Cara Menyembunyikan File dan Aplikasi Pribadi di Perangkat Android

Setiap orang pastinya memiliki sesuatu hal yang bersifat pribadi dan rahasia. Dan yang namanya “RAHASIA” sudah barang tentu tidak ingin diketahui oleh orang lain, sebagai contoh Foto, file laporan kerja, video dan ataupun aplikasi – aplikasi yang sifatnya pribadi karena berhubungan dengan pekerjaan ataupun hal yang sifatnya sensitif.

Launcher, Tips Android
Cara menyembunyikan File, Folder dan Aplikasi di Perangkat Android

Lantas apa yang mesti kita lakukan? Apakah kita harus menyembunyikan perangkat android, smartphone atau tablet android, yang kita miliki dari orang lain sehingga seolah-olah kita tidak memilikinya?. Tidak, hal tersebut  bukanlah cara yang benar dan tepat. Solusinya sebenarnya sangatlah simpel, yang perlu kita lakukan hanyalah menyembunyikan semua data : Foto, film dan file-file yang berhubungan dengan pekerjaan atau mungkin aplikasi – aplikasi yang berhubungan dengan profesi kita.

Gimana penasaran caranya?. Sangat mudah, sekali lagi sangat mudah. Caranya : Silahkan anda buka aplikasi file manager (dalam hal ini kami gunakan aplikasi es file eksplorer) di perangkat android anda, selanjutnya tekan yang lama pada salah satu folder yang ingin anda sembunyikan, kemudian pilih rename. Langkah terakhir silahkan tambahkan “.” (titik) didepan nama folder tersebut, kemudian tekan dimana saja untuk menerapkan apa yang baru anda rubah. Nah sekarang isi folder tersebut tidak akan tampil dalam galeri (foto ataupun video).

Terakhir cara menyembunyikan aplikasi yang sifatnya privacy. Untuk yang satu ini anda bisa perlu menginstall aplikasi yang bisa anda gunakan adalah aplikasi Nova Launcher (versi premium). Silahkan anda install (beli) aplikasi Nova Launcher, kemudian setelah terinstall silahkan anda buka menu Pengaturan Nova -> Drawer, kemudian scroll down dan temukan opsi Sembunyikan Apps. Silahkan anda pilih aplikasi yang ingin anda sembunyikan.

Mudah kan??? Selamat mencoba..!!

Simpan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.