisa mengalihkan jaringan Wi-Fi Anda dalam sekejap. Mempertimbangkan Materi Anda akan eksklusif untuk Pixel pada tahun 2021; siapa pun yang menyukai tampilan baru ini, maka Anda harus segera membeli ponsel Pixel baru yang akan segera meluncur pada bulan Oktober mendatang.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.