Cara Mudah Downgrade Aplikasi Android Ke Versi Yang Lebih Lama

Melakukan downgrade aplikasi Android terkadang kita butuhkan. Karena tidak semua update yang dikirim oleh pengembang justru semakin nyaman awalnya. Biasanya jika pengembang baru merilis update versi, akan terdapat beberapa bug yang menyebabkan aplikasi crash saat digunakan. Oleh karena itu, disinilah Anda perlu downgrade atau mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya.

Cara Mudah Downgrade Aplikasi Android
Cara Mudah Downgrade Aplikasi Android

image source

Permasalahan ini tidak sedikit yang penulis temukan dalam beberapa perangkat Android. Sehingga mengharuskan untuk melakukan downgrade aplikasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut sampai menunggu update berikutnya dirilis lagi. Selain itu, fakta yang penulis temukan juga terkadang pembaruan aplikasi malah tidak cocok dengan system Android yang sedang digunakan saat ini.

Dalam kasus ini biasanya dua kemungkinan yang sering terjadi, yakni pertama, Aplikasi tidak cocok setelah melakukan pembaruan aplikasi. Dan yang kedua, Aplikasi tidak cocok setelah melakukan pembaruan system. Nah, pada pembahasan kali ini penulis akan mengupas tuntas tentang permasalahan yang pertama, yakni aplikasi tidak cocok setelah melakukan pembaruan. Dan Langkah yang perlu Anda ambil adalah dengan melakukan Downgrade aplikasi atau mengembalikan aplikasi pada versi semula / lebih lama.

Pembaruan Aplikasi

Mengapa aplikasi butuh pembaruan? Pembaruan bisa saja pengembang kirimkan dalam beberapa hari, pekan, atau bahkan dalam satu bulan. Hal ini untuk memberikan peningkatan terhadap berbagai layanan dan fitur yang pengembang berikan. Atau bahkan pembaruan tersebut dapat mengatasi berbagai masalah yang sebelumnya sering terjadi pada sebagian pengguna. Karena masalah kadang tidak sama antara pengguna satu dan pengguna lainnya. Sehingga sebagai pengembang aplikasi harus selalu menerima masukan dan kritikan terhadap aplikasi yang dibuatnya.

Untuk melakukan pembaruan aplikasi caranya cukup mudah sekali. Anda hanya perlu masuk pada Google Play Store, kemudian cari aplikasi yang ingin Anda perbarui. Biasanya jika Aplikasi membutuhkan peningkatan versi, akan langsung tertulis Uninstall dan Update pada aplikasi tersebut.

Cara Melakukan Pembaruan Aplikasi
Cara Melakukan Pembaruan Aplikasi

Anda hanya perlu klik Update untuk melakukan pembaruan aplikasi pada Google Play Store.

Kapan Downgrade Aplikasi Diperlukan?

Melakukan downgrade/mengembalikan aplikasi ke versi lama sebenarnya tidak perlu Anda lakukan, kecuali dalam kondisi mendesak. Misalnya aplikasi tidak bisa dibuka, atau aplikasi crash saat dijalankan dan menyebabkan ponsel error. Jika Anda mendapati masalah tersebut, maka sudah selayaknya Anda wajib untuk melakukan downgrade aplikasi agar bisa kembali Anda gunakan.

Untuk melakukan downgrade aplikasi ini tidak semudah melakukan pembaruan aplikasi. Hal ini tidak bisa Anda lakukan pada layanan Google Play Store seperti Anda melakukan pembaruan. Nah, berikut ini penulis berikan Langkah-langkah bagaimana cara melakukan downgrade Aplikasi yang sudah terinstal pada ponsel Android Anda.

Cara Mudah Mengembalikan Aplikasi Android Ke Versi Yang Lebih Lama

Mengembalikan aplikasi ke versi lama memang tidak bisa Anda lakukan melalui Google Play Store. Akan tetapi beberapa Langkah yang bisa lakukan adalah:

Copot Pemasangan Aplikasi Versi Saat Ini

Cara ini hanya berlaku untuk aplikasi system/bawaan ponsel Android Anda. Misalnya Google Chrome. Sebagian ponsel, browser Google Chrome merupakan aplikasi bawaan system Android itu sendiri, sehingga jika Anda menghapusnya tidak akan bisa terhapus. Oleh karenanya, Anda hanya bisa mencopot pemasangan pembaruan terhadap aplikasi system tersebut.

Nah, jika yang mengalami masalah tersebut adalah aplikasi bawaan ponsel, maka Anda bisa mendowngrade-nya dengan cara masuk pada Google Play Store kemudian cari aplikasi yang bersamalah, klik pada Copot Pembaruan.

Uninstall/Hapus Aplikasi

Jika aplikasi tersebut bukan aplikasi bawaan sistem, maka Anda perlu melakukan langkah ini.

1. Uninstal aplikasi yang bermasalah. Anda bisa melakukannya melalui Google Play Store atau melalui pengaturan Aplikasi
2. Untuk menginstal aplikasi yang Anda inginkan, misalnya versi yang lebih lama dari pembaruan saat ini, Anda tidak bisa melakukannya melalui Google Play Store. Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga atau bisa dengan menggunakan APK.

Install Aplikasi yang Diinginkan

Setelah aplikasi berhasil Anda copot, saatnya menginstal ulang aplikasi sesuai versi yang Anda inginkan. Anda bisa mendapatkan aplikasi semua versi pada situs-situs penyedia APK pada Internet. Misalnya APK Mirror. Cukup pergi ke sana dan cari aplikasi yang Anda butuhkan. Misalnya Anda membutuhkan aplikasi Google Chrome versi lama. Ketikkan pada kolom pencarian, maka akan muncul semua versi yang tersedia.

Silahkan Anda download file APK, kemudian install pada Android Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.