Cara Mudah Memblokir Akses Internet Aplikasi dan Game di Android

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sejak android versi 6.0 atau Marshmallow diluncurkan, maka sekarang sistem operasi android sudah dilengkapi dengan peraturan izin aplikasi (app permission) yang dapat di gunakan untuk memblokir izin aplikasi tertentu yang diminta oleh suatu aplikasi misalnya izin akses ke kamera ataupun akses ke file.

Block Akses Internet Aplikasi dan Game
Block Akses Internet Aplikasi dan Game

Memang fitur tersebut terdengar sangat menjanjikan, namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua izin aplikasi android dapat kita matikan atau kita blokir. Salah satu contoh izin aplikasi yang tidak dapat dipastikan yaitu izin akses jaringan penuh (full network access), yaitu sebuah akses yang memungkinkan sebuah aplikasi mengakses internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama NetGuard berikut ini. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk memblokir akses internet suatu aplikasi atau game yang terinstall di smartphone Android.

1. Pertama-tama download NetGuard dan install di Android.

2. Selanjutnya buka aplikasinya lalu pilih daftar aplikasi yang ingin diblokir akses internetnya.

Kalian bisa memblokir internet dari Mobile Data dan WiFi sekaligus. Untuk memblokir mobile data, klik tombol mobile data hingga tanda silang, begitu juga dengan WiFi. Jika sudah dipilih, aktifkan NetGuard di pojok kiri atas. Pilih “Yes” saat muncul jendela selanjutnya.

Jika terdapat perubahan warna pada kedua ikon tersebut artinya, warna orange akses internet diblokir, sedangkan warna hijau artinya akses internet diizinkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.