Cara Menyinkronkan Bookmark Google Chrome ke Ponsel Anda

  • Bagikan
Cara Menyinkronkan Bookmark Google Chrome
Cara Menyinkronkan Bookmark Google Chrome

Bookmark Google Chrome merupakan sebuah penanda yang akan memudahkan pengguna dalam membuka situs tertentu dengan lebih cepat. Jadi Anda tidak perlu lagi mengetikkan pada kolom URL untuk membuka sebuah situs yang ingin Anda kunjungi.

Cara Menyinkronkan Bookmark Google Chrome
Cara Menyinkronkan Bookmark Google Chrome

image source

Layanan Google ini secara tidak langsung telah bergerak bersama antar semua perangkat yang terhubung. Perlu Anda ketahui, Bookmark yang ada pada Google Chrome PC juga akan ada pada Chrome ponsel Anda. Jadi fitur ini juga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sering gonta ganti perangkat seluler. Dengan hanya login, maka semua data Anda akan otomatis disinkronkan antar semua perangkat tersebut.

Namun, menyortir dan menyinkronkan perangkat Android Anda dengan benar tidak membutuhkan banyak waktu. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu ketahui. Untuk itulah dalam artikel ini penulis akan menunjukkan kepada Anda cara menyinkronkan Chrome pada seluruh perangkat sehingga Anda dapat melihat bookmark PC Anda pada perangkat seluler Anda.

Cara Menyinkronkan Bookmark Google Chrome

Untuk menyinkronkan bookmark pada Chrome di Android, Anda harus mengikuti beberapa langkah cepat:

1. Buka aplikasi Chrome dan tekan ikon menu (tiga titik) pada pojok kanan atas. Ketuk Pengaturan.
2. Anda akan melihat Sync dan layanan Google. Jika ini sudah berfungsi, ini menandakan jika Sinkronisasi telah “aktif”. Maka Anda seharusnya sudah melihat bookmark dan data lain pada akun Anda.
3. Jika Sinkronisasi tidak aktif, ketuk dan tinjau pengaturan Anda. Langkah selanjutnya adalah mengubah Sinkronkan data Chrome Anda menjadi aktif dengan menekan penggeser.

Dengan begiti, bookmark pada Chrome Android akan bisa Anda buka melalui Chrome pada perangkat lain. Setelah Anda mengatur semuanya, Anda akan melihat bookmark Google Anda pada seluruh perangkat Anda. Untuk memeriksa apakah prosesnya berhasil, maka Anda sudah bisa melihat bookmark pada perangkat lain Anda.

Namun jika Anda tidak melihat bookmark pada Android, Anda mungkin perlu kembali ke sumbernya! Periksa apalah Anda sudah menjalankan Chrome, pada PC, Mac, atau laptop Anda, dan periksa apakah Anda telah menyinkronkan data dari sana. Berikut cara menyinkronkan data Chrome dari komputer Anda:

Menyinkronkan Bookmark Google Chrome Desktop

1. Pada komputer Anda, buka Chrome.
2. Klik pada bagian atas, lalu klik ikon menu (tiga titik) dan tekan Pengaturan.
3. Pilih opsi sinkronkan dan layanan Google.
4. Di bawah “Sinkronisasi”, klik Kelola apa yang Anda sinkronkan. Periksa pengaturan Anda. Mengaktifkan “Sinkronkan semuanya” akan menyelesaikan pekerjaan, atau memilih dan memilih setiap pengaturan.
5. Setelah Anda atur, tidak perlu waktu lama sebelum data Anda tersedia pada perangkat Anda dan ponsel Anda juga menyinkronkan pengaturan.

Itulah yang harus Anda lakukan untuk menyinkronkan Chrome pada seluruh perangkat Anda. Menyinkronkan Chrome pada seluruh akun Google Anda ke mana pun Anda pergi adalah nyaman dan aman. Apalagi mengingat itu terkait dengan akun Google Anda dengan berbagai opsi autentikasi dua faktor. Plus, ini berfungsi sebagai cadangan untuk Android Anda dan membuat perangkat bertukar lebih cepat jika Anda menggunakan Chrome sebagai browser harian Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.