Cara Mudah Masuk dan Keluar Safe Mode Pada Ponsel Samsung Galaxy S20

  • Bagikan
Cara Mudah Masuk Pada Safe Mode Samsung Galaxy S20
Cara Mudah Masuk Pada Safe Mode Samsung Galaxy S20

Safe Mode Samsung Galaxy S20 merupakan sebuah Mode khusus bagi Anda untuk memeriksa aplikasi yang menjadi penyebab masalah pada perangkat. Baik kegagalan pada saat booting atau error pada sistem operasi Android itu sendiri. Sederhananya, safe mode merupakan suatu kondisi sistem operasi Android hanya menjalankan fungsi dasarnya dengan aplikasi default Android.

Cara Mudah Masuk Pada Safe Mode Samsung Galaxy S20
Cara Mudah Masuk Pada Safe Mode Samsung Galaxy S20

image source

Nah, melalui tulisan ini setidaknya bisa menjadi pengetahuan dan pemahaman bagi Anda secara khusus bagi Anda yang memiliki Samsung Galaxy S20. Anda mungkin pernah mengalami masalah atau memang saat ini ponsel Anda tengah bermasalah. Misalnya ponsel sudah mulai melambat atau bahkan macet pada beberapa aplikasi.

Hal ini besar kemuungkinan aplikasi pihak ketiga yang bisa menjadi penyebabnya. Namun, untuk memeriksa teori itu, Anda harus terlebih dahulu masuk pada Safe Mode untuk memeriksanya agar bisa memberikan kesimpulan secara pasti.

Apa itu Safe Mode?

Pada dasarnya, ini adalah mode bersih yang hanya memungkinkan aplikasi pihak pertama berjalan, yakni aplikasi yang hanya menjadi bawaan sistem Android. Itu berarti jika masalah Anda hilang dalam mode ini, aplikasi pihak ketiga adalah penyebabnya. Nah, berikut ini penulis berikan dua cara untuk boot ke Safe Mode pada Samsung Galaxy S20.

Cara Mudah Masuk dan Keluar Safe Mode Pada Ponsel Samsung Galaxy S20

Metode 1

Metode pertama untuk mem-boot ke safe mode berfungsi saat Galaxy S20 Anda baru dinyalakan.

1. Tekan dan tahan tombol daya sampai Anda melihat ikon matikan.
2. Lalu tekan dan tahan ikon matikan sampai Anda melihat ikon Safe Mode.
3. Ketuk ikon Safe Mode dan Galaxy S20 akan mulai masuk ke mode itu.

Pada titik ini, ponsel akan hidup lagi dan Anda akan melihat indikator mode Aman pada sisi kiri bawah layar. Untuk keluar dari Safe Mode, ikuti langkah pertama pada cara di atas untuk memulai ulang ponsel secara normal.

Metode 2

Jika ponsel Anda dalam kondisi mati dan Anda ingin memasukkannya ke Safe Mode. Inilah yang harus Anda lakukan pada ponsel Samsung Galaxy S20 Anda:

1. Tekan dan tahan tombol daya. Ponsel akan bergetar dan Anda akan melihat layar logo “Samsung Galaxy S20“.
2. Lepaskan tombol power dan kemudian, saat layar logo “Samsung Galaxy S20” masih terlihat, tekan dan tahan tombol volume bawah.
3. Tahan terus tombol volume bawah hingga Anda melihat layar beranda dengan indikator Safe Mode pada sisi kiri bawah layar.

Seperti sebelumnya, untuk meninggalkan Safe Mode cukup restart telepon Anda dengan menahan tombol power dan restart secara normal.

Beberapa Fitur Unggulan Dari Samsung Galaxy S20

Bixby Layaknya Asisten Pribadi

Fitur Samsung Galaxy S20 Series, yang sangat jarang diketahui pengguna bisa memanfaatkan Bixby sebagai Asisten Pribadinya. Fitur ini merupakan teknologi pada Samsung Galaxy S20 series, yang bisa pengguna maksimalkan manfaatnya yang lebih dari sekedar asisten pribadi. Jadi, fitur Bixby ini bisa membantu penggunanya untuk mengatur ponsek pintar itu dengan mudah.

Seperti fitur Bixby Routine, yang memudahkan pengguna mengatur mode normal atau dering getar sesuai dengan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau lainnya.

Live Caption

Fitur selanjutnya adalah Live Caption. Fitur ini bisa dengan otomatis mendapatkan caption atau transkrip dari media tertentu secara real-time. Sebagai contoh, saat pengguna sedang menyaksikan video dari YouTube tentang diskusi berbahasa Inggris, maka fitur ini bakal memberikan transkrip dengan langsung pada bagian bawah layar. Jadi, pengguna dengan mudahnya membaca semua percakapan yang ada pada video tersebut.

Untuk menyalakan fitur Live Caption, langkah pertama swipe down dropdown menu yang ada pada home, kemudian tekan tombol pengaturan yang berada di kanan atas. Setelah itu, menekan menu aksesibilitas, tekan juga menu peningkatan pendengaran, lalu tekan atau pilih menu Live Caption.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.