Cara Mudah Berhenti Langganan Aplikasi Pada Google Play Store

  • Bagikan
Cara Berhenti Langganan Google Play Store
Cara Berhenti Langganan Google Play Store

Berhenti langganan aplikasi pada Google Play Store menjadi semakin umum dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya karena banyak aplikasi yang menawarkan uji coba gratis. Hal inilah yang membuat Anda ingin berhenti berlangganan aplikasi lagi dan lebih memilih menggunakannya secara gratis.

Cara Berhenti Langganan Google Play Store
Cara Berhenti Langganan Google Play Store

image source

Google Play Store merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan banyak jenis aplikasi, game, dan buku gratis. Hanya dengan bermodalkan kuota data dan wi-fi, kamu bisa mendownload aplikasi, serta game apa saja yang Anda inginkan dengan cuma-cuma. Namun, bagi sebagian pengembang aplikasi yang berkecimpung menjadi seorang pembisnis tidak sedikit yang membandrol aplikasinya dengan varian harga yang berbeda-beda dikarenakan aplikasi yang mereka buat memiliki fitur-fitur tertentu yang lebih.

Namun tidak sedikit juga para pengguna yang telah berlangganan sering kehilangan pulsa dengan jumlah tertentu. Ini juga bisa disebabkan oleh adanya transaksi berlangganan aplikasi atau game pada Play Store yang dilakukan secara otomatis. Oleh karena itu, sebelum lebih jauh, berikut penulis berikan langkah-langkah untuk berhenti atau membatalkan langganan aplikasi pada Google Play Store.

Cara Menghentikan Sementara (Jeda) Langganan Pada Google Play Store

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa pembatalan bukanlah satu-satunya pilihan yang tersedia. Jika Anda akan membatalkan langganan karena kehabisan saldo pada Google Play Anda, maka setidaknya Anda dapat menjeda pembayaran selama satu bulan dan melanjutkan langganan Anda pada bulan berikutnya atau setelah saldo Anda mencukupi. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua aplikasi menawarkan hal semacam ini, akan tetapi bisa saja aplikasi yang Anda gunakan termasuk salah satunya. Jika benar, maka berikut ini cara melakukannya:

1. Buka Aplikasi Google Play Store pada ponsel atau tablet Android Anda.
2. Pilih akun yang Anda gunakan jika Anda menggunakan beberapa atau berbagi perangkat dengan anggota keluarga.
3. Selanjutnya ketuk ikon Akun pada bagian sudut kanan atas. Pilih Pembayaran dan Langganan, lalu ketuk Langganan.
4. Pilih langganan yang ingin Anda jeda.
5. Kemudian masuk pada menu Kelola/Manage. Jika aplikasi menawarkan opsi ini, Anda akan melihat Jeda pembayaran. Jika tidak, maka aplikasi tersebut hanya bisa Anda batalkan secara permanen.
6. Namun, jika Anda dapat memilih jangka waktu yang ingin Anda jeda. Selanjutnya klik Konfirmasi untuk melanjutkannya.

Cara Berhenti Berlangganan Google Play Store

Jika Anda ingin membatalkannya secara langsung tanpa menjedanya, maka Anda bisa menggunakan langkah ini.

1. Buka aplikasi Google Play Store dan pastikan Anda masuk pada akun Anda.
2. Ketuk ikon Akun pada sudut kanan atas. Kemudian pilih Pembayaran dan Langganan, lalu ketuk Langganan.
3. Pilih aplikasi berlangganan yang ingin Anda batalkan.
4. Ketuk Batalkan langganan dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.
5. Biasanya Anda akan diminta untuk memilih alasan mengapa Anda melakukan pembatalan langganan ini. Pilih salah satu dari opsi dan ketuk Lanjutkan, kemudian pilih Batalkan langganan.

Jangan khawatir, jika Anda mau, Anda dapat dengan mudah untuk berlangganan kembali aplikasi tersebut. Namun, Anda masih dapat menggunakan aplikasi selama jangka waktu yang telah Anda bayarkan atau selama sisa masa uji coba gratis Anda. Hal yang sama berlaku untuk langganan tahunan. Jika Anda mendaftar pada Maret 2021, dan membatalkan segera setelah itu, Anda masih dapat menggunakan aplikasi hingga Maret 2022. Namun, Aplikasi tidak akan diperpanjang secara otomatis setelah itu.

Lantas, Apakah dana tersebut bisa mendapat pengembalian setelah Anda berhenti berlangganan? Hal ini sebenarnya bukanlah menjadi hak otoritas dari Google Play Store. Semua kebijakan tentang pengembalian Dana tergantung pada pengembang aplikasi masing-masing. Jikapun Ada, Anda seharusnya bisa mendapatkan pengembalian dana dalam waktu 48 jam setelah berlangganan. Namun, Anda hanya akan menerima uang untuk bulan yang Anda batalkan. Selebihnya Anda mungkin juga perlu menghubungi pengembang aplikasi secara langsung, semua bergantung pada layanan langganan.

Namun jika Anda berubah fikiran, dan ingin berlangganan aplikasi lagi, berikut langkah-langkahnya.

Cara Berlangganan Kembali Pada Google Play Store

Terkadang Anda mungkin perlu menjeda atau membatalkan langganan karena ketidaknyamanan. Namun jika Anda ingin berlangganan kembali pada Google Playstore, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Google Play Store dan ketuk ikon Akun pada pojok kanan atas.
2. Selanjutnya pilih Pembayaran dan Langganan, lalu ketuk Langganan. Jika Anda baru saja membatalkan langganan atau menjedanya, langganan tersebut biasanya akan muncul dalam daftar.
3. Pilih Kelola lalu Lanjutkan. Maka langganan Anda akan segera diaktifkan kembali.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.