Cara Mudah Ambil dan Edit Screenshot Pada Google Chrome Android

  • Bagikan
Cara Menggunakan Screenshot Pada Google Chome Android
Cara Menggunakan Screenshot Pada Google Chome Android

Google Chrome Android kembali merilis fitur terbarunya, yakni mengambil screenshot dengan mudah. Bahkan tidak hanya melakukan screenshot saja, melainkan Anda juga dapat secara langsung mengeditnya dengan menambahkan teks, hingga membuat gambar lain. Fitur ini pertama kalinya ditemukan pada aplikasi Google Chrome versi 90.0.4430.210.

Cara Menggunakan Screenshot Pada Google Chrome Android
Cara Menggunakan Screenshot Pada Google Chrome Android

image source

Sekarang ini fitur berbagi gambar melalui screenshot atau tangkapan layar memang sudah lumrah. Atau bahkan saat menemukan hal penting pada ponsel Anda, agar tidak mudah hilang dan lupa, Anda bisa menyimpannya melakukan tangkapan layar ini. Sederhananya, screenshot adalah sebuah tindakan untuk bisa menangkap dan menyimpan sebuah tampilan pada layar ponsel Anda menjadi sebuah foto. Atau dengan kata lain, Anda mengambil “foto” dari tampilan layar yang sedang Anda lihat saat ini.

Kehadiran fitur screenshot pada Google Chrome akan semakin memanjakan pengguna. Walaupun sebenarnya sudah banyak pabrikan smartphone yang sudah menawarkan lebih mudah untuk mengambil tangkapan layarnya. Mulai dari sapuan tangan, usap tiga jari atau bahkan jika Anda menggunakan ponsel Samsung, Anda bisa mengambil tangkapan layar ponsel melalui smart Gesture-nya. Nah, dalam pembahasan ini penulis akan memberikan beberapa langkah cara mengambil tangkapan layar atau screeshot menggunakan Google Chrome Android.

Cara Menggunakan Fitur Screenshot pada Google Chrome Android

Jika Anda ingin mencoba menggunakan fitur ini, caranya cukup mudah. Yang perlu Anda ketahui adalah Fitur ini bisa Anda temukan pada bagian bawah opsi “Share” atau berbagi, kemudian Anda akan melihat opsi Screenshot. Namun jika Anda tidak menemukannya, silahkan lakukan pembaruan terkini aplikasi Chrome pada ponsel Anda melalui Google Play Store. Buka Google Play Store => Aplikasi & Game saya => Google Chrome. Atau Anda bisa mengetikkan Chrome pada kolom pencarian aplikasi yang terletak pada bagian atas.

Selanjutnya, Anda buka kembali Google Chrome Anda, cari halaman web yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Masuk pada menu titik tiga vertikal pada bagian pojok kanan atas, pilih Share => klik icon Screenshot.

Setelah itu, Google Chrome akan secara otomatis mengambil tangkapan layar yang muncul pada ponsel Anda. Lalu, akan muncul tiga opsi untuk menyunting hasil screenshot tersebut, yakni crop (memotong), text (menambahkan teks), dan draw (menambahkan gambar lain, seperti lingkaran, garis dan lainnya).

Jika Anda sudah selesai menyuntingnya, maka untuk menyimpannya klik Next pada pojok kanan atas layar. Tidak hanya itu, ketika Anda berada proses penyuntingan, maka Anda juga akan diberikan opsi Undo dan Redo. Ini berfungsi jika Anda hendak ingin membatalkan atau mengulangi proses penyuntingan tersebut. Anda juga dapat dengan langsung membagikan hasil screenshot tersebut dengan memilih opsi Share this screenshot, maka akan muncul opsi untuk membagikannya melalui Instagram, Facebook, ataupun Gmail.

Anda juga bisa memilih opsi Save to Device Only jika ingin menyimpan hasil tangkapan layar Chrome ke ponsel dan menggunakan hasil screenshot pada kemudian hari. Terakhir, Anda bisa langsung menghapus hasil screenshot dengan klik opsi Delete.

Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.