Cara Mudah Mem-backup Percakapan di WhatsApp Messenger

Smartphone memang memudah atau lebih tepat kami menyebutnya memanjakan penggunanya. Begitu banyak pilihan game dan aplikasi yang tersebar di dunia maya dalam bentuk file installer untuk sistem operasi android (apk), dan atau kita dapat dengan mudah menemukan puluhan, ratusan atau bahkan ribuan aplikasi di google play store. Dan mungkin aplikasi social network merupakan aplikasi yang banyak dicari disamping aplikasi game dan yang lainnya.

tips android, tips whatsapp, backupdata
WhatsApp Messenger

Jika di beberapa posting kami sebelumnya kami begitu sering membahas tentang BBM, salah satu chat favorit pengguna smartphone, yang notabene baru beberapa bulan yang lalu dapat digunakan di smartphone android dan iPhone. Sejenak mari kita membahas kembali tentang media chat – WhatsApp yang lebih awal hadir dan merupakan chat yang dapat digunakan di hampir semua platform – multi platform, artinya bisa jalan di hampir semua sistem operasi smartphone seperti blackberry, android dan iOS dan bahkan dapat di ponsel dengan platform java dan symbian (untuk symbian kami belum pernah mencobanya).

Nah jika anda merupakan salah seorang dari pengguna WhatsApp Messenger, kami ingin berbagi tips sederhana bagaimana kita dapat membackup percakapan – percakapan atau chatting yang kita lakukan di WhatsApp dan kemudian kita dapat merestorenya kembali jika kita inginkan. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Pada tampilan utama WhatsApp, klik tiga titik horisontal di pojok kanan atas.1
  2. Pilih “Setting”.2
  3. Selanjutnya anda pilih atau tekan pada menu “Chat Settings”.3
  4. Kemudian pilih menu “Backup Chat History“.4
  5. Selesai

File backup percakapan yang telah anda buat secara otomatis akan tersimpan di dalam folder “WhatsApp / database”, anda dapat mengambil dan menyimpannya di PC  dengan menghubungkan perangkat android anda dengan PC atau di Cloud secara online dengan mengambilnya file hasil backup tersebut yang biasanya secara otomatis di berinama sesusai dengan tanggal dan waktu anda melakukan backup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.