Cara Mudah Mematikan Fitur Sensor Proximity di Android

  • Bagikan
Cara Mudah Mematikan Fitur Sensor Proximity
Cara Mudah Mematikan Fitur Sensor Proximity

Fitur Sensor Proximity pada Android adalah sebuah sensor yang berfungsi memberikan pengaman terhadap sentuhan yang tidak disengaja pada layar ponsel. Hal ini misalnya sering terjadi jika Anda sedang mengangkat telepon lalu meletakkannya pada telinga. Dari sinilah kemudian sensor proximity bekerja, yakni mematikan fungsi touchscreen (layar sentuh) ketika ponsel Anda berada pada telinga.

Cara Mudah Mematikan Fitur Sensor Proximity
Cara Mudah Mematikan Fitur Sensor Proximity

image source

Secara otomatis saat Anda menempelkan layar ponsel pada telinga, akan banyak sentuhan tidak sengaja pada layar Anda. Salah satunya bisa menyentuh tombol merah (tombol untuk mengakhiri panggilan). Namun karena sensor Proximity Anda bekerja, maka saat itu juga fungsi touchscreen akan terhenti. Jadi ponsel aman walaupun menyentuh bagian telinga.

Secara kasat mata, Anda bisa melihat sensor ini dapat berfungsi atau tidak. Ketika Anda sedang menerima panggilan dari orang lain, dan mengangkatnya mendekati telinga, maka saat itu juga layar akan tiba-tiba mati. Atau jika Anda ingin mencobanya lebih mudah, ketika penggilan sedang berlangsung, coba letakkan telapak tangan Anda pada bagian atas ponsel. Maka seketika itu juga layar ponsel akan mati, dan itu menandakan jika sensor Proximity sedang bekerja.

Dimana Letak Sensor Proximity?

Sensor proximity sendiri biasanya terletak pada bagian atas perangkat, tepatnya sebelah kamera depan dan earpiece. Proximity sensor sendiri sebenarnya tidak hanya digunakan dalam ponsel pintar saja. Akan tetapi juga pada perangkat untuk keperluan otomotif, kedokteran, bangunan, militer dan lainnya.

Selain itu, pada ponsel Android tidak hanya memiliki sensor Proximity saja, melainkan ada juga sensor lain yang tersemat dalam ponsel tersebut. Yakni Sensor Accelerometer, Sensor Gyroscope dan Sensor Magnetometer.

Fungsi Sensor Accelerometer

Sensor Accelerometer merupakan bagian dari sensor penting dalam sebuah ponsel pintar. Sensor ini berfungsi sebagai pendeteksi gerakan yang memanfaatkan perasa pergerakan poros. Sehingga dapat mengukur berapa langkah yang telah Anda tempuh meskipun Anda tidak menggunakan smartwatch atau gadget olahraga terpisah.

Namun yang pengguna ketahui, sensor ini tidak ada pada semua smartphone, kecuali untuk ponsel yang baru. Pada ponsel-baru seperti yang pengguna gunakan, realme 5s memiliki Sensor Accelerometer tersebut. Jadi ketika Anda membawa ponsel baik dalam tas ataupun saku celana, maka sensor ini akan mengukur setiap geakan langkah kaki Anda. Jadi Anda akan mengetahui sejauh mana Anda melangkah, kalori yang keluar serta jarak yang sudah Anda tempuh.

Fungsi sensor accelerometer lainnya adalah mengukur kecepatan, sehingga dapat diketahui seberapa cepat kamu berjalan dalam kendaraan saat ini. Selain itu, accelerometer juga membantu ponsel untuk merubah tampilan layar dari portrait ke landscape ataupun sebaliknya.

Fungsi Sensor Gyroscope

Sensor Gyroscope adalah sensor penunjang accelerometer untuk mengetahui secara pasti orientasi posisi ponsel. Sensor ini akan sangat berguna ketika Anda menggunakannya dalam bermain game balap misalnya. Jadi untuk berbelok ke kanan atau ke kiri biasanya cukup dengan menggerakkan perangkat sesuai arah yang Anda mau.

Fungsi Sensor Magnetometer

Pernahkah Anda ingin mengetahui arah kiblat dengan menggunakan smartphone? Inilah fungsi dai sensor Magnetometer. Sensor ini mampu mengukur medan magnet dan menunjukan mana arah kutub Bumi utara dengan mengukur tegangan keluar dari sebuah ponsel. Selain itu, beberapa aplikasi yang bekerja dengan sensor ini adalah aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Apple Maps. Jadi aplikasi ini tidak akan bisa bekerja dengan sempurna tanpa sensor magnetometer tersemat dalam ponsel.

Nah, kembali pada pembahasan awal, sebagian pengguna bersikeras ingin menonaktifkan atau mematikan sensor Proximity tersebut pada ponselnya. Jika memang demikian berikut ini penulis berikan langkah-langkahnya.

Cara Mudah Mematikan Fitur Sensor Proximity di Android

Secara umum, fungsi sensor Proximity bekerja otomatis mendeteksi objek sesuai jaraknya dengan sensor. Berikut cara menonaktifkannya!

Menonaktifkan Melalui Pengaturan

Anda bisa dengan mudah menonaktifkannya melalui menu pengaturan. Akan tetapi sebagai peringatan saja, tidak semua Android sudah melengkapi fitur ini. Jadi jika Anda tidak menemukanya pada pengaturan, bisa jadi memang tidak ponsel Anda tidak menudukung untuk menonaktifkan fitur tersebut.

1. Masuk ke Pengaturan ponsel Anda
2. Tap menu Pengaturan Panggilan, lalu scroll kebawah dan pilih Sensor Proximity
3. Swipe agar slide tersebut berwarna abu-abu untuk menonaktifkanya. Namun untuk mengaktifkanya juga tinggal melakukan swipe kembali sampai berwarna biru.

Menonaktifkan Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Ponsel Anda tidak mendukung untuk mematikan sensor Proximity tersebut, maka Anda dapat menonaktifkannya melalui aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan Download dan Pasang aplikasi Smart Screen On Off
2. Lalu Buka aplikasinya dan beri hak akses izin Device Administrator.
3. Scroll kebawah dan cari Sensor Proximity, pilih ON/OFF yang berupa tombol.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.