Cara Mudah Melakukan Pembelian Pada Google Play Store Tanpa Kartu Kredit

  • Bagikan
Cara Melakukan Pembelian Pada Google Play Store
Cara Melakukan Pembelian Pada Google Play Store

Google Play Store merupakan salah satu toko resmi milik Google yang bisa pengguna akses melalui ponsel Android. Di dalamnya menyediakan berbagai macam layanan, mulai dari aplikasi, film, buku dan juga game. Tanpa kehadiran toko aplikasi tersebut, pengguna tidak akan dapat mengunduh berbagai aplikasi yang mereka inginkan. Namun tahukah Anda bagaimana Play Store dibangun?

Cara Melakukan Pembelian Pada Google Play Store
Cara Melakukan Pembelian Pada Google Play Store

image source

Mengutip dari Android Authority, Play Store pertama kalinya meluncur pada 2008 silam untuk memudahkan pengguna dalam mencari dan mendownload aplikasi. Hal ini hanya bisa Anda download menggunakan sistem operasi Android yang pada saat itu merupakan OS baru. Sebelumnya aplikasi ini bernama Android Market.

Tidak hanya menyediakan aplikasi yang gratis saja, toko Google tersebut juga menambahkan dukungan untuk aplikasi berbayar yang bisa pengguna beli. Selain itu, Play store ini berkembang ke pasar internasional, hingga Google juga meluncurkan eBookstore.

Nah, untuk melakukan pembelian, tentunya pengguna harus memiliki kartu kredit agar bisa melakukan pembayaran. Namun yang menjadi masalah bagaimana jika Anda tidak memiliki kartu kredit? Berikut ini penulis akan menjelaskan secara detail tentang cara melakukan pembelian pada Google Playstore.

Baca juga: Google Play Store Punya Antarmuka Baru, Begini Cara Menggunakannya!

Cara Mudah Melakukan Pembelian Pada Google Play Store Tanpa Kartu Kredit

Gift Card

Metode pembayaran yang Google tawarkan pada Google Play Store adalah melakukan pembelian dengan gift card. Kartu ini tersedia dpasabanyak toko dan menawarkan anggaran yang tergantung pada harga kartu.

Tagihan Telepon

Cara lain untuk melakukan pembinaan Google Play Store tanpa kartu kredit adalah dengan menggunakan tagihan telepon. Sayangnya, metode pembayaran ini hanya tersedia untuk beberapa operator sehingga pengguna harus memeriksa terlebih dahulu.

GoPay/ShopeePay

Pengguna Android di Indonesia kini bisa melakukan transaksi di Google Play Store menggunakan saldo GoPay. Pengguna cukup menambahkan metode pembayaran dalam pengaturan Play Store Anda.

Pulsa

Anda bisa menggunakan pulsa Anda untuk melakukan pembayaran pada aplikasi yang akan Anda beli. Namun biasanya tidak semua operator mendukung pembayaran ini. Jadi Anda perlu memriksanya terlebih dahulu.

Beberapa Jenis layanan Google Play Store

Google Play Apps and Games

Inilah layanan utama yang sudah dikenal oleh pengguna seluruh dunia. Lewat platform ini, Anda bisa mengunduh dan memperbaharui aplikasi yang sudah Google distribusikan. Ada jutaan aplikasi dan permainan yang tersedia pada platform ini. Ada yang berbayar, namun sebagian besar gratis.

Aplikasinya sangat beragam dan bisa diunduh pada perangkat dengan spesifikasi tertentu. Sebelum melakukan pengunduhan, pengguna sebaiknya mengecek detail deskripsi aplikasinya agar dapat kompatibel dengan perangkat Android yang Anda gunakan.

Google Play Books

Dalam bahasa Indonesia, disebut juga Google Play Buku. Sebelumnya, istilah yang digunakan adalah Google eBooks. Artinya ini adalah aplikasi buku elektronik yang tawarkan oleh Google dengan jangkauan lintas platform. Dengan menu ini, pengguna bisa mengunduh dan membeli buku hingga audiobooks yang ada di Play Store.

Google Play Film & TV

Aplikasi milik Google ini meyediakan untuk menonton film dan acara televisi. Layanannya bisa berupa pembelian hingga persewaan, tergantung Anda dalam memilihnya. Konten yang tersedia juga memiliki resolusi yang sangat tinggi. Bahkan, ada opsi video 4K ultra HD untuk sensasi kejernihan maksimal. Untuk menonton kontennya, pengguna bisa memakai aplikasi seluler pada iOS atau Android, melalui ekstensi browser Google Chrome, atau langsung ke situs Google Play.

Musik

Sesuai dengan namanya, Anda bisa mengunduh dan mendengarkan musik secara streaming. Saat ini, tersedia aplikasi terpisah yang bisa Anda pasang pada ponsel Anda dengan nama Google Play Music.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.