Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh para pengguna smartphone adalah baterai yang cepat habis apalagi saat digunakan untuk bermain game. Hal ini juga mengakibatkan usia baterai cenderung pendek. Baterai smartphone baru 1 tahun saja sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Cara Merawat Baterai Android
Cara Merawat Baterai Android

Padahal, harga baterai smartphone seperti halnya smartphone tidaklah murah jika Anda mencari baterai baru dengan kualitas seperti baterai bawaan. Kalaupun ada, besar kemungkinan baterai tersebut bukan baterai original atau baterai original tapi kualitas kedua walaupun kenyataannya itu asli pabrik, karena pabrik biasanya tidak akan mengeluarkan baterai yang persis sama dengan baterai bawaan smartphone.

Inilah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar baterai smartphone menjadi awet.

Jaga Penggunaan Smartphone Biar Tidak Over

Anda mungkin satu dari sekian banyak orang pecandu game di smartphone. Kalaupun Anda tidak mau dikatakan pecandu, setidaknya Anda mengisi waktu luang Anda dengan bermain game pada smartphone. Game Mobile Legend akhir-akhir ini paling digandrungi khususnya bagi kaula muda.

Karena bermain game menghabiskan banyak daya baterai, kebanyakan pecinta game, mungkin juga Anda, bermain game sembari melakukan charging. Atau Anda memang sengaja membawa charger kemanapun Anda berada ketika bermain game.

Penggunaan seperti ini yang tidak dianjurkan. Sebaiknya hindari melakukan charging sembari bermain game. Kalau charge sudah penuh, Anda baru bisa gunakan tablet Anda untuk bermain game. Jika sudah habis baterainya, hentikan dulu. Charge dulu lalu silakan main game lagi ketika baterai sudah full.

Selalu Gunakan Charger Original

Jika smartphone Anda kehabisan baterai karena dipakai untuk bermain game, gunakan hanya charger original bawaan dari smartphone tersebut untuk mengisi daya baterai Anda. Hal ini karena charger bawaan sudah diset sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan daya listrik smartphone. Anda Jangan tergoda untuk memakai charger palsu maupun powerbank abal-abal karena bisa merusak smartphone Anda.

Jaga Suhu Smartphone Agar Tidak Panas

Game mobile saat ini hadir dengan kualitas grafis tinggi sehingga membuat smartphone harus bekerja lebih keras ketika Anda memainkan game tersebut. Hal ini membuat smartphone lebih cepat panas dari biasanya. Perubahan suhu smartphone pasti sangat kentara ketika Anda bermain game karena bersentuhan langsung dengan tangan.

Jika smartphone sudah terasa panas, ada baiknya hentikan sebentar bermain gamenya dan biarkan smartphone cooling down terlebih dahulu. Anda juga bisa menghentikan semua aplikasi yang tengah berjalan di background untuk mengurangi load kerja prosesor smartphone sehingga smartphone tidak mudah panas.

Cabut Charger Setelah Baterai Penuh

Over charging menjadi hal yang lumrah. Saya yakin anda pernah mengalaminya. Saat anda mau tidur atau mau beraktifitas, anda cas handphone anda. Setelah penuh anda tidak langsung cabut chargernya karena anda masih tidur, atau masih asyik dengan aktivitas anda. Jika ini sering anda lakukan baterai akan menjadi kembung dan bocor, dan tidak bisa tidak bisa digunakan lagi, apalagi jika baterai handphone anda jenis baterai tanam yang tidak mudah dilepas. Untuk solusinya ada bisa mencari tahu cara mengatasi baterai tanam yang drop.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.