Cara Mudah Memblokir Notifikasi Aplikasi Tertentu di Android

  • Bagikan
Blokir Notifikasi Android
Blokir Notifikasi Android

Memblokir notifikasi aplikasi sebenarnya tidak baik jika Anda melakukannya, karena Anda tidak akan mendapatkan informasi pemberitahuan penting dari aplikasi tersebut. Akan tetapi jika Aplikasi tersebut terlalu banyak memunculkan notifikasi, maka bukan tidak mungkin, Anda sebagai pengguna tentunya ingin memblokir notifikasi dari aplikasi tersebut agar tidak selalu mengganggu aktifitas Anda.

Cara Mudah Memblokir Notifikasi Aplikasi Pada Android
Cara Mudah Memblokir Notifikasi Aplikasi Pada Android

image source

Sistem notifikasi Android merupakan salah satu fitur yang paling penting. Namun bagaimana dengan beberapa aplikasi yang terkadang salah menyalahgunakan dan selalu menghadirkan notifikasi terhadap hal yang tidak penting? Jika Anda sedikit tidak suka dengan notifikasi konstan dari aplikasi tertentu, berikut cara menonaktifkannya agar tidak selalu muncul notifikasi.

Anda dapat mematikan notifikasi melalui pengaturan aplikasi itu sendiri. Misalnya Anda tidak ingin Facebook membombardir Anda dengan notifikasi yang tidak penting. Caranya Anda cukup buka aplikasi Facebook, buka pengaturannya, dan matikan notifikasi.

Tetapi beberapa aplikasi sangat menyebalkan, dan tidak memiliki opsi untuk mematikan notifikasi. Dalam kasus tersebut, Anda dapat menempuh jalan yang lebih ektrim dan memblokir aplikasi itu agar tidak mengirim pemberitahuan sama sekali. Cara ini dapat Anda lakukan secara langsung melalui pengaturan sistem Android.

Cara Mudah Memblokir Notifikasi Aplikasi Pada Android

Untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tertentu, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Karena pada ponsel Android saat ini pengguna dapat mengelola notifikasi melalui pengaturan perangkat.

Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan notifikasi dari aplikasi Android:

1. Masuk pada Pengaturan Pengelolaan Notifikasi melalui menu Settings pada ponsel Anda.
2. Selanjutnya temukan opsi Apps atau Apps Manager pada ponsel dengan sistem operasi lawas, lalu masuk ke opsi pengaturan tersebut.
3. Jika sudah muncul daftar aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang notifikasinya ingin Anda matikan.
4. Setelah itu, hilangkan centang pada opsi Show notifications jika ingin mematikan notifikasinya, atau masuk ke Notifications dan pilih opsi Block all bagi pengguna ponsel dengan sistem Android terbaru.

Selain itu, Anda juga dapat mengelola maupun membatasi notifikasi pada ponsel Anda melalui fitur Do Not Disturb. Opsi ini memiliki pengaturan yang jauh lebih luas. Anda bahkan dapat mengelola notifikasi seperti kapan waktu notifikasi tidak boleh muncul pada ponsel Anda, seperti saat istirahat, kerja maupun lainnya.

Pentingnya Notifikasi Pada Ponsel Anda

Seberapa pentingkah munculnya notifikasi pada ponsel Anda? Memang tidak semua orang menganggap adanya notifikasi dapat mengganggu. Bahkan terkadang dengan adanya notifikasi, dapat membuat pengguna tahu tentang keadaan ponselnya yang terjadi. Misalnya pesan masuk, panggilan terlewat ataupun lainnya.

Maka dari itu, tidak baik jika Anda mematikan notifikasi secara keseluruhan karena ini dapat berpengaruh pada aktifitas Anda, apalagi dalam hal pekerjaan. Pilih dari beberapa aplikasi yang ada dalam daftar aplikasi Anda yang dapat Anda kecualikan agar notifikasi bisa tetap muncul meski aplikasi lainnya sudah Anda blokir.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.