Cara Mudah Mematikan Permintaan Pesan pada Instagram

  • Bagikan
Mematikan Permintaan Pesan pada Instagram
Mematikan Permintaan Pesan pada Instagram

Permintaan pesan pada Instagram secara default akan aktif. Hal ini bekerja jika seseorang yang tidak Anda ikuti mengirimi Anda pesan pada Instagram. Nah, dari sinilah kemudian Instagram akan mengarahkannya ke bagian Permintaan yang terpisah alias kotak masuk terpisah antara yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti Anda. Namun, jika Anda tidak ingin menerima permintaan pesan dari pengguna Instagram yang tidak dikenal, Anda dapat menonaktifkannya.

Mematikan Permintaan Pesan pada Instagram
Mematikan Permintaan Pesan pada Instagram

image source

Sebelum itu perlu Anda ketahui bahwa jika Anda menonaktifkan permintaan pesan tersebut, maka orang lain tidak akan bisa mengirimkan pesan kepada Anda sebelum terlebih dahulu mengikuti Anda atau menjadi follower Anda. Menonaktifkan permintaan pesan ini sepertinya tidak cocok untuk Anda yang menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Misalnya menjual barang melalui instagram ataupun lainnya.

Secara otomatis, orang yang akan menghubungi Anda tidak semuanya menjadi follower Anda. Jadi akan menyulitkan para pelaku bisnis untuk saling berinteraksi antar satu dengan yang lainnya. Sehingga ini akan menjadi kurang cocok untuk Anda nonaktifkan.

Namun, jika Anda sebagai pengguna biasa dan ingin menjaga ke-privasi-an akun instagram Anda agar tidak sembarang pengguna dapat mengirimkan DM, maka Anda bisa melakukannya dengan menonaktifkan permintaan pesan. Jadi hanya orang-orang yang Anda kenal yang bisa mengirimkan DM kepada Anda.

Cara Kerja Fitur “Jangan Terima Permintaan” Pada Instagram

Integrasi Facebook Messenger dengan Instagram membawa banyak fitur baru ke platform perpesanan Instagram (seperti tema, tanggapan emoji, dan lainnya). Kemampuan untuk mematikan permintaan pesan untuk percakapan baru adalah salah satunya. Setelah fitur ini Anda aktifkan, hanya pengguna Instagram yang Anda ikuti atau yang ada di buku kontak Anda yang dapat mengirimi Anda pesan.

Tombol Pesan akan tetap terlihat pada profil Anda. Akan tetapi ketika orang lain mencoba mengirimi Anda pesan, mereka akan melihat pesan kesalahan yang mengatakan “[Pengguna] tidak dapat menerima pesan Anda. Mereka tidak mengizinkan permintaan pesan baru dari semua orang.”

Berikut Cara Mematikan Permintaan Pesan di Instagram

Jika Anda berniat untuk mematikan fitur ini, Anda dapat melakukannya dengan cara masuk pada bagian Privasi melalui menu Pengaturan.

1. Untuk memulainya, buka aplikasi Instagram pada ponsel Android Anda. Selanjutnya, ketuk tombol Profil pada sudut kanan bawah layar.
2. Pada halaman profil Anda, ketuk tombol menu (tiga garis) pada sudut kanan atas layar. Pada pilihan yang muncul, pilih opsi “Pengaturan” pada bagian bawah.
3. Pilih “Privasi”, ketuk opsi “Pesan”. Selanjutnya gulir ke bawah dan cari bagian “Orang Lain“.
4. Ketuk “Orang Lain di Instagram“. Kemudian ketuk opsi “Jangan Terima Permintaan“.
5. Keluar dari Pengaturan dengan mengetuk kembali beberapa kali. Anda sekarang telah menonaktifkan permintaan pesan pada Instagram.

Jika ada pengguna yang tidak mengikuti Anda lalu mengirimi Anda pesan, Maka Anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan tentang hal itu, dan Anda juga tidak akan melihat pesan tersebut pada folder Permintaan.

Jika menggabungkan akun Facebook dan Instagram, pengguna Facebook juga dapat langsung mengirimi Anda pesan melalui Instagram. Tapi Anda tidak perlu khawatir, aplikasi Instagram juga memiliki opsi untuk menonaktifkan permintaan pesan khusus dari pengguna Facebook.

Cara Mematikan Permintaan Pesan di Instagram Dari Pengguna Facebook

Selain mematikan fitur permintaan pesan khusus untuk orang lain yang tidak mengikuti Anda, Instagram juga menyediakan fitur untuk mematikan permintaan pesan yang dikirim oleh pengguna Facebook. Hal ini terjadi jika Anda menggabungkan akun Facebook dan Instagram menjadi satu akun. Jadi ketika Anda login pada Instagram menggunakan akun Facebook, atau Anda bisa menghubungkannya melalui Pengaturan Instagram. Berikut cara mematikan permintaan pesan dari pengguna Facebook.

1. Buka aplikasi Instagram pada ponsel Android Anda. Kemudian masuk pada halaman profil, ketuk tombol menu (tiga garis) pada sudut kanan atas layar, pilih opsi “Pengaturan” pada bagian bawah.
3. Pilih “Privasi”, ketuk opsi “Pesan”. Selanjutnya gulir ke bawah dan cari bagian “Orang Lain“.
4. Ketuk “Orang Lain di Facebook“. Kemudian ketuk opsi “Jangan Terima Permintaan“.
5. Keluar dari Pengaturan dengan mengetuk kembali beberapa kali. Anda sekarang telah menonaktifkan permintaan pesan pada Instagram melalui pengguna Facebook.

Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.