Cara Mudah Membaca QR Kode Menggunakan Kamera Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Membaca QR Kode dengan Kamera Ponsel
Cara Membaca QR Kode dengan Kamera Ponsel

Quick Response Code atau yang lebih terkenal dengan sebutan kode QR merupakan cara cepat dan mudah untuk berbagi berbagai jenis informasi dengan memindai kode menggunakan perangkat Anda. Saat ini ponsel Android sudah memiliki berbagai macam kelebihan yang bisa pengguna manfaatkan. Salah satunya pada kamera ponsel yang dapat membaca kode QR.

Cara Membaca QR Kode dengan Kamera Ponsel
Cara Membaca QR Kode dengan Kamera Ponsel

image source

Dengan teknologi canggihnya, ponsel Android bisa Anda gunakan untuk mendapatkan begitu banyak fungsi dari fitur ini. Anda dapat membagikan kata sandi WiFi Anda dengan orang lain menggunakan kode QR, membagikan kode QR Google Pay Anda dengan teman dan keluarga untuk mentransfer dana dengan mudah. Selain itu, untuk sistem pembayaran digital saat ini juga banyak yang menggunakan scan kode QR agar lebih praktis dan terhindar dari kesalahan membaca nomor pembayaran yang ingin Anda lakukan.

Baca juga: Cara Mudah Sambungkan Wi-Fi dengan QR Code di Android

Melalui sistem operasinya, Google menambahkan kemampuan untuk memindai kode QR melalui kamera utama ponsel. Yakni dengan memanfaatkan Google Lens yang tersedia mulai dari Android 8 dan ke atsanya. Jadi sekarang ini Anda tidak lagi memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membaca kode tersebut jika akan menggunakan ponsel Android.

Apa itu Google Lens?

Google Lens adalah aplikasi pendeteksi gambar dari google yang dapat Anda gunakan untuk menterjemahkan tulisan, scan barcode, mendeteksi makanan, tempat belanja dan informasi lain terkait dengan gambar yang ingin Anda deteksi. Untuk pemanfaatan aplikasi Google Lens sangatlah mudah dan simpel dengan cara mengarahkan kamera HP ke objek tujuan Anda. Baik berupa benda, tulisan ataupun gambar yang akan secara otomatis terdeteksi. Lalu klik icon yang ada sesuai dengan fitur yang ada.

Fitur-Fitur Google Lens

Mengutip dari liputan6, beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dengan Google Lens antara lain:

Mencari Tahu Merek Sebuah Barang

Secara default, Google Lens akan terpasang otomatis pada perangkat Anda. Karena itu, Anda baru dapat mengaksesnya dengan membuka aplikasinya secara langsung.

Anda dapat menggunakannya dengan mengambil gambar baru atau gambar yang sudah tersimpan pada galeri. Selanjutnya, Anda tinggal membuka aplikasi Google Photos dan memilih ikon Google Lens untuk mengaktifkannya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan fitur ini adalah mengetahui merek atau nama sebuah barang. Cara menggunakanya pun mudah, kamu cukup mengambil gambar barang yang ingin Anda ketahui.

Menyalin Informasi Langsung dari Kartu Nama

Kemampuan mengenali teks pada Google Lens juga dapat Anda manfaatkan untuk menyalin informasi yang ada di kartu nama. Anda tinggal mengambil gambar dari kartu nama yang ingin Anda ambil informasinya. Setelah itu, informasi tersebut dapat langsung Anda salin untuk disimpan dalam kontak. Tak hanya itu, Google Lens juga dapat memberikan hasil pencarian berupa gambar atau petunjuk melalui Google Maps dari alamat yang Anda tampilkan.

Cara Membaca Kode QR Dengan Kamera Ponsel Android Anda

Untuk memindai kode QR dengan ponsel Android Anda, Anda perlu mencari dan membuka Google Lens. Jika Anda memiliki Android 8, 9, atau 10, itu dapat Anda temukan dalam Asisten Google. Namun, jika Anda memiliki Android 11, itu akan terletak pada bilah pencarian Google pada layar beranda atau aplikasi Google. Namun, beberapa ponsel juga memilikinya yang ada dalam daftar aplikasi, tetapi tidak semuanya. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi atau temukan logo Google Lens pada ponsel Anda. Baik melalui Google Assistant, atau ikon kamera kecil pada bilah pencarian layar utama atau aplikasi Google.
2. Jika kamera ponsel Android Anda memiliki Google Lens di dalamnya, ketuk logo Lens pada aplikasi kamera.
3. Setelah Google Lens terbuka, arahkan kamera Anda ke kode QR untuk membacanya.

Segera setelah Anda memindai kode QR dengan Google Lens melalui ponsel Android Anda. Maka Anda akan segera dapat melihat tautan, teks, atau data apa pun yang seharusnya tampil dari kode yang dihasilkan tersebut. Nanti hasilnya akan muncul secara real-time dan sama sekali tidak membutuhkan waktu sama sekali untuk memuat, asalkan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Baca juga: Cara Menambahkan Kontak WhatsApp Dengan QR Kode

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.