Cara Mudah Memanfaatkan Fungsi Fingerprint Selain Membuka Lockscreen

Sistem keamanan smartphone saat ini sudah semakin modern, mulai dari password, fingerprint, pengenal wajah hingga pemindai iris. Khusus untuk fingerprint, ternyata Anda bisa menambahkan fungsinya sehingga tidak hanya sebagai pembuka lockscreen saja, namun juga berbagai manfaat lain dari adanya fingerprint tersebut.

Memanfaatkan Fungsi Fingerprint Selain Membuka Lockscreen
Memanfaatkan Fungsi Fingerprint Selain Membuka Lockscreen

Dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama Fingerprint Swipes berikut ini, ketika Anda swipe jari ke atas, bawah, kiri ataupun kanan, aplikasi akan menjalankan perintah sesuai yang pengguna sudah diatur sebelumnya. Anda bisa mengatur perintah sederhana seperti lampu senter, notifikasi, navigasi bar hingga menjalankan suatu aplikasi hanya dengan swipe pada sidik jari.

Namun tidak semua smartphone android kompatibel menggunakan aplikasi Fingerprint Swipes ini. Ada banyak smartphone yang tidak bisa support menggunakan aplikasi ini mulai dari smartphone entry level hingga mid range. Anda bisa mengeceknya sendiri dengan cara masuk pada Google Market/Google Playstore, lalu cari dikotak pencarian Fingerprint Swipes. Jika muncul bacaan “Perangkat Anda Tidak Kompatible dengan Versi ini” sudah dipastikan anda tidak bisa bermain di aplikasi ini.

Bagi anda yang bisa mendownload aplikasi ini, Kami akan berikan caranya memanfaatkan fungsi fingerprint selain hanya membuka layar lockscreen.

Menambahkan fungsi fingerprint smartphone

Pertama-tama download dulu aplikasi Fingerprint Swipes dan install seperti biasa di Android. Saat mengaktifkannya, Anda wajib memberikan akses Accessibility agar aplikasi dapat berjalan maksimal.

Fingerprint Swipes 1
Fingerprint Swipes 1

Selanjutnya masuk ke menu Fingerprint Swipes dan atur perintah untuk setiap arah. Sebagai contoh di sini kami mengatur arah kanan untuk mengaktifkan senter, kiri untuk mematikan senter, bawah untuk memunculkan notifikasi dan atas untuk menghilangkan notifikasi.

Fingerprint Swipes 2
Fingerprint Swipes 2

Selain fungsi tersebut, Anda juga bisa kontrol volume, scroll, kontrol media, memanggil aplikasi tertentu dan menjalankan suatu shortcut. Sebagai catatan, perintah screenshot dan scroll layar mungkin hanya bisa dilakukan di Android yang sudah di-root saja.

Mudah dan keren bukan? Makanya, buat kamu yang punya smartphone dengan sensor fingerprint, buruan cobain agar smartphone kamu semakin canggih!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.