Cara Mudah Enkripsi Cadangan WhatsApp di Google Drive

  • Bagikan
Enkripsi Cadangan WhatsApp
Enkripsi Cadangan WhatsApp

Mengenkripsi cadangan WhatsApp menjadi salah satu langkah untuk membuat data pada penyimpanan Anda lebih aman. Enkripsi merupakan proses teknis yang mengonversikan informasi menjadi kode rahasia, sehingga mengaburkan data yang Anda kirim, terima, ataupun data yang Anda simpan.

Cara Mudah Enkripsi Cadangan WhatsApp di Google Drive
Cara Mudah Enkripsi Cadangan WhatsApp di Google Drive

image source

Seperti halnya obrolan WhatsApp yang telah dienkripsi end-to-end yang membuat WhatsApp tidak bisa melihat percakapan yang dilakukan oleh pengguna. Dengan enkripsi ini berarti bahwa percakapan antara pengirim dan penerima tidak dapat dilihat atau disadap oleh pihak ketiga. Sehingga dapat membuat pengalaman mengobrol pada platform ini jauh lebih aman.

Namun, yang masih menjadi masalah adalah bahwa data cadangan WhatsApp yang Anda cadangkan melalui Google Drive ternyata tidak dienkripsi secara default. Artinya pintu terbuka bagi peretas atau orang lain masih bisa untuk mengunduh dan menelusuri riwayat obrolan Anda.

Namun begitu, WhatsApp telah meluncurkan enkripsi end-to-end untuk pencadangan Cloud, hanya saja fitur tersebut tidak aktif secara default. Jika Anda ingin membuat cadangan WhatsApp Anda pada Google Drive jauh lebih aman, penting bagi Anda untuk mengenkripsinya untuk keamanan tambahan agar data Anda tetap aman menskipun bocor ke orang lain.

Cara Mengaktifkan Enkripsi end-to-end Untuk Pencadangan WhatsApp Melalui Google Drive

Sebelum Anda mengenkripsi cadangan cloud WhatsApp Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Anda harus menggunakan sandi minimal tujuh karakter dengan setidaknya satu nomor atau kunci enkripsi 64 digit untuk melindungi cadangan. Anda tidak boleh lupa kata sandi/kunci enkripsi ini, karena Anda tidak akan dapat memulihkan cadangan jika tidak. Bahkan untuk mengubah kunci/sandi enkripsi, Anda harus memasukkan yang lama terlebih dahulu.

Selain itu, WhatsApp juga akan berhenti mencadangkan obrolan dan riwayat media Anda ke Google Drive. Hal ini terjadi jika Anda mematikan enkripsi end-to-end. Sehingga Anda harus mengaktifkan kembali pencadangan cloud secara manual agar pencadangan tetap berjalan secara otomatis sesuai dengan waktu yang Anda tentukan.

Sebelum melanjutkan dengan langkah-langkah ini, pastikan untuk memperbarui WhatsApp Anda ke versi terbaru langsung dari Google Play Store.

1. Buka WhatsApp pada perangkat Android Anda. Ketuk tombol menu titik 3 dan navigasikan ke Pengaturan => Obrolan => Cadangan obrolan.
2. Ketuk opsi Cadangan terenkripsi end-to-end, lalu Aktfikan.
3. Anda sekarang akan diminta untuk membuat kata sandi atau kunci 64 digit yang akan digunakan untuk mengenkripsi cadangan WhatsApp yang Anda buat.
4. Lanjutkan untuk mengetuk Buat dan tunggu WhatsApp membuat cadangan terenkripsi. Tergantung pada pengaturan cadangan Anda, cadangan ini kemudian bisa Anda unggah ke Google Drive. Anda mungkin perlu mengisi daya ponsel untuk memicu proses pencadangan cloud agar bisa terus berjalan tanpa takut kehabisan baterai.

Setiap kali Anda memulihkan cadangan cloud WhatsApp pada perangkat lain, Anda harus memasukkan kata sandi/kunci enkripsi terlebih dahulu. Tanpa itu, Anda tidak akan dapat memulihkan cadangan. Kunci enkripsi/kata sandi seperti kunci cadangan WhatsApp Anda yang disimpan melalui Google Drive. Jika Anda lupa, tidak ada cara untuk membuka kunci cadangan tersebut.

Kemudian, Anda juga dapat mengikuti langkah yang sama untuk menonaktifkan cadangan terenkripsi end-to-end untuk obrolan WhatsApp Anda. Meskipun untuk tujuan konfirmasi, Anda harus memasukkan kata sandi/kunci enkripsi terlebih dahulu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.