Cara Mudah Edit Foto Menggunakan Snapseed Pada Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Edit Foto Menggunakan Snapseed
Cara Edit Foto Menggunakan Snapseed

Snapseed adalah salah satu aplikasi editor foto seluler terbaik yang bisa Anda coba. Google mengakuisisi aplikasi Snapseed ini sejak tahun 2012 lalu. Sejak itu, popularitasnya terus meningkat. Aplikasi ini kemudian mulai terkenal karena kesederhanaan dan rangkaian fiturnya yang serba canggih. Selain kaya fitur, aplikasi ini juga gratis sehingga membuat pengguna bisa lebih nyaman untuk memilikinya, jadi Anda sebaiknya mencobanya.

Cara Edit Foto Menggunakan Snapseed
Cara Edit Foto Menggunakan Snapseed

image source

Satu-satunya bagian yang sulit adalah mempelajari cara menggunakan Snapseed, yang merupakan inti dari pembahasan penulis kali ini. Kehadiran smartphone tentunya akan dapat mengambil foto yang menakjubkan, tetapi fotografer mana pun akan mengatakan jika memotret hanyalah setengah dari pertempuran. Selebihnya akan masuk pada sebuah proses pengeditan yang merupakan bagian fundamental dari sebuah proses fotografi. Dengan proses editing tersebut akan dapat mengubah bidikan yang bagus menjadi citra yang begitu menakjubkan.

Nah melalui artikel ini, penulis akan memberikan beberapa langkah penting tentang cara menggunakan aplikasi Snapseed ini. Anda melalui proses pengeditan pengambilan gambar tunggal dengan smartphone, hingga menggunakan pengaturan yang paling penting. Setidaknya Anda bisa memahami dasar-dasar penting tentang cara menggunakan aplikasi Edit foto dengan Snapseed.

Cara Mudah Edit Foto Menggunakan Snapseed Pada Ponsel Android Anda

Dukungan File RAW vs JPEG

Aplikasi Snapseed ini mendukung dua file gambar, yakni RAW dan JPEG. Anda bisa menggunakan file RAW jika perangkat Anda mendukungnya. Ini merupakan jenis file gambar yang tidak mudah terkompres oleh ponsel Anda. Di sisi lain, file JPEG biasanya akan dikompres dan secara otomatis diedit oleh perangkat lunak ponsel Anda agar terlihat lebih bagus. Dengan gambar RAW, Anda dapat mengubah white balance, eksposur, dan parameter lainnya tanpa mengorbankan terlalu banyak kualitas.

Namun, ada beberapa kekurangan jika Anda mengambil foto dengan menerapkan file RAW. File-file ini jauh lebih besar, dan akan membuat bengkak pada ruang penyimpanan Anda. Ini juga membutuhkan lebih banyak kekuatan pemrosesan untuk mengeditnya, jadi Anda mungkin tidak ingin menggunakannya jika Anda memiliki handset dengan spesifikasi yang kurang memadai.

FItur Preset dan Filter Snapseed

Ini merupakan salah satu fitur pengeditan foto yang tersedia pada Snapseed. Setelah Anda mengimpor gambar ke Snapseed, Anda akan melihat tab pada pojok kiri bawah yang bertuliskan LOOKS. Ketuk dan lihat filter Snapseed yang tersedia untuk gambar Anda.

Selain itu, Anda dapat membuka tab TOOLS dan menemukan HDR Scape, Glamour Glow, Drama, Vintage, Film Berbintik, Grunge, Retrolux, Noir, Potret, Lens Blur, dan efek khusus lainnya. Selain itu, pengeditan otomatis ini mungkin hanya yang Anda butuhkan, atau ini bisa menjadi titik awal yang baik yang dapat Anda sesuaikan lebih lanjut.

Memperbaiki Exposure

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memperbaiki eksposur sesuai keinginan Anda. Ponsel Anda tidak selalu cukup pintar untuk mengukur pencahayaan dengan benar pada foto bidikan Anda. Meskipun demikian, Anda mungkin ingin gambar menjadi lebih gelap atau lebih cerah karena alasan kreatif. Anda bisa melakukannya dengan metuk pada tab TOOLS dan pilih Tune Image.

Anda dapat mengedit parameter seperti kecerahan, kontras, saturasi, sorotan, bayangan, dan lainnya. Seret jari Anda ke atas dan ke bawah untuk memilih parameter mana yang akan Anda edit. Kemudian seret jari Anda ke kiri dan kanan untuk mengedit parameter mana pun yang Anda pilih.

Memperbaiki White Balance

Memperbaiki white balance biasanya merupakan salah satu langkah awal saat masuk pada pengeditan foto. Kamera sering salah membaca pencahayaan, yang menciptakan corak atau rona yang aneh. Pastikan Anda menemukan keseimbangan antara biru dan kuning, serta hijau dan magenta. Cara lainnya, Anda bisa menjadi kreatif dan memberikan rona pada gambar yang tidak ada saat pengambilan gambar. Teori warna adalah bagian penting dari fotografi.

Crop, Rotate, and Perspective

Opsi ini juga tersedia pada aplikasi Snapseed jika Anda menginginkannya. Parameter perspektif dapat membuat foto menjadi lurus jika Anda memperhatikan bahwa Anda membidiknya agak bengkok. Dengan Crop bisa memperbaiki komposisi atau memotong elemen yang tidak Anda inginkan.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan fungsi rotate karena garis horizon tidak rata.

Pengeditan Selektif Menggunakan Brush Tool

Fungsi Brush Tool dapat Anda gunakan untuk melakukan pengeditan selektif pada gambar Anda. Misalnya Anda ingin menambahkan tampilan yang lebih dramatis ke langit, lautan, dan pasir pada latar belakang, tanpa memengaruhi objek foto.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memilih TOOLS dan ketuk Brush dalam parameter Snapseed. Bagian ini akan memberi Anda opsi untuk mengedit eksposur, suhu, saturasi, dan lainnya secara lokal. Anda dapat menjenuhkan latar belakang, kemudian memilih Saturasi dan membawa parameter ke 10.

Ketuk ikon mata untuk melihat area yang sudah Anda sorot dengan warna merah. Jika Anda secara tidak sengaja mengedit bagian yang tidak Anda inginkan, turunkan tingkat saturasi ke nol (berlabel “penghapus”) dan seret jari Anda ke area yang terpengaruh.

Selain itu, fitur Healing memungkinkan Anda untuk menyorot objek atau elemen yang ingin Anda hilangkan. Misalnya ingin menghilangkan sebagian rumput laut pada pasir dan bebatuan pada sisi gambar.

Untuk melakukan ini, pilih TOOLS dan pilih opsi Healing. Anda dapat memperbesar dan memperkecil untuk melihat ketidaksempurnaan dengan lebih baik dan mengubah ukuran kuas Anda. Kemudian Anda tinggal seret jari Anda ke atas apa pun yang ingin Anda hapus, dan aplikasi akan menjalankan keajaibannya.

Itulah beberapa hal penting dasar yang bisa Anda pahami untuk melakukan edit foto menmggunakan Snapseed. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.